Sederet Manfaat Cuka Apel yang Mengejutkan

Selain berguna untuk menambahkan variasi menu makanan di meja makan Anda. Sari cuka apel ternyata banyak memiliki manfaat kesehatan, terutama karena kandungan asam asetat yang tinggi. Sementara penelitian ilmiah belum mendukung semua klaim manfaat cuka apel, para penggemar cuka apel mengklaim dengan bukti anekdotal yang kuat.

Cuka apel terbuat dari sari apel yang difermentasi sehingga menjadi lebih manis dan kurang pahit daripada jenis cuka lainnya. Cuka sari apel penuh bakteri yang menguntungkan – juga dikenal sebagai “probiotik” – yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti hanya semua cuka, cuka apel juga mengandung asam asetat yang tinggi, zat ini dapat membantu dalam mengontrol berat badan dan segudang manfaat lainnya.

manfaat cuka apel

contoh cuka apel

10 Manfaat Cuka Apel yang Mencengangkan

Menurunkan Gula Darah

Salah satu manfaat cuka sari apel yang banyak digemari adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar gula darah. Sebuah artikel yang dipublish pada tahun 2004 yang diterbitkan dalam Diabetes Care menemukan bahwa cuka apel secara signifikan meningkatkan sensitivitas sel-sel jaringan tubuh terhadap insulin ketika dikonsumsi dengan makanan tinggi karbohidrat.
Tentu ini akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki masalah kadar gula darah yang tinggi seperti pada penyakit diabetes melitus.

Berat Badan

Sensitivitas insulin yang meningkat, seiring dengan peningkatan rasa kenyang setelah makan, dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2005 menemukan bahwa semakin tinggi dosis cuka apel, semakin besar perasaan kenyang setelah makan tinggi karbohidrat. Peningkatan rasa kenyang harus menimbulkan dampak meurunnya kebutuhan seseorang untuk terus makan sehingga lambat laun berat badan bisa turun hingga mencapai berat yang Anda inginkan.

Sehat Buat Jantung

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi cuka apel dapat mengurangi kolesterol, trigliserida dan tekanan darah, yang semuanya berkontribusi pada penyakit jantung ketika kadarnya tingi. Cuka apel dapat meningkatkan kesehatan jantung, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Melindungi Dari Kanker

Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa sari cuka apel memilik aktifitas dapat membunuh sel kanker. Namun ini baru penelitian awal, sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk memeastikan manfaat cuka apel yang istimewa ini.

Mengobati Keputihan

Meskipun tidak ada bukti klinis yang mendukung hal ini, namun beberapa parktisi kesehatan seperti yang dilansir oleh MDHealth.com, berendam di bak mandi yang airnya sudah ditambahkan dengan cuka apel dapat mengobati keputihan pada wanita, lakukan ini selama tiga hari secara berturut-turut.

Mengusir Bau Mulut

Asam asetat dalam cuka sari apel memiliki manfaat mengusir bau mulut tak sedap, karena zat ini efektif dalam membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut. Jika Anda ingin mencobanya, berkumurlah dengan sari apel yang diencerkan dengan air.

Mengobati Common Cold

Beberapa orang mengklaim bahwa cuka sari apel dapat membantu meringankan gejala flu biasa, cuka apel dapat menenangkan atau meredakan sakit tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat, namun belum ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat cuka apel yang satu ini. Cara menggunakannya cukup mudah; campur cuka sari dengan air dan berkumurlah hingga mengenai daerah sakit tenggorokan, setelah itu boleh ditelan karena akan berguna juga mengatasi hidung tersumbat.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Jika Anda sering menderita gangguan pencernaan setelah makan, mungkin solusinya adalah memimun cuka apel dengan  takaran yang sebanding dengan air putih sebelum makan. Beberapa mengklaim bahwa ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, meskipun bukti ilmiah masih membutuhkan beberpa bukti ilmiah.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Menurut tradisi, cuka sari apel dapat membantu buang air besar secara teratur. Jika Anda berjuang mengatasi diare atau sembelit, minumlah sari cuka apel sebanyak tiga kali per hari untuk membantu mengatur lancarnya buang air besar dan mengatasi beberapa masalah pada pencernaan.

Membasmi Jerawat

Jika wajah Anda rentan terhadap jerawat, cuka apel dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan membersihkan wajah Anda dari jerawat. Teori ini menyatakan bahwa asam dalam cuka apel dapat membunuh bakteri, menyeimbangkan pH kulit dan menyerap minyak berlebih. Gunakan dengan cara mencampur cuka apel dengan air dan oleskan pada kulit dengan bola kapas. Bilas setelah 10 menit.
Dalam kemasan cuka apel yang Anda beli, biasanya satu porsi adalah 15 mililiter atau setara dengan satu sendok makan. Dalam studi tentang manfaat cuka apel tertentu, dosis yang diperlukan akan bervariasi, meskipun dosis 15 sampai 30 mililiter setiap hari adalah dosis yang umum digunakan. Cara penggunaannya pun begitu mudah, bisa dikonsumsi langsung atau diencerkan dengan air atau mungkin dioleskan, seperti telah kami sebutkan sebelumnya.

I am a medical doctor, teacher, father, and wordpress enthusiast! Ashkan Faeza