Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Akibat KB

Tak selalu mahal, ada banyak cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB, yuk baca!

flek hitam di wajah akibat kb

Penggunaan alat kontrasepsi (KB) menjadi pilihan tepat dalam mencegah kehamilan atau mengatur jarak kehamilan. Kendati demikian, dalam penggunaannya seringkali ditemukan beberapa efek samping atau keluhan. Satu diantaranya yakni timbulnya flek hitam di wajah.

Kondisi ini bisa terjadi lantaran di dalam alat kontrasepsi – terutama dalam bentuk pil dan suntik KB, terkandung berbagai bahan kimia seperti difenilhidantoin, minosiklin, mesantoin dan lain sebagainya yang memicu perubahan kadar hormon dan peningkatan produksi melanin sehingga menyebabkan hiperpigmentasi berupa flek hitam di wajah.

Kemunculan flek hitam di wajah akibat KB ini memang bukanlah hal serius. Namun bagi tipikal wanita yang sangat memperhatikan tampilan fisik, tentunya hal ini bisa sangat menyebalkan dan mengurangi kepercayaan diri. Untuk itu, selain menghentikan penggunaan KB hormonal, cobalah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB berikut ini.

Menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB secara alami

Cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB yang paling aman dengan efek samping minimal adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Namun diperlukan keuletan dalam mempraktekkan dan waktu yang lama guna memperoleh hasil yang nyata.

1. Lidah Buaya

Senyawa aloesin yang terkandung dalam lidah buaya dapat membantu meringankan masalah hiperpigmentasi dengan cara menghambat produksi melanin di kulit. Kupas lidah buaya hingga mendapat daging buahnya yang putih bening. Oleskan pada seluruh wajah secara merata hingga mengering. Bilas wajah sesudahnya.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal bermanfaat dalam menangani sejumlah permasalahan kulit, seperti jerawat dan flek hitam di wajah. Hal ini berkat zat asam alfa-hidroksi dan berbagai senyawa antioksidan di dalam jeruk nipis yang bersifat antibakteri, eksofilian serta mampu memperkuat kolagen. Gunakan air perasan jeruk nipis, lalu usapkan ke bagian wajah yang dikehendaki. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

3. Pepaya

Pepaya mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang tidak hanya baik bagi tubuh, namun juga untuk menutrisi kulit wajah. Ambil dua potong pepaya berukuran sedang, lumatkan hingga teksturnya cukup halus. Campurkan dengan 2 sdt madu murni. Kemudian aplikasikan langsung pada wajah selayaknya masker. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih setelahnya.

4. Kunyit

Senyawa utama yang terkandung dalam kunyit yakni, kurkuminoid dan minyak atsiri memiliki peranan sebagai antioksidan yang dapat membantu menghilangkan noda hitam dan menyamarkan garis halus juga keriput di wajah.

Haluskan 2 buah kunyit dan 1 buah tomat ukuran kecil. Setelah halus, tambahkan gula pasir sebagai eksfoliator. Balurkan rata ke seluruh wajah dengan disertai tepukan lembut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Perawatan ini dapat dilakukan 3-4 kali seminggu.

5. Mentimun

Mentimun kaya akan air, vitamin C dan asam kafeat yang dapat membantu melawan flek hitam, kerutan, kantung mata dan masalah kulit lainnya. Buatlah masker mentimun dari kombinasi dua bahan yakni, mentimun yang telah dihaluskan dan yogurt. Balurkan ke seluruh wajah di malam hari sebelum tidur. Bilas dengan air dingin keesokan paginya.

Baca selengkapnya: Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB dengan krim Apotek

Bila kurang puas dengan perawatan alami, maka gunakanlah krim topikal yang mengandung bahan aktif seperti hydroquinone (hidrokuinon), kortikosteroid dan tretinoin, asam azelaic atau asam kojic. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum menggunakan merk krim tertentu.

hydroquinone untuk mengilangkan flek hitam akibat KB

hydroquinone untuk mengilangkan flek hitam di wajah akibat KB

Perawatan dengan prosedur kosmetik untuk menghilangkan flek hitam

Cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB yang paling efektif dan cepat adalah melalui prosedur kosmetik. Beberapa pilihan yang paling dikenal diantaranya yakni:

1. Chemical Peeling

Prosedur perawatan ini dilakukan dengan mengoleskan larutan kimia pada area kulit yang diinginkan, dalam hal ini tentunya wajah. Jenis larutan kimia yang dioleskan akan disesuaikan berdasarkan jenis peeling dan kondisi kulit pasien itu sendiri.

Ada tiga jenis utama chemical peeling diantaranya yakni, superficial chemical peeling, medium chemical peeling dan deep chemical peeling.

2. Mikrodermabrasi

Tindakan pengelupasan kulit atau pengangkatan sel-sel kulit mati dengan menyemprotkan kristal-kristal halus ke lapisan kulit luar melalui alat khusus. Cara ini efektif dalam mengatasi beragam masalah kulit, seperti flek hitam, garis-garis halus dan kerutan, pori-pori besar, lubang bopeng bekas jerawat dan lain sebagainya.

3. Laser

Ada dua jenis terapi laser yakni, teknik ablatif dan non ablatif. Teknik laser ablatif bertindak seperti pengelupasan. Teknik ini paling efektif dalam menghilangkan noda di wajah namun dapat menimbulkan luka di luar dan membutuhkan waktu lebih lama untuk proses pemulihannya.

Sementara teknik laser non ablatif dilakukan untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan tidak menimbulkan luka di luar. Namun demikian, hasilnya tidak sebagus teknik ablatif. Biayanya pun lebih mahal, karena harus dilakukan paling tidak 5 kali dalam sebulan. Berbeda dengan teknik ablatif yang hanya perlu dilakukan sekali dalam sebulan.

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB yang dapat dilakukan. Apapun metode yang dipilih, pastikan untuk berkonsultasi selalu pada dokter ahli, terutama pada penggunaan krim topikal dan prosedur kosmetik yang harus benar-benar dilakukan di klinik kecantikan terpercaya dan memiliki izin resmi.

SUMBER
#