borraginol N supp

Borraginol N Supp obat apa?

Borragino N Supp adalah obat untuk meredakan rasa nyeri, gatal dan pendarahan pada anus akibat ambeien luar maupun dalam. Obat berbentuk kapsul lunak suppositoria ini juga digunakan untuk mengatasi prolaps anal, luka pada anus, periproktitis, ambeien berdarah serta serta pruritus ani.

Borragino N Supp mengandung kombinasi bahan aktif yang mampu meredakan rasa sakit, memberi efek anestesi pada permukaan saluran rektum, mengurangi perdarahan serta melindungi anus dari kemungkinan infeksi. Obat ini tergolong sebagai obat keras, penggunaannya harus dengan resep dokter dan hanya boleh digunakan dalam rentang waktu singkat.

Ringkasan Obat Borraginol N Supp

Jenis obatAntihemoroid
KategoriObat keras
KandunganTiap kapsul lunak suppositoria mengandung: lithospermi radix extract 0,18 mg, aethylis aminobenzoas 20 mg, dibucaine hydrochloridum 0,5 mg, diphenhydramine hydrochloride 0,5 mg, cetrimide 2,5 mg
KegunaanMengatasi ambeien dalam maupun luar, luka koyak pada anal, prolaps anal, periproktitis, ambeien berdarah dan pruritus ani
KonsumenDewasa dan anak-anak
KehamilanKategori N
ProdusenTakeda Indonesia
HargaRp. 11.000 – 15.000 per kapsul lunak suppositoria, per strip isi 5 kapsul lunak, per box isi 2 strip

Cara Kerja dan Fungsi Obat Borraginol N Supp

Fungsi Borraginol N Supp dalam tubuh yaitu sebagai analgetik, anestetik, antipruritik, melindungi mukosa anus serta mengurangi kemungkinan infeksi. Manfaat ini didapat dari kombinasi bahan aktifnya yang berupa:

  • Lithospermi radix extract, adalah ekstrak akar tanaman herbal Lithospermi yang memiliki efek penghilang panas atau pendingin darah. Herbal ini telah lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi peradangan, luka bakar, radang dingin, serta penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.
  • Aethylis aminobenzoas, adalah senyawa anestesi lokal yang dapat mengurangi rasa sakit untuk sementara waktu jika digunakan pada kulit atau mukosa, termasuk pada area anus yang nyeri akibat peradangan atau luka.
  • Dibucaine hydrochloridum, adalah anestesi lokal tipe amide yang cukup kuat menghilangkan rasa sakit di kulit dan mukosa.
  • Diphenhydramine hydrochloride, adalah antihistamin dengan efek antikolinergik dan sedatif. Senyawa ini berkompetisi dengan histamin H1 di saluran cerna, saluran napas dan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi reaksi alergi akibat histamin.
  • Cetrimide, adalah senyawa amonium yang mirip surfaktan kationik dengan kemampuan bakterisidal terhadap bakteri gram positif maupun negatif. Senyawa ini berdisosiasi dan aktif dalam larutan untuk penggunaan pada permukaan kulit atau mukosa.

Indikasi dan Kegunaan Borraginol N Supp

Borragino N Supp digunakan untuk meredakan peradangan, luka, pendarahan serta gatal pada area anus akibat berbagai kondisi berikut:

  • Ambeien/wasir luar maupun dalam atau wasir yang disertai pendarahan.
  • Luka terbuka pada anus.
  • Anal prolapse.
  • Periproktitis.
  • Fisura ani.
  • Gatal-gatal pada anus.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap bahan aktif Borraginol N Supp maka tidak boleh menggunakan obat ini.

Dosis Borraginol N Supp dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis Borraginol N Supp untuk mengatasi ambeien

  • Dosis dewasa: 1 kapsul lunak 3 kali sehari pada pagi, sore dan malam hari. Untuk kondisi yang lebih parah dapat ditambahkan menjadi 4 kali sehari.

Aturan pakai:

  • Gunakanlah obat dengan memasukkannya kurang lebih 2-3 cm ke dalam anus. Obat ini bukan untuk diminum.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk menggunakannya pada jam yang sama setiap hari. Dianjurkan pagi setelah BAB, sore hari, dan malam sebelum tidur.
  • Gunakan obat ini dalam posisi tidur miring ke kiri dengan membuka kaki kanan ke depan sehingga anus lebih mudah dijangkau jari. Buka pelindung obat dan segera gunakan karena obat ini mudah lumer. Masukkan segera ke anus dan dorong dengan jari yang sudah bersih. Diamkan kurang lebih 3-5 menit dan tubuh tetap dalam posisi berbaring agar obat bekerja sempurna dan tidak keluar dari anus.
  • Simpan obat ini pada lemari pendingin agar kapsul lunak tidak lumer. Jika kapsul lumer maka simpan dalam freezer hingga membeku baru kemudian digunakan kembali.

Efek Samping Borraginol N Supp

Borragino N Supp umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun demikian, ada efek samping yang perlu diperhatikan. Efek samping Borragino N Supp meliputi:

  • Rasa perih seperti terbakar pada anus, namun hanya sementara dan akan hilang.

Efek Overdosis Borraginol N Supp

Penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran mungkin menyebabkan overdosis. Gejala overdosis Borraginol N Supp dapat berupa iritasi pada anus. Jika kondisi ini terjadi segera melapor ke dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat menggunakan obat dengan bahan aktif mirip dengan Borrginol N Suppositoria.
  • Penggunaan pada anak-anak belum diketahui efektivitas dan keamanannya sehingga tidak dianjurkan digunakan pada anak-anak.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Borraginol N Supp untuk ibu hamil?

Belum diketahui apakah bahan aktif Borraginol N Supp aman digunakan oleh ibu hamil. Oleh karena itu penggunaannya sebaiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter Anda.

Bolehkah Borraginol N Supp untuk ibu menyusui?

Belum diketahui apakah bahan aktif Borraginol N Supp dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui. Oleh karena itu penggunaan obat ini sebaiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter Anda.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan Borraginol N Supp bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara Borraginol N Supp dengan obat-obat berikut:

  • Obat antikolinergik, diphenhydramine dapat mempotensiasi obat antikolinergik.
  • Alkohol, meningkatkan efek antibakteri dari cetrimide.