Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dalam Sekejap

Tak perlu bingung, ada banyak cara alami menghilangkan flek hitam di wajah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

cara alami menghilangkan flek hitam di wajah

Flek hitam adalah bintik-bintik gelap yang terbentuk akibat meningkatnya produksi melanin. Peningkatan produksi melanin ini sendiri dapat dipicu oleh beragam faktor. Diantaranya seperti paparan sinar matahari berlebih, ketidakseimbangan hormon, usia yang menua, kurang tidur, sering stres dan beragam hal lainnya.

Meski biasanya tidak membahayakan dan menimbulkan rasa sakit, namun banyak orang merasa terganggu akan kehadiran flek hitam di wajahnya karena alasan estetika. Sejumlah cara pun ditempuh agar kulit wajah kembali cerah. Nah, bagi yang lebih memprioritaskan solusi rumahan yang sederhana dan alami, maka patut mencoba sejumlah cara berikut.

Berbagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah yang aman dan efektif

1. Lidah Buaya

menghilangkan flek hitam dengan lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloin, senyawa depigmenting alami yang telah terbukti mampu mencerahkan kulit dan bekerja secara efektif sebagai perawatan hiperpigmentasi. Untuk menggunakannya, cukup oleskan langsung gel lidah buaya ke area wajah sesaat sebelum tidur. Keesokan paginya, bilaslah menggunakan air hangat.

2. Kantong Teh Celup

menghilangkan flek hitam dengan teh celup

Selain menjadi teman hangat di pagi maupun sore hari, ternyata teh celup dapat pula menjadi alternatif perawatan yang terjangkau untuk banyak masalah di wajah, seperti flek hitam dan lingkar hitam di sekitar mata.

Memanfaatkannya pun sangatlah mudah. Pertama, rendam kantong teh celup ke dalam air panas selama ±3 menit. Kemudian, angkat dan masukan sebentar ke dalam kulkas hingga dingin. Terakhir, tempelkan kantong teh celup dingin tersebut ke wajah selama 20-30 menit. Lakukan secara rutin setiap hari.

3. Yogurt & Buttermilk

menghilangkan flek hitam dengan yoghurt

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan yogurt ataupun buttermilk. Kandungan asam laktat dalam jumlah tinggi pada keduanya diketahui dapat mencerahkan dan mengelupaskan kulit mati. Aplikasikan langsung yogurt atau buttermilk pada kulit wajah layaknya masker. Biarkan hingga 30 menit sebelum dibilas.

4. Bawang Merah

bawang merah menghilangkan flek hitam secara alami

Bawang merah tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dasar masakan, namun dapat diterapkan pula sebagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah karena kaya akan flavonoid serta vitamin A, C dan E. Ambil satu buah bawang merah dan potong menjadi dua bagian. Kemudian usapkan secara lembut pada permukaan wajah selama 10-15 menit.

5. Lemon

lemon cara menghilangkan flek hitam secara alami

Lemon mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencerahkan dan mengurangi pigmentasi pada kulit wajah. Meminum airnya di pagi hari pun sekaligus bermanfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sebagai perawatan wajah, peras dua buah lemon segar dan campur dengan sedikit madu. Celupkan kapas dan usapkan secara menyeluruh pada kulit wajah hingga merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin setelahnya.

6. Cuka Sari Apel

cara alami menghilangkan flek hitam dengan cuka apel

Dalam sejumlah penelitian, dikatakan bahwa sifat astringen pada cuka sari apel dapat membantu mengembalikan warna alami kulit, mengontrol wajah yang berjerawat, mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Penggunaannya pada wajah mirip seperti pemakaian toner. Pertama, larutkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1:2. Setelah itu, ambil kapas dan usapkan dengan lembut pada wajah. Biarkan saja, tanpa perlu dibilas.

7. Oatmeal

cara alami menghilangkan flek hitam dengan masker oatmeal

Memulai hari dengan semangkuk oatmeal merupakan kebiasaan baik yang dapat diterapkan dalam menjaga kesehatan tubuh. Begitu pun dengan mengaplikasikan masker oatmeal sebagai rutinitas perawatan wajah yang dapat memberikan hasil nyata terhadap memudarnya flek hitam di wajah.

Untuk membuatnya, siapkan dahulu 3 bahan utamanya, yakni 3 sdm oatmeal, 1 sdm madu dan 2 sdm susu. Campurkan dan aduk rata ketiga bahan tersebut ke dalam sebuah mangkuk kecil hingga teksturnya menyerupai pasta. Lantas, balurkan pada wajah dan tunggu 20-30 menit hingga mengering. Basuh dengan air dingin setelahnya.

Beberapa bahan alami lainnya yang diketahui efektif dalam membantu menghilangkan flek hitam di wajah diantaranya adalah tomat, stroberi, pepaya, mentimun dan kunyit. Untuk memperoleh hasil yang nyata, perawatan alami ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi lakukanlah secara rutin dan konsisten.

Namun bila tak cukup sabar dan memiliki budget lebih, maka lakukanlah perawatan wajah pada dokter kulit di klinik kecantikan terpercaya dan memiliki izin resmi. Ada beberapa metode yang dapat dipilih, mulai dari mikrodermabrasi, terapi laser, peeling hingga tindakan cryosurgery.

SUMBER
#