Jangan Salah! Beginilah Cara Menghilangkan Selulit di Paha yang Benar

Selulit merupakan masalah yang sering terjadi pada wanita. Sekitar 85% wanita di dunia ini mengalami masalah selulit terutama pada bagian paha. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu penampilan, bahkan membuat para wanita menjadi minder. Lantas, bagaimanakah cara menghilangkan selulit di paha?

Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan selulit di paha, tahukah Anda Apakah selulit itu? Selulit merupakan gumpalan-gumpalan kulit kecil pada tubuh sebagai akibat dari terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah. Selulit secara tampilan fisik berbentuk seperti kulit jeruk sunkist. Sementara pada wanita yang sudah lanjut usia, selulit berbentuk seperti urat halus yang berwarna kemerahan ataupun kehijauan.

cara menghilangkan selulit

Masalah ini bisa muncul pada siapa saja, baik wanita dengan tubuh kurus ataupun gemuk. Pada umumnya selulit terjadi pada bagian paha tapi bisa juga muncul pada perut, pantat, maupun kaki.

Cara Menghilangkan Selulit di Paha

Kemunculan selulit pada tubuh hendaknya perlu diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan selulit akan semakin memburuk seiring dengan bertambahnya usia. Untuk ditulah, diperlukan formula khusus untuk menanggulangi masalah pada kulit ini. Berikut adalah berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan selulit, diantaranya yakni:

1. Penyikatan Kering

Proses penyikatan kering dipercaya mampu meningkatkan drainase limfatik serta sirkulasi darah. Selain itu penyikatan kering juga dapat menghilangkan racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh. Meskipun begitu, cara yang satu ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Cara melakukannya:

  • Pastikan kulit dan sikat yang anda gunakan aman dan tidak membahayakan kulit!
  • Gosoklah secara lembut mulai dari bagian kaki hingga bahu (fokuslah pada bagian tubuh yang terdapat selulit).
  • Lakukan proses ini selama 5 menit lalu bersihkan diri dengan membasuh bagian yang telah disikat.

Satu hal yang harus anda ingat jika menggunakan cara ini adalah dengan melakukan penyikatan dari kiri menuju ke arah kanan. Selain itu, fokuskan pergerakan menyikat menuju ke jantung untuk memperlancar sirkulasi darah.

2. Menggunakan Cabe Rawit

Bukan hanya sebagai bumbu masak saja, cabe rawit juga dapat digunakan untuk menghilangkan selulit. Cabe rawit dapat digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, memanaskan tubuh secara alami, meningkatkan sistem metabolisme, serta dapat menggantikan sel-sel tubuh yang telah rusak atau mati. Itulah sebabnya mengonsumsi cabe rawit secara teratur dapat membantu menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh dan dapat menghilangkan selulit di paha.

Cara menggunakannya adalah dengan membuat ramuan cabe rawit. Campurkan ½ sendok bubuk cabe rawit bersama dengan 1 sendok teh jahe bubuk, satu buah lemon yang sudah dijadikan jus, dan segelas air hangat. Minumlah ramuan tersebut sebanyak ½ kali sehari selama 2 bulan atau sampai selulit anda hilang!

3. Biji Kopi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan selulit adalah dengan memanfaatkan biji kopi. Salah satu manfaat yang bisa kita ambil dari biji kopi adalah khasiatnya sebagai scrub exfoliating yang mampu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel baru. Selain itu, mengonsumsi biji kopi juga dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh pun menjadi lebih sehat.

Cara Penggunaan:

# Membuat Pasta Kopi dan Minyak Kelapa

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan seperempat gelas bubuk biji kopi bersama dengan 3 sendok makan gula dan 2 sendok makan minyak kelapa. Jika semua bahan-bahan tersebut sudah tercampur dengan rata, maka anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan selulit. Oleskan pasta pada bagian kulit yang terkena selulit sambil dipijat selama beberapa menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat! Lakukan cara ini sebanyak 2/3 kali dalam seminggu sampai selulit anda hilang!

# Pasta Kopi dan Minyak Zaitun

Cara untuk membuatnya hampir sama. Campurkan seperempat bubuk biji kopi bersama dengan sedikit minyak zaitun-ekstra virgin! Letakan ke dalam microwave selama 20 detik. Oleskan pasta ini pada bagian selulit lalu tutupi dengan plastik! Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin! Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu sampai selulit di kulit anda hilang.

Baca juga manfaat lain dari minyak zaitun: Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan

4. Menggunakan Minyak Juniper

Salah satu khasiat dari minyak juniper ini adalah sebagai detoktivikasi dan juga dapat meritensi cairan sehingga cukup efektif jika digunakan untuk menghilangkan selulit.

Cara menggunakannya:

  • Campurkan 10 tetes minyak juniper bersama dengan seperlima minyak zaitun!
  • Oleskan ramuan tersebut ke kulit yang terkena selulit. Pijat-pijat selama 10 menit agar hasilnya maksimal!

Anda dapat melakukan cara tersebut 2 kali sehari sampai keluhan tersebut benar-benar hilang.

5. Rumput laut

Selain rasanya yang enak, rumput laut juga bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan selulit di paha yang baik. Rumput laut dapat memperlancar sirkulasi darah, menghilangkan racun-racun berbahaya dan memperbaiki tekstur kulit. Tanaman laut yang satu ini pun dapat digunakan untuk menghilangkan selulit.

