harnal ocas obat pembesaran prostat

Harnal Ocas obat apa?

Harnal Ocas adalah obat untuk mengatasi gangguan perkemihan pada laki-laki akibat hiperplasia prostat jinak atau benign prostatic hyperplasia (BPH). Gejala BPH dapat berupa kesulitan mengeluarkan urine, aliran urine lemah, atau rasa selalu ingin berkemih termasuk pada malam hari. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi keluaran air mani sehingga dianggap akan mempengaruhi kesuburan pria.

Harnal Ocas merupakan obat jenis alpha adreno reseptor blocker yang bekerja dengan melemaskan otot polos terutama di saluran kemih dan kelenjar prostat. Jadi, Harnal Ocas bukan mengurangi hiperplasia prostat yang terbentuk namun lebih pada melemaskan otot-otot saluran kemih dan prostat sehingga urine dan air mani lebih mudah dikeluarkan.

Ringkasan Obat Harnal Ocas

KandunganTamsulosin HCl 0,4 mg
Jenis obatAlpha blocker
KategoriObat keras
KegunaanMengatasi gangguan perkemihan yang disebabkan hiperplasia prostat jinak
KonsumenDewasa
KehamilanKategori B (boleh, namun obat ini hanya digunakan pada pasien laki-laki)
ProdusenCombiphar, diproduksi Estella Pharma Europe B.V
HargaRp. 375.000 per box isi 3 strip, tiap strip isi 10 tablet lepas lambat

Cara Kerja dan Fungsi Obat Harnal Ocas

Fungsi Harnal Ocas dalam tubuh adalah sebagai relaksan otot polos prostat dan uretra. Bahan aktif Harnal Ocas berupa tamsulion merupakan senyawa yang mampu berikatan secara selektif dan kompetitif dengan adrenoreseptor alpha-1 postsinaptik, khususnya subtipe alpha-1A dan alpha-1D.

Penghambatan alpha-1 adrenoreseptor memicu pelemasan otot polos pada prostat dan uretra. Akibatnya aliran urine menjadi lebih lancar dan mengurangi gejala-gejala gangguan perkemihan seperti aliran urin lemah, sulit mengeluarin urin atau rasa ingin berkemih. Namun tamsulion tidak dapat mengecilkan prostat, karena itu pembesaran prostat dapat terus terjadi dan mungkin memerlukan penanganan lebih lanjut.

Indikasi dan Kegunaan Harnal Ocas

Harnal Ocas digunakan untuk mengatasi gangguan perkemihan seperti, kesulitan mengeluarkan urine, aliran urine lemah, atau sering merasa ingin kencing termasuk pada malam hari yang disebabkan oleh hiperplasia prostat jinak.

Selain