Terbukti! Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun, aladokter.com – Beberapa waktu belakangan, kesadaran akan pentingnya hidup sehat kembali mewabah. Mulai dari gaya hidup, acara televisi hingga makanan dan berbagai pelengkap kebutuhan sehari-hari gencar digaungkan. Kampanye hidup sehat yang dulu kurang menarik perhatian, kini mulai mendapat tempat bahkan menjadi dambaan banyak orang.

Hingga hidup sebagai vegetarian, peserta jalan sehat go green, ikut serta mengurangi limbah plastik adalah sebuah kegiatan yang digemari. Bahan-bahan alami pun kembali unjuk gigi. Salah satunya adalah penggunaan minyak zaitun. Tapi tahukah kamu apa itu minyak zaitun dan ragam manfaatnya yang telah terbukti secara ilmiah? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Bagi perempuan, khususnya, minyak zaitun bukanlah benda asing. Sebaliknya, penggunaannya telah ada dan digunakan untuk berbagai pelengkap perawatan kecantikan yang diwakili berbagai merk jual, baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini tentu dilatarbelakangi oleh manfaat minyak zaitun yang memang baik untuk kecantikan dan kesehatan.

Minyak zaitun sendiri sebenarnya berasal dari buah tanaman zaitun yang tumbuh di wilayah Mediterania yang kaya akan sinar matahari. Penggunaannya untuk kehidupan manusia mulai dilirik setelah adanya penelitian yang menunjukkan kandungan dari minyak zaitun yang sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan Minyak Zaitun

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai, manfaat minyak zaitun. Berikut informasi lengkap zat-zat yang terkandung dalam satu sendok minyak zaitun

JumlahKandungan
120Kalori
14 gramLemak yang terdiri atas sedikit lemah jenuh, lemak tak jenuh, omega  3 dan omega 6
1 miligramVitamin K (yang dapat memenuhi 10 persen kebutuhan harian tubuh)
9 miligramVitamin E (yang dapat memenuhi 10 persen kebutuhan harian tubuh)

Dan dengan 0 persen kandungan gula dan karbohidrat, minyak zaitun sangat direkomendasikan sebagai konsumsi harian guna melengkapi diet Anda.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Tubuh yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

Penjelasan manfaat minyak zaitun akan dibagi menjadi 2 kategori yakni untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

  • Menjaga Kesehatan Hati

Untuk kalian yang terbiasa di PHP atau sedang terlibat dalam hubungan putus nyambung, sangat tepat untuk mulai mengonsumsi minyak zaitun karena baik untuk kesehatan hati yang rentan galau dan terluka. Becanda!!

Tapi manfaat untuk menjaga kesehatan hati memang merupakan salah satu keuntungan yang akan Anda dapat dengan mengonsumsi minyak zaitun. Ini karena minyak zaitun mengandung  polifenol, senyawa kimia pada tumbuhan yang mengandung antioksidan yang kuat sehingga ia dianggap salah satu makanan yang melindungi kardivaskular, sistem yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

  • Membantu Melawan Kanker

Menurut salah satu Jurnal Eropa mengenai Pencegahan Kanker yang dipublikasikan pada tahun 2004, diketahui zaitun mengandung acteosides, hydroxytyrosol, tyrosol, dan asam propionat fenil yang merupakan komponen penting pencegah kanker.

  • Membantu Mengurangi Berat Tubuh dan Mencegah Obesitas

Makan cukup lemak sehat adalah kunci untuk mengatur hormon yang mengendalikan kadar gula dalam darah.

Penelitian Rumah Sakit Universitas Basel di Swiss mendapati bahwa seseorang yang menaikkan kadar lemak dan menurunkan kadar karbohidrat dalam makanannya lebih sukses menurunkan berat badan. Namun kesuksesan itu belum apa-apa bila dibandingkan dengan manfaat mengonsumsi minyak zaitun secara teratur, karena telah terbukti lebih mampu menurunkan berat badan dibanding dengan menerapkan diet tinggi lemak.

  • Mendukung Kesehatan Otak

Dengan memanfaatkan kandungan lemak sehat pada minyak zaitun dapat membantu memperbaiki fokus dan memori pada otak. Manfaat minyak zaitun juga bisa membantu melawan penurunan kemampuan otak karena usia seperti penyakit Demensia dan Alzheimer.

  • Membantu Menyeimbangkan Hormon

Waktu-waktu seperti saat Pre Menstruation Syndrom (PMS) atau ketika memasuki usia menopause sangat penting untuk  Anda mendapatkan cukup kandungan nutrisi dan lemak baik. Minyak zaitun sebagai salah satu penghasil lemak baik dapat membantu memproduksi dan menyeimbangkan hormon. Selain itu juga, vitamin E yang terkandung dapat membantu produksi hormon estrogen.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

  • Baik untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sebagai salah satu sumber yang kaya akan vitamin E dan antioksidan lainnya, minyak zaitun mampu membuat kulit mendapatkan kembali ketebalan dan tekstur yang kenyal hingga tampak lebih muda juga membantu melawan infeksi atau ketidak seimbangan hormonal yang mengakibatkan jerawat dan kondisi kulit lain.

Cara pemakaiannya bisa langsung dengan dioleskan pada kulit yang telah dibersihkan. Baik digunakan saat akan tidur malam. Keesokan harinya bilas dengan air dingin.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun sebagai penghilang bekas jerawat bisa dilakukan dengan memanaskan dulu sedikit minyak zaitun, tunggu hingga hangat. Oleskan pada sisi yang terdapat bekas jerawat.

manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

  • Melembabkan dan Melebatkan Rambut

Rambut yang kering tentu tidak ingin Anda miliki. Untuk itu manfaatkan minyak zaitun sebagai losion yang mampu mempertahankan kelembapan pada rambut. Anda bisa mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun ke kulit kepala, lalu pijat perlahan dan tutup dengan handuk sekitar 10 menit. Setelahnya cuci dengan air dingin.

Dalam kasus untuk melebatkan rambut, campurkan minyak zaitun dengan buah alpukat. Seperti sebelumnya. Usap dan pijat perlahan sampai seluruh bagian rambut terkena. Lalu tutup dengan handuk sekitar 10 menit.

  • Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata adalah salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan perempuan karena membuat wajah terlihat kuyu dan tampak tua. Untuk menghilangkannya, oleskan lah sedikit minyak zaitun ke kantung mata. Lakukan dengan teratur. Karena minyak zaitun adalah produk alami maka hasil yang Anda inginkan tidak akan terjadi sesegera mungkin. Namun dengan penggunaan yang teratur dan memperbaiki waktu istirahat, kantung mata Anda akan hilang sehingga wajah bisa kembali berseri.

  • Relaksasi

Kesibukan yang Anda jalani kadang tanpa sadar membuat kulit, utamanya wajah menjadi tegang. Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk memperoleh efek relaksasi. Setelah seharian berada di luar rumah, terlebih dahulu bersihkan wajah. Teteskan minyak zaitun pada telapak tangan lalu perlahan usap dan pijat bagian wajah. Dengan melakukan ini, diharapkan kulit Anda menjadi lebih rileks dan kembali segar.

  • Tabir Surya Alami

Melakukan berbagai kegiatan di luar memang baik, namun paparan sinar matahari di jam-jam tertentu belum lagi bila terus-terusan terjadi akan membawa dampak negatif pada kulit. Berbagai masalah kulit bisa terjadi dan tidak mudah untuk mengobatinya jika kulit telah mengalami kerusakan. Untuk itu, meneladani kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati, maka sebelum beraktivitas di luar rumah biasakan dan pastikan kulit telah terjaga dengan menggunakan tabir surya.

Salah satu dari bahan terbaik tabir surya adalah minyak zaitun. Anda bisa membalurkannya ke seluruh tubuh 20 menit sebelum keluar kediaman. Dengan itu, kulit akan lebih terjaga dan lembab alami.

Setelah tahu berbagai manfaat dari minyak zaitun yang telah terbukti secara ilmiah, apakah Anda tertarik untuk mencoba langsung khasiatnya?

Silakan bagikan secara luas postingan ini jika dirasa bermanfaat dan dapat membantu lebih banyak orang untuk mengetahui manfaat minyak zaitun yang sangat besar. Pastikan diri dan orang-orang tersayang mulai untuk menggunakan berbagai produk terbaik dari alam. Mari mulai hidup sehat dari sekarang.

Marlia Alvionita