Cara Meningkatkan Konsentrasi Agar Hidup Lebih Produktif

Tanggung jawab pekerjaan tak juga selesai lantaran sulit berkonsentrasi? Atasi dengan cara meningkatkan konsentrasi berikut.

Cara meningkatkan konsentrasi

Berhadapan dengan setumpuk pekerjaan kantor, sekolah atau urusan rumah tangga sekalipun tentu dibutuhkan konsentrasi tinggi agar semua lekas terselesaikan. Namun terkadang, segala sesuatu tak semudah apa yang dipikirkan.

Ada saja gangguan yang menjadi penghalang hingga membuyarkan konsentrasi, walhasil selesainya pekerjaan pun menjadi terus tertunda. Agar semua tugas atau aktivitas harian berjalan dengan baik dan selesai sesuai rencana, aplikasikan beberapa cara meningkatkan konsentrasi berikut ini.

Cara meningkatkan konsentrasi untuk memaksimalkan kinerja & produktivitas

Cara meningkatkan konsentrasi

1. Fokus pada Satu Tugas

Cara meningkatkan konsentrasi yang pertama adalah dengan berfokus pada satu tugas saja yang benar-benar menjadi prioritas. Jangan mengerjakan segala sesuatunya secara bersamaan alias multitasking.

Menurut American Psychological Association (APA), melakukan beberapa tugas secara bersamaan (multitasking) dapat memecah konsentrasi dan mengurangi produktivitas hingga 40%. Alih-alih terselesaikan dengan baik, hal ini justru mendatangkan kerugian besar.

2. Batasi Penggunaan Gawai

Saat ini kita hidup di zaman dimana gawai seperti smartphone sudah menjelma menjadi kebutuhan primer. Beberapa jam dalam sehari dihabiskan untuk menscroll berbagai media sosial, termasuk bermain gim online yang semakin menjadi candu.

Hidup dengan gawai memang tak ada salahnya, namun penting untuk membatasi penggunaannya, terutama di waktu kerja atau sekolah. Bila tidak, pekerjaan atau tugas yang seharusnya menjadi kewajiban dan harus segera diselesaikan justru akan terbengkalai. Jadi, matikan gawai di jam kerja, gunakan saja seperlunya.

3. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Lingkungan tempat dimana kita menghabiskan waktu untuk menyelesaikan tugas atau bekerja memainkan peran penting dalam membentuk fokus dan konsentrasi. Untuk itu, ciptakanlah lingkungan kerja yang nyaman dan tenang dari hiruk-pikuk dunia luar.

Cobalah untuk menempatkan tanaman hias di sejumlah sudut ruangan dan menghias dinding sekitarnya dengan lukisan atau kalimat-kalimat motivasi nan inspiratif. Selain itu, pastikan sistem sirkulasi udara dan ventilasi di ruangan tersebut juga memadai, pun dengan suhu ruangan yang ideal – tidak terlalu dingin atau panas.

4. Minum Kopi

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwasanya kafein dalam kopi bertindak sebagai stimulan ringan untuk sistem saraf pusat. Konsumsinya dalam jumlah sedang diketahui dapat membantu meningkatkan kinerja mental, terutama dalam hal kewaspadaan, perhatian dan konsentrasi.

Bagi yang sensitif terhadap kopi, dapat mengonsumsi dark chocolate ataupun teh hijau. Keduanya juga dibekali dengan beberapa senyawa yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif sekaligus mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi.

5. Beristirahat Sejenak

Menghabiskan waktu beberapa jam untuk menyelesaikan setumpuk pekerjaan tentu akan menimbulkan kejenuhan dan menurunkan konsentrasi. Maka dalam kondisi seperti ini, luangkanlah waktu sejenak untuk beristirahat, jangan memaksakan diri untuk terus bekerja.

Alihkan perhatian ke sesuatu yang tidak terkait dengan tugas atau pekerjaan yang sedang dihadapi. Misal membaca buku, mengonsumsi makanan dan minuman favorit, mendengarkan musik yang menenangkan, mandi air hangat, berjalan ke luar ruangan atau bahkan memejamkan mata sejenak selama 10-15 menit.

Beberapa kiat lainnya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan fungsi otak dan konsentrasi yakni:

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Perbanyak asupan makanan terbaik untuk otak dan batasi seminimal mungkin asupan makanan terburuk untuk otak.
  • Terapkan gaya hidup aktif dan olahraga teratur setidaknya 3 kali seminggu.
  • Penuhi kebutuhan tidur harian sekitar 7-8 jam/hari.

Terakhir, kelolalah stres sebaik mungkin karena bila terus dibiarkan maka dapat mengakibatkan terganggunya fokus dan konsentrasi serta menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Kunjungi psikolog atau psikiater bila merasa memiliki gangguan suasana hati atau kecemasan.

SUMBER
#