Makanan Penghilang Stres untuk Mengembalikan Hari Indahmu

Suasana hati sedang memburuk dan dihinggapi banyak pikiran? Konsumsi saja beragam makanan penghilang stres berikut.

makanan penghilang stres

Beban kerja yang menumpuk, kemacetan di jalan dan keruwetan dalam mengurus keperluan rumah tangga seringkali menjadi penyebab stres bagi banyak orang. Saat stres, hasrat untuk melahap sebanyak mungkin makanan kerap menyertai. Kondisi ini tentu dapat menimbulkan masalah lain, misal obesitas dan naiknya gula darah.

Namun demikian, sebenarnya beberapa jenis makanan justru dapat membantu merilekskan pikiran sekaligus meredakan stres yang dialami. Beberapa makanan ini umumnya mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat meningkatkan kadar serotonin sekaligus memangkas kadar kortisol dan adrenalin.

Pertimbangkan untuk mengonsumsi beberapa makanan penghilang stres berikut:

1. Oatmeal + Susu

makanan penghilang stres

Semangkuk oatmeal dengan siraman susu murni menjadi kombinasi sempurna sebagai makanan penghilang stres

Semangkuk oatmeal dengan siraman susu murni menjadi kombinasi sempurna dalam memperbaiki suasana hati yang sedang memburuk. Oatmeal bermanfaat dalam membantu meningkatkan kadar serotonin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Sementara susu kaya akan kalsium, protein serta vitamin D yang merupakan nutrisi penting dalam mencegah atau memperbaiki kesehatan mental. Tambahkan buah beri-berian untuk semakin memperkuat efek penyembuhan dan menambah cita rasa.

2. Dark Chocolate

makanan penghilang stres

Dark chocolate mengandung zat alami yang mampu menciptakan efek euforia mirip dengan perasaan sedang jatuh cinta

Dark chocolate merupakan jenis coklat yang mengandung lebih dari 70% kakao. Rasanya pun terasa lebih pahit dibandingkan jenis coklat lainnya. Sebagai makanan penghilang stres, dark chocolate mengandung zat alami seperti triptofan dan phenylethylalanin yang mampu menciptakan efek euforia mirip dengan perasaan sedang jatuh cinta.

Kandungan antioksidan didalamnya pun terbukti dapat melancarkan sirkulasi darah, menenangkan otot dan saraf yang tegang serta menurunkan tekanan darah. Makanlah sebatang dark chocolate setiap hari secara rutin dan rasakan khasiatnya.

3. Ikan Berlemak

makanan penghilang stres

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan berlemak bermanfaat untuk menangkal efek negatif dari peningkatan hormon stres

Ikan berlemak seperti salmon, ikan kembung atau ikan patin kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menangkal efek negatif dari peningkatan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol. Bagi anak-anak, asupan asam lemak omega-3 dalam jumlah cukup sangat diperlukan untuk perkembangan dan pembentukan otaknya. Usahakan untuk makan setidaknya 2 porsi ikan berlemak dalam seminggu.

4. Buah Tinggi Vitamin C

makanan penghilang stres

Buah yang tinggi vitamin C berperan penting bagi sistem imun sekaligus berguna untuk menurunkan kadar hormon kortisol dan tekanan darah tinggi

Selain berperan penting bagi sistem imun, ternyata asupan vitamin C juga sangat berguna untuk menurunkan kadar hormon kortisol dan tekanan darah tinggi. Selain jeruk, ada banyak pilihan buah lainnya yang memiliki kandungan vitamin C jauh lebih tinggi, misal seperti jambu biji dan kiwi.

Selengkapnya baca: Daftar Buah dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi

5. Sayuran Hijau

makanan penghilang stres

Folat dan mineral magnesium pada sayuran hijau bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi serotonin dan dopamin

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sawi dan lain sebagainya mengandung folat dan mineral magnesium. Kedua nutrisi ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi serotonin dan dopamin – neurotransmitter yang berkaitan erat dengan suasana hati dan kebahagiaan.

6. Kunyit

makanan penghilang stres

Kunyit tergolong makanan penghilang stres berkat bahan aktif curcumin yang dapat membantu meredakan stres juga kecemasan dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Biasa digunakan sebagai bumbu dapur, nyatanya kunyit juga tergolong sebagai salah satu makanan penghilang stres. Bahan aktif di dalam kunyit yang dikenal dengan curcumin terbukti dapat membantu meredakan stres juga kecemasan dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang seringkali meningkat saat sedang mengalami gangguan mood.

Haluskan beberapa ruas kunyit yang masih segar dan sudah dikupas kulitnya. Peras airnya hingga benar-benar habis. Kemudian rebus dengan menambahkan 1 batang kayu manis, setengah buah jeruk nipis dan beberapa sendok madu. Rebus hingga mendidih, angkat dan minumlah selagi hangat.

Beberapa pilihan makanan penghilang stres lainnya yakni, pisang, alpukat, daging kalkun, kacang-kacangan, biji-bijian seperti chia seed dan flaxseed serta beberapa jenis makanan fermentasi seperti yogurt, keju, kefir, kimchi, termasuk pula produk kedelai yang difermentasi.

Selain dari konsumsi makanan, salah satu kiat penting untuk menghilangkan stres adalah dengan berolahraga. Olahraga akan meningkatkan sirkulasi oksigen dan memacu tubuh untuk melepaskan senyawa kimia yang disebut dengan endorfin. Jadi, mulailah bergerak dan ciptakan kebiasaan rutin olahraga sebanyak 3-4 kali dalam seminggu agar dapat menjauhi stres juga kecemasan.

SUMBER
#