Beragam Pilihan Makanan Terbaik untuk Otak

Jaga selalu kesehatan fungsi otak dengan rutin mengonsumsi makanan terbaik untuk otak.

Makanan terbaik untuk otak

Otak adalah organ tubuh yang sangat unik dan kompleks. Tersusun dari sejumlah jaringan pendukung dan mengandung lebih dari 80 miliaran neuron dan sel saraf yang saling berkomunikasi untuk menciptakan triliunan koneksi yang disebut sinapsis.

Otak berperan penting sebagai pusat kendali tubuh. Terganggunya fungsi otak serta jaringan saraf didalamnya – sekecil apapun, akan berdampak besar bagi fungsi tubuh keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan otak.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satu yang paling utama yakni melalui asupan makanan bernutrisi tinggi. Terdapat sejumlah makanan yang dijuluki sebagai ‘brain food‘ dan bermanfaat dalam membantu merangsang pertumbuhan sekaligus memperbaiki sel-sel otak, mengurangi stres dan peradangan serta meningkatkan daya ingat juga konsentrasi.

Berikut sejumlah pilihan makanan terbaik untuk otak

Makanan terbaik untuk otak

1. Ikan Berlemak

Sekitar 60% otak terdiri dari lemak dan setengah dari lemak tersebut adalah jenis asam lemak omega-3. Kehadiran asam lemak ini berperan penting dalam membangun membran sel otak sekaligus memperbaiki struktur otak yang disebut dengan neuron.

Ikan berlemak adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Beberapa contohnya seperti ikan salmon, ikan kembung, sarden, baramundi dan lainnya. Jenis makanan laut seperti udang, tiram, scallop, cumi-cumi, lobster dan gurita juga dibekali dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

Baca juga: Daftar Makanan Tinggi Omega 3 yang Baik Bagi Kesehatan

2. Dark Chocolate

Dark chocolate adalah jenis cokelat yang mengandung lebih dari 70% kakao. Makanan ini tergolong makanan terbaik untuk otak lantaran tinggi akan antioksidan. Otak sangat rentan terhadap stres oksidatif karena itu dibutuhkan asupan antioksidan yang cukup setiap harinya.

Di dalam dark chocolate juga terkandung zat alami seperti triptofan dan phenylethylalanin yang mampu menciptakan efek euforia layaknya perasaan saat sedang jatuh cinta. Karena itu, makanan ini juga dianggap sebagai salah satu makanan penghilang stres yang efektif.

3. Brokoli

Selain sebagai sumber makanan rendah kalori dan tinggi serat, brokoli juga tergolong makanan terbaik untuk otak. Salah satu alasannya karena brokoli mengandung senyawa glukosinat yang akan diproses oleh tubuh menjadi isotiosianat – senyawa yang bermanfaat untuk menekan stres oksidatif dan menurunkan risiko gangguan neurodegeneratif.

Di samping itu, di dalam brokoli juga terkandung vitamin K, vitamin C, flavanoid dan jenis antioksidan lainnya yang berperan besar dalam melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Beberapa jenis sayuran lainnya termasuk bayam, kangkung, kubis, kembang kol dan sebagainya juga baik untuk kesehatan otak. Jadi, pastikan makan sayur setiap hari.

4. Telur

Telur acap kali menjadi menu andalan saat perut tiba-tiba dilanda rasa lapar. Namun siapa sangka, dibalik kesederhanaannya, ternyata telur merupakan salah satu jenis makanan terbaik untuk otak. Hal ini lantaran telur mengandung sejumlah vitamin B kompleks dan kolin yang berperan penting untuk mempertahankan fungsi serta perkembangan otak.

Senyawa kolin yang terkonsentrasi pada kuning telur juga merupakan mikronutrien yang sangat dibutuhkan tubuh untuk bisa memproduksi asetiilkolin – neurotransmitter yang turut bertanggung jawab terhadap regulasi suasana hati dan fungsi memori.

5. Alpukat

Buah dengan tekstur daging lembut seperti mentega ini mahfum dikenal sebagai superfood dan sumber lemak sehat. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwasanya, konsumsi secara teratur lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam alpukat dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penurunan kognitif.

Buah-buahan lainnya, termasuk buah beri, jeruk, jambu biji, apel dan lain sebagainya juga baik untuk otak lantaran tinggi akan vitamin dan senyawa antioksidan. Oleh karenanya, jangan pernah melewatkan hari tanpa konsumsi buah-buahan.

Baca juga: Buah dengan Vitamin E Paling Tinggi & Buah dengan Vitamin C Tertinggi

6. Kacang-kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacang seperti almond, kacang merah, kacang mete, kacang tanah, dll. serta biji-bijian seperti biji chia (chia seed), biji rami (flaxseed), biji bunga matahari ataupun biji labu sangat tinggi akan asam lemak omega-3 dan berbagai senyawa antioksidan yang berperan besar dalam melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif akibat radikal bebas.

Beberapa sumber makanan terbaik untuk otak lainnya yakni, kopi, teh hijau dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, kayu manis, cengkeh, oregano, rosemary dan banyak lagi. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi makanan terbaik ini secara teratur agar kesehatan otak dan tubuh keseluruhan senantiasa terjaga.

Jangan lupa pula untuk berolahraga secaara teratur setidaknya 3 kali seminggu, mencukupi kebutuhan tidur 7-8 jam sehari dan menjauhi berbagai kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

SUMBER
#