refaquin krim pemutih wajah

Refaquin obat apa?

Refaquin adalah krim pemutih wajah atau skin bleaching cream yang digunakan untuk mengobati melasma derajat sedang hingga berat. Obat ini dapat digunakan untuk kondisi pigmentasi kulit lainnya namun penggunaannya hanya boleh dalam waktu singkat dan dengan resep dokter.

Krim pemutih Refaquin merupakan kombinasi tiga bahan aktif yang kesemuanya berfungsi untuk membantu menyamarkan noda di kulit. Ada hidrokuinon yang meredakan pigmentasi dengan memengaruhi enzim tyrosin, kemudian ada tretinoin yang membantu mempercepat pengelupasan kulit serta fluocinolone yang berperan meredakan peradangan dan sebagai agen immunosupresan.

Ringkasan Obat Refaquin

Jenis obatPencerah kulit
GolonganObat keras
KandunganPer gram mengandung: hydroquinone 40 mg, tretinoin 0,5 mg, fluocinolone acetonide 0,1 mg
KegunaanTerapi jangka pendek untuk mengatasi melasma derajat sedang hingga berat
KonsumenDewasa
KehamilanKategori C (boleh dengan syarat)
ProdusenSurya Dermato Medica Lab
HargaRp. 85.000 – 100.000 per tube isi 15 gram

Cara Kerja dan Fungsi Obat Refaquin

Fungsi Refaquin untuk kulit yaitu sebagai obat pemutih sekaligus anti peradangan dan eksfoliator. Manfaat ini didapat dari kombinasi kandungan bahan aktifnya yang berupa:

  • Hydroquinone, adalah agen pemutih kulit yang mengurangi pigmentasi pada kulit dengan cara menghambat kerja enzim tyrosinase yang berperan dalam metabolisme melanosit. Dengan berkurangnya produksi melanosit bercak kehitaman pada kulit juga akan ikut berkurang.
  • Tretinoin, adalah bentuk asam dari vitamin A. Jika digunakan pada permukaan kulit senyawa ini akan meningkatkan mitosis sel-sel kulit sehingga terjadi pengelupasan lapisan kulit yang dapat mengurangi secara bertahap flek hitam pada kulit penderita melasma.
  • Fluocinolone acetonide, merupakan senyawa anti peradangan yang sekaligus memiliki efek penekan sistem imun dan efek anti jamur.

Indikasi dan Kegunaan Refaquin

Refaquin digunakan untuk mengatasi melasma derajat sedang hingga berat atau masalah pigmentasi kulit lainnya yang sudah parah.

Baca juga: Krim penghilang flek hitam tebal di apotik.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang dengan riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap bahan aktif obat ini.
  • Tidak digunakan untuk mengatasi kulit gelap akibat terbakar sinar matahari.
  • Penderita infeksi kulit primer akibat virus, bakteri atau jamur.

Dosis Refaquin dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis Refaquin untuk mengobati melasma sedang hingga berat

  • Dosis dewasa: keluarkan krim Refaquin secukupnya dari tubenya dan aplikasikan tipis-tipis merata pada area kulit yang mengalami melasma. Gunakan sekali sehari dan disarankan pada malam hari sebelum tidur.

Aturan pakai:

  • Gunakanlah obat ini hanya untuk penggunaan luar atau topikal, hindari mengenai mata, serta mukosa hidung dan mulut.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Sebelum menggunakan obat ini bersihkan area kulit yang mengalami melasma dengan air dan sabun pembersih, bila perlu gunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit, kemudian keringkan dengan handuk. Setelah kering aplikasikan krim pemutih ini pada area kulit yang mengalami melasma saja.

Efek Samping Refaquin

Refaquin umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun, beberapa efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan. Efek samping Refaquin meliputi:

  • Rasa terbakar pada kulit.
  • Iritasi, kemerahan dan pengelupasan kulit.
  • Kulit terasa kering.

Efek Overdosis Refaquin

Penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran dapat menyebabkan overdosis. Gejala overdosis Refaquin dapat berupa iritasi, penglupasan kulit, dan peradangan parah. Jika kondisi ini terjadi segera melapor ke dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat menggunakan obat krim yang kandungannya sama dengan obat pemutih ini.
  • Hati-hati penggunaan pada anak-anak dan lansia serta ibu hamil di trimester pertama.
  • Perhatian lebih harus diberikan pada penderita eksim, gangguan fungsi ginjal dan hati parah, serta orang dengan riwayat kanker kulit atau sedang menjalani perawatan pengelupasan kulit ari.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Refaquin untuk ibu hamil?

Seluruh bahan aktif Refaquin digolongkan dalam jenis obat kategori C untuk ibu hamil. Hal itu berarti studi bahan aktif obat ini pada hewan percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan hewan percobaan tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu harus hati-hati menggunakannya terutama pada trimester awal kehamilan.

Bolehkah Refaquin untuk ibu menyusui?

Belum diketahui apakah bahan aktif refaquin dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui. Oleh karena itu penggunaannya sebaiknya berhati-hati dan hindari menempelkan kulit yang sedang diobati dengan kulit bayi karena dikhawatirkan dapat memicu ruam dan gatal pada bayi.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan Refaquin bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara Refaquin dengan obat-obat berikut:

  • Benzoil peroksida, mengurangi efektivitas obat ini pada permukaan kulit yang diobati.
  • Obat topikal mengandung alkohol atau asam salisilat, meningkatkan efek iritasi pada kulit.