Cara menggunakannya:

# Untuk Mandi

Cara menggunakannya adalah dengan cara menambahkan 4 lembar rumput laut ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Kemudian rendam di dalamnya selama 20 menit! Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu!

# Membuat Pasta

Selain dapat digunakan untuk mandi, rumput laut juga dapat dimanfaatkan sebagai pasta. Caranya adalah dengan mencampurkan 3 sendok makan bubuk rumput laut tanah (banyak tersedia di toko) ke dalam wadah berisikan garam dan minyak zaitun ekstra virgin serta beberapa tetes minyak esensial apapun. Oleskan pasta ini pada bagian kulit yang terkena selulit selama 10 menit sebelum mandi! Setelah mandi, anda dapat mengoleskan pelembab pada area kulit yang terdapat selulit! Lakukan cara ini selama beberapa minggu sampai selulit anda hilang!

6. Cuka Apel

Di dalam cuka apel terdapat kandungan zat potasium, magnesium, kalsium, dan mineral yang sangat baik untuk menghilangkan selulit. Zat-zat tersebut akan membantu tubuh untuk menghilangkan racun-racun dan juga retensi air di sekitar paha dan perut. Selain membantu untuk menghilangkan selulit, cuka apel juga dapat digunakan untuk mengatasi kembung dan juga menurunkan berat badan. Lebih lengkap simak artikel berikut: Sederet Manfaat Cuka Apel yang Mengejutkan

Cara menggunakannya:

  • Campurkan cuka sari apel bersama dengan air secukupnya. Anda juga dapat menambahkan madu di dalamnya. Gosokan ramuan tersebut ke atas kulit yang terkena selulit. Lakukan perawatan ini 2 kali sehari sampai selulit anda hilang;
  • Cara lainnya adalah campurkan cuka apel dengan air. Gosokan pada bagian yang terkena selulit lalu tutup bagian tersebut dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Diamkan sselama 1 jam lalu anda boleh melepasnya. Lakukan cara ini sehari sekali saja;
  • Tapi jika anda tidak menyukai kedua cara di atas, anda dapat menggunakan cara lain, yaitu campur 2 sendok makan cuka apel dengan 1 sendok teh madu. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari sampai selulit anda hilang.

 

7. Tanah Liat Hijau

Tanah liat hijau dipercaya mampu melancarkan sirkulasi darah, menyerap kotoran-kotoran dan lemak dari dalam tubuh, mengangkat sel-sel kulit yang telah mati, dan juga memperkuat penghubung jaringan di dalam tubuh. Disamping itu, tanah liat hijau juga diyakini dapat menghilangkan selulit pada tubuh bagian paha.

Cara menggunakannya:

  • Campurkan bahan-bahan berikut satu setengah sendok makan tanah liat hijau, satu setengah sendok makan rumput laut, satu seperempat sendok makan jus jeruk nipis, 3 sendok makan air panas, dan 1 sendok makan madu asli!
  • Setelah semua bahan tercampur dengan rata, gosokan ke area yang terkena selulit dengan gerakan melingkar. Tutup dengan plastik lalu diamkan selama 30 menit dan jika sudah bilas dengan air hangat!

Lakukan perawatan di atas seminggu sekali sampai anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

8. Ikan Salmon

Di dalam daging ikan salmon terkandung antioksidan yang mampu memecah lemak di dalam selulit. Selain itu, minyak ikan salmon juga mengandung omega 3 yang berperan untuk menghaluskan kulit dan jaringan. Asam omega 3 memiliki khasiat untuk menurunkan nafsu makan dan memperbaiki peradangan serta memperkuat jaringan di dalam tubuh. Kondisi ini pada gilirannya akan menurunkan racun-racun yang berbahaya dari dalam tubuh sehingga sirkulasi darah pun menjadi lancar.

Cara menggunakannya sangat mudah. konsumsi 4 – 5 porsi ikan salmon setiap minggunya. Agar hasilnya maksimal, hindari ikan salmon dalam olahan goreng.

9. Minyak Jeruk

Salah satu khasiat dari minyak jeruk adalah dapat memperlancar sirkulasi darah dan juga memecah kantong lemak dan selulit.

Cara menggunakannya:

  • Campurkan 5 tetes minyak jeruk keprok bersama dengan 1 sendok makan minyak zaitun! Oles dan gosokan minyak ini ke bagian kulit yang terkena selulit! Tunggu selama 15 menit! Yang perlu anda ketahui adalah usahakan agar kulit tidak terpapar oleh sinar matahari paling tidak 1 jam setelah menggunakan ramuan ini. Lakukan cara tersebut 2 kali sehari!
  • Cara lainnya adalah dengan mengkonsumsi minyak jeruk keprok. Tambahkan 2/3 tetes minyak ini ke dalam air putih hangat lalu minumlah! Lakukan cara ini sehari sekali!                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Jadi, pada dasarnya untuk menghilangkan selulit di dalam tubuh tidak terlalu sulit. Di atas adalah cara menghilangkan selulit di paha yang bisa anda terapkan dengan bahan-bahan yang ada di sekitar.

Demikianlah pembahasan tentang cara menghilangkan selulit di paha yang benar. Semoga bermanfaat.

Yoga Winando
Oleh Salsabila