Beragam Cara Mempercepat Datangnya Haid yang Aman & Efektif

Mengharapkan kehadiran tamu bulanan segera? Bantu wujudkan dengan sejumlah cara mempercepat datangnya haid ini.

Cara mempercepat datangnya haid

Siklus haid yang molor dari jadwal seharusnya, rencana liburan atau acara penting yang sudah hampir di depan mata hingga niat beribadah ke Tanah Suci menjadi sejumlah alasan wanita berharap si tamu bulanan datang lebih cepat. Terkait hal ini, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menginduksi datangnya haid segera. Apa saja itu? Berikut uraiannya.

Beragam cara mempercepat datangnya haid yang dapat dilakukan

Cara mempercepat datangnya haid

1. Minum Pil KB

Salah satu cara biar cepat haid yang efektif adalah dengan menggunakan pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin. Minumlah pil KB tersebut selama 21 hari, kemudian hentikan penggunaannya atau minum pil plasebonya selama 7 hari. Biasanya, di rentang 7 hari dari waktu tersebut, menstruasi akan datang.

Selain pil KB, alat kontrasepsi lain yang dapat digunakan sebagai cara cepat menstruasi yakni dengan cincin vagina (NuvaRing). Sama seperti pil KB, alat kontrasepsi berbentuk cincin plastik kecil nan lembut ini akan melepaskan estrogen dan progestin.

Cara pakai NuvaRing sangat mudah, cukup dimasukkan ke dalam vagina dan dibiarkan selama 3 minggu. Setelah itu, keluarkan dan tunggu selama seminggu, haid pun biasanya akan segera datang. Pastikan untuk berkonsultasi dahulu pada dokter ahli sebelum menggunakan alat kontrasepsi apapun.

2. Rutin Berhubungan Intim

Untuk wanita yang telah memiliki pasangan, cobalah tingkatkan intensitas berhubungan intim, baik melalui penetrasi atau non penetrasi. Metode ini diketahui ampuh dalam mempercepat datangnya haid.

Pasalnya, kombinasi hormon yang dihasilkan selama bercinta ditambah dengan kontraksi uterus yang terjadi saat orgasme dapat membantu melebarkan serviks dan merangsang rahim untuk mulai meluruhkan lapisannya. Bonusnya, aktivitas bercinta juga dapat memicu pelepasan hormon bahagia sehingga akan menekan tingkat stres yang dialami.

3. Terapkan Diet Kesuburan

Diet kesuburan (fertility diet) menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu merangsang ovulasi, termasuk kemungkinan terjadinya menstruasi. Diet ini berfokus pada konsumsi makanan kaya lemak sehat, memperbanyak asupan protein nabati juga makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Di samping itu, pelaku diet ini juga diwajibkan untuk menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans serta membatasi konsumsi protein hewani – terutama daging merah.  Beberapa rekomendasi makanan yang diketahui dapat meningkatkan kesuburan dan mempercepat datangnya haid yakni, ikan berlemak, quinoa, sayuran hijau, tiram dan lainnya.

Baca: Cara Meningkatkan Kesuburan WanitaMakanan Peningkat Kesuburan Wanita 

4. Coba Bahan Herbal

Terdapat sejumlah pilihan bahan alami yang diyakini berperan sebagai emmenagog – mampu melancarkan ataupun merangsang haid, diantaranya sebagai berikut:

  • Kunyit.
  • Jahe.
  • Ketumbar.
  • Kayu manis.
  • Peterseli.
  • Pepaya muda
  • Nanas muda.

Untuk kunyit, jahe, ketumbar dan kayu manis dapat direbus secara bersamaan sebagai ramuan herbal yang dapat diminum 2 kali sehari. Untuk peterseli dapat direbus selama beberapa menit, kemudian air rebusannya diminum 2 kali sehari. Untuk pepaya muda dapat diolah atau direbus dahulu sebelum dikonsumsi, sementara nanas muda dapat langsung dikonsumsi.

5. Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat menjadi penyebab dari absennya haid bahkan hingga berbulan-bulan lamanya. Dalam kasus seperti ini, cara supaya cepat haid kembali yang dapat dilakukan tentu dengan mengelola stres yang dialami sebaik mungkin.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan, misal dengan menenangkan diri lewat metode relaksasi, menghabiskan waktu bersama dengan teman atau keluarga, mengurangi beban kerja, konsumsi makanan penghilang stres dan terpenting adalah dengan lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Baca juga: Ketahui Penyebab Telat Haid Lebih dari 6 Bulan

Tips penting lainnya

Selain beberapa hal di atas, ada sejumlah tips penting lainnya yang perlu diperhatikan agar haid dapat datang lebih cepat, antara lain:

  • Pertahankan berat badan ideal.
  • Olahraga secukupnya 3 kali seminggu secara teratur.
  • Cukupi waktu tidur 7-8 jam sehari.
  • Jauhi rokok dan minuman beralkohol.

Ingat, tak ada cara instan yang dapat menjamin haid datang seketika sekalipun melalui konsumsi obat-obatan. Semua cara membutuhkan waktu, rata-rata selama 3 minggu hingga sebulan sebelum terlihat hasil yang nyata.

Jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dan memeriksakan diri pada dokter ahli bila haid tak juga datang hingga berbulan-bulan lamanya. Kemungkinan besar kondisi ini menjadi indikasi adanya masalah pada organ reproduksi atau justru pertanda kehamilan.

SUMBER
#