borraginol N salep

Borraginol N Salep obat apa?

Borraginol N Salep adalah obat untuk meringankan nyeri, gatal dan pendarahan pada anus akibat ambeien atau wasir baik ambeien luar maupun dalam. Obat berbentuk salep ini juga dapat digunakan untuk mengobati luka terbuka di anus, periproktitis, prolaps anal, dan pruritus ani.

Borraginol N Salep mengombinasikan bahan herbal berupa ekstrak akar tanaman lithospermi dan beberapa jenis anestesi untuk mengatasi rasa nyeri akibat perlukaan dan perdarahan di anus. Salep ini juga dilengkapi cetrimide yang berperan sebagai anti bakteri untuk menekan risiko infeksi pada luka ambeien.

Ringkasan Obat Borraginol N Salep

Jenis obatAntihemoroid
KategoriObat keras
KandunganPer gram salep mengandung: lithospermi radix extractum 0.09 mg, aethylis aminobenzoas 10 mg, dibucaini hydrochloridum 0.25 mg, diphenhydramini hydrochloridum 0.25 mg, cetrimide 1.25 mg
KegunaanMengobati ambeien/wasir dalam maupun luar, luka pada anus, prolaps anal, periproktitis, pruritus ani
KonsumenDewasa
KehamilanKategori N
ProdusenTakeda
HargaRp. 65.000 – 70.000 per tube 15 mg

Cara Kerja dan Fungsi Obat Borraginol N Salep

Fungsi Borraginol N Salep yaitu sebagai pereda nyeri, peradangan, serta pendarahan serta menekan kemungkinan infeksi pada ambeien luar maupun dalam serta peradangan dan luka pada anus lainnya. Manfaat ini didapat dari kombinasi bahan aktifnya yang berupa:

  • Lithospermi radix extractum, adalah ekstrak akar tanaman lithospermi yang merupakan herbal untuk meredakan peradangan, mengobati luka bakar, radang dingin pada kulit serta penyakit kulit seperti eksim atau psoriasis. Bahan ini akan mengurangi peradangan pada ambeien.
  • Aethylis aminobenzoas, adalah anestesi lokal yang bekerja memblok rasa sakit untuk sementara pada permukaan kulit atau jaringan mukosa pada anus.
  • Dibucaini hydrochloridum, merupakan anestesi lokal tipe amide dengan efek anastesi lokal yang cukup kuat.
  • Diphenhydramini hydrochloridum, adalah anihistamin yang juga memiliki efek antikolinergik dan sedatif. Senyawa ini berfungsi mengurangi efek histamin berupa peradangan pada ambeien sehingga mempercepat penyembuhannya.
  • Cetrimide, senyawa bersifat bakterisidal yang digunakan untuk membasmi bakteri pada permukaan kulit atau mukosa.

Indikasi dan Kegunaan Borraginol N Salep

Borraginol N Salep digunakan untuk meredakan rasa nyeri, gatal, pendarahan pada area anus yang mengalami berbagai kondisi seperti berikut ini:

  • Ambeien/wasir luar maupun dalam, yang disertai pendarahan ataupun tidak.
  • Luka terbuka pada anus bagian dalam.
  • Prolaps anal.
  • Periproktitis.
  • Fisura ani.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap bahan aktif dari Borraginol N Salep tidak disarankan menggunakan obat salep ini.

Dosis Borraginol N Salep dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis Borraginon N Salep untuk mengobati ambeien

  • Dosis dewasa: 1 kapsul lunak suppositoria 3 kali sehari. Untuk kondisi yang lebih parah dapat ditingkatkan menjadi 4 kali sehari.

Aturan pakai:

  • Obat ini digunakan dengan memasukkannya pada anus dan obat ini tidak boleh dimakan atau dilarutkan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk menggunakannya pada jam yang sama setiap hari. Disarankan digunakan pagi setelah BAB, sore, dan malam hari sebelum tidur.

Efek Samping Borraginol N Salep

Borraginol N Salep umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun demikian, ada efek samping yang perlu diperhatikan. Efek samping Borraginol N Salep meliputi:

  • Nyeri seperti terbakar pada area anus, efek ini umumnya hilang dengan sendirinya.

Efek Overdosis Borraginol N Salep

Penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran dapat menyebabkan overdosis. Gejala overdosis Borraginol N Salep dapat berupa kesulitan iritasi pada anus, namun kondisi ini sangat jarang terjadi.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat mengonsumsi obat dengan kandungan yang mirip dengan Borraginon N Salep.
  • Tidak dianjurkan digunakan pada anak-anak.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Borraginol N Salep untuk ibu hamil?

Bahan aktif Borraginol N Salep belum dimasukkan dalam kategori tertentu, dengan kata lain obat ini digolongkan sebagai obat kategori N untuk ibu hamil. Oleh karena itu penggunaan obat ini selama kehamilan sebaiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter Anda.

Bolehkah Borraginol N Salep untuk ibu menyusui?

Belum diketahui apakah bahan aktif Borraginol N Salep dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui. Oleh karena itu penggunannya selama masa menyusui sebaiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter Anda.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan Borraginol N Salep bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara Borraginol N Salep dengan obat-obat berikut:

  • Alkohol, meningkatkan efek antibakteri dari cetrimide termasuk juga efek sampingnya.
  • Obat antikolinergik, diphenhydramine pada obat ini dapat mempotensiasi efek obat antikolinergik, meskipun efeknya tidak kuat karena tidak banyak terserap secara sistemik.