Cream Penghilang Flek Hitam Tebal di Apotik

Flek hitam tebal pada wajah dapat muncul akibat berbagai kondisi, atasi dengan krim penghilang flek hitam berikut.

cream penghilang flek hitam tebal di apotik

Flek hitam umumnya berupa lapisan kulit berwarna coklat kehitaman berbentuk bulat, mulai dari yang ringan hingga yang tebal. Flek hitam tebal biasanya muncul di wajah atau bagian kulit lain yang sering terpapar sinar matahari seperti tangan atau lengan dan leher.

Selain pengaruh sinar matahari, perubahan hormon pada ibu hamil atau penggunaan pil kontrasepsi juga bisa jadi pemicu flek hitam tebal. Beragam cara dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi ini, salah satu cara yang paling simpel adalah menggunakan cream pemutih atau spot corrector.

Mengatasi Flek Hitam Tebal yang Membandel

Untuk mengatasi flek hitam ringan, penggunaan tabir surya dan krim mengandung vitamin C mungkin sudah cukup. Namun, untuk flek hitam tebal akan butuh waktu lama jika hanya menggunakan produk pemutih biasa. Solusinya adalah menggunakan krim yang mengandung bahan aktif yang lebih kuat sehingga dapat menyemarkan flek hitam tebal dengan lebih baik. Beberapa bahan aktif tersebut diantaranya:

  • Retinoid (vitamin A).
  • Hydroquinone.
  • Alpha hydroxy acids.
  • Kojic acid.
  • Azelaic acid.

Perhatian! Sebagian besar cream yang mengandung bahan aktif di atas merupakan jenis obat keras yang hanya boleh digunakan jika disarankan oleh dokter. Oleh karena itu, berhati-hatilah menggunakannya sebaiknya periksakan dahulu kondisi kulit Anda ke dokter kulit untuk mengetahui apakah sudah perlu menggunakan cream penghilang flek hitam tebal ini.

Sebagai gambaran, berikut ini kami tampilkan beberapa merek krim penghilang flek hitam tebal di apotik yang bisa dijadikan pilihan:

1. Vitacid

vitacid

Vitacid merupakan krim pemutih wajah yang mengandung bahan aktif retinoic acid dan tersedia dalam beberapa jenis dosis mulai dari yang kecil 0,025%, 0,5% dan 0,1%. Selain sebagai obat untuk mengurangi flek hitam baik yang ringan hingga yang tebal, vitacid juga diindikasikan untuk mengatasi jerawat.

Untuk flek hitam tebal umumnya disarankan menggunakan vitacid dengan kadar yang paling tinggi yaitu 0,1%. Hal itu bertujuan untuk mempercepat pengelupasan lapisan kulit agar flek hitam cepat memudar.

2. Vitaquin

vitaquin krim

Vitaquin adalah krim pemutih wajah yang mengandung bahan aktif hydroquinone 5%. Dengan kadar bahan aktif yang cukup tinggi ini Vitaquin dapat menghilangkan flek hitam dengan lebih baik, terutama jenis flek hitam tebal. Bahan aktifnya dapat menghambat pembentukan pigmen melanin di lapisan kulit. Namun perlu diingat obat ini termasuk jenis obat keras dan penggunaannya sebaiknya berdasarkan resep dokter.

3. Tracne

tracne

Mirip dengan Vitacid, Tracne krim menggunakan bahan aktif tretinoin yang merupakan bentuk asam dari vitamin A. Krim ini bermanfaat mengatasi jerawat serta flek hitam dengan cara meningkatkan mitosis sel-sel epitel kulit sehingga terjadi pergantian lapisan kulit yang lebih cepat. Dengan begitu flek hitam dapat disamarkan secara berangsur-angsur. Cara kerja seperti inilah yang membuat krim ini umumnya digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama sekitar 1 hingga 2 bulan.

4. Melanox

melanox

Melanox mengandung hydroquinone 2%. Krim ini dapat digunakan untuk membantu menyamarkan atau menghilangkan flek hitam tebal membandel di wajah. Biasanya melanox diresepkan untuk ibu-ibu yang memutuskan menggunakan kontrasepsi hormonal. Perubahan hormon merupakan salah satu penyebab utama munculnya flek hitam tebal.

5. Refaquin

refaquin

Refaquin merupakan krim kombinasi dari beberapa bahan aktif yang efektif mengurangi flek hitam di wajah. Berbeda dengan vitacid yang biasanya digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama (1 – 2 bulan), Refaquin lebih digunakan untuk terapi jangka pendek. Hal ini mengingat kombinasi dan kadar bahan aktifnya yang cukup tinggi.

6. Mediquin

mediquin

Krim penghilang flek hitam tebal satu ini menggunakan bahan aktif hidrokuinon dengan kadar yang cukup tinggi yaitu 5%. Karena itu efek depigmentasinya cukup kuat menghilangkan flek hitam tebal. Untuk memaksimalkan fungsi krim ini gunakanlah tabir surya/sunblock saat ingin bepergian dan harus terkena sinar matahari, karena sinar matahari dapat mengurangi efektivitas dari krim ini.

7. Equinon

equinon krim

Rekomendasi krim penghilang flek hitam tebal terakhir adalah Equinon. Krim dengan bahan aktif hydroquinone 4% ini mampu menyamarkan flek hitam di wajah, termasuk juga bekas jerawat atau bekas luka yang menghitam.

Demikianlah 7 merek cream penghilang flek hitam tebal yang bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi masalah flek hitam di wajah atau kulit Anda. Namun perlu di ingat, seluruh obat ini merupakan jenis obat keras yang penggunaannya harus dengan resep dokter. Jadi, sebaiknya konsultasikan dahulu kondisi kulit Anda pada dokter Kulit sebelum mulai memilih salah satu krim pemutih ini.

SUMBER
#