Camilan untuk Penderita Diabetes yang Praktis & Menyehatkan

Ngemil saat menderita diabetes? Tak perlu takut, ada banyak pilihan camilan untuk penderita diabetes yang menyehatkan.

camilan untuk penderita diabetes

Sembari menikmati rintik hujan atau mengganjal perut yang dilanda lapar, tentu sangat tepat bila ditemani dengan camilan bukan. Berbeda dengan orang sehat pada umumnya, memilih camilan bagi penderita diabetes tentu tak bisa sembarangan.

Pasalnya, asupan makanan yang tidak tepat dapat menyebabkan gula darah seketika melonjak dan berkonsekuensi pada kesehatan yang memburuk. Lantas, camilan seperti apa saja yang dapat dinikmati penderita diabetes? Berikut uraiannya.

Berbagai pilihan camilan untuk penderita diabetes yang menyehatkan

1. Kacang Almond

almond camilan untuk penderita diabetes

Kacang almond berkhasiat dalam membantu menstabilkan kadar gula darah & menurunkan kolesterol

Segenggam kacang almond dapat dipilih sebagai camilan untuk penderita diabetes lantaran didalamnya terdapat sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin dan mineral seperti riboflavin, mangan dan magnesium.

Dalam sejumlah penelitian pun diketahui bahwasanya kacang almond memiliki khasiat dalam membantu menstabilkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol dan berperan dalam manajemen pengaturan berat badan yang kesemuanya ini merupakan faktor utama dalam mencegah maupun menangani diabetes tipe 2.

2. Alpukat

alpukat camilan untuk penderita diabetes

Kandungan serat yang tinggi & asam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat dapat membantu mengontrol kadar glukosa

Kandungan serat yang tinggi ditambah asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam buah alpukat menjadikannya sebagai salah satu camilan yang ramah diabetes. Konsumsinya secara teratur diketahui dapat membantu mengontrol kadar glukosa dalam tubuh sekaligus mencegah peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar homosistein.

3. Telur Rebus

telur rebus camilan untuk penderita diabetes

Telur rebus tinggi protein yang bermanfaat untuk membantu mempertahankan berat badan ideal

Telur rebus merupakan salah satu sumber protein terbaik yang dapat dikonsumsi penderita diabetes untuk membantu mempertahankan berat badan ideal. Pasalnya konsumsi telur rebus, baik itu sebagai sarapan atau camilan, dapat menekan kadar hormon lapar (hormon ghrelin) sehingga membantu mencegah makan berlebihan dan membuat tubuh kenyang lebih lama.

4. Salad Tuna

salad tuna camilan untuk penderita diabetes

Roti gandum dengan isian salad tuna menjadi camilan yang dapat dipilih untuk memenuhi hasrat lapar yang datang tiba-tiba

Untuk camilan yang agak sedikit berat, penderita diabetes dapat membuat roti gandum dengan isian salad tuna. Bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya seperti potongan ikan tuna rebus, beberapa sayuran hijau, tomat, seledri dan bawang bombay. Untuk dressing-nya dapat menggunakan saus mustard, saus alpukat atau minyak zaitun.

5. Yogurt dengan Buah Beri

yogurt beri camilan untuk penderita diabetes

Kombinasi yogurt & buah beri sangat baik untuk menunjang kesehatan sistem pencernaan dan organ pankreas

Kombinasi yogurt yang kaya akan probiotik dan buah beri dengan kandungan serat didalamnya diketahui dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme asupan makanan yang mengandung gula.

Di samping itu, kandungan antioksidan di dalam buah beri juga terbukti dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel-sel pankreas – organ yang bertanggung jawab untuk melepaskan insulin. Namun, pastikan untuk menggunakan yogurt plain yang tak mengandung tambahan perasa maupun gula.

6. Puding Biji Chia

puding biji chia camilan untuk penderita diabetes

Puding biji chia sangat menyehatkan, rendah kalori dan dapat membuat perut kenyang lebih lama

Puding biji chia sangat pas dan cocok dijadikan camilan untuk penderita diabetes karena rendah kalori sekaligus dapat membuat perut kenyang lebih lama. Cara membuatnya pun begitu mudah. Pertama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yakni, ½ cangkir biji chia, 1 ½ cangkir susu almond, 1 ½ sdm madu atau gula stevia dan ½ bks agar-agar putih.

Lantas, campurkan semua bahan tersebut dalam sebuah wadah kaca atau cup puding. Tutup wadah dan kocok hingga merata. Dinginkan beberapa saat di dalam kulkas hingga puding mengeras. Terakhir, sajikan dan nikmati dengan tambahan irisan buah atau kacang almond sebagai topping diatasnya.

7. Popcorn

popcorn camilan sehat untuk pendertita diabetes

Popcorn tawar rendah kalori, bergizi dan kaya serat

Dalam situasi apapun, menikmati popcorn memang tak pernah salah bahkan bagi penderita diabetes sekalipun. Ini karena popcorn berasal dari biji jagung yang kaya serat, bergizi dan rendah kalori. Syaratnya, masaklah popcorn di kompor dengan menggunakan minyak zaitun tanpa diberi tambahan garam, mentega atau bahan pemanis seperti gula atau karamel.

8. Edamame

edamame camilan sehat untuk pendertita diabetes

Edamame bermanfaat dalam membantu kontrol kadar gula darah & filtrasi ginjal

Konsumsi edamame secara teratur diketahui memiliki dampak signifikan dalam membantu menjaga kesehatan penderita diabetes. Ini berkat kandungan protein, serat dan folat dalam edamame yang bermanfaat dalam mengatur kadar gula dalam darah dan filtasi ginjal. Rebus atau kukuslah edamame segar selama 5-10 menit sebelum dinikmati.

Itulah beberapa pilihan camilan untuk penderita diabetes yang praktis dan menyehatkan. Kreasikan camilan-camilan tersebut dengan ide-ide kreatif lainnya. Kuncinya, pilihlah sumber makanan yang tinggi protein, serat dan lemak sehat. Terakhir, jangan segan untuk selalu berkonsultasi pada dokter bila menjumpai keluhan saat mengonsumsi makanan tertentu.

SUMBER
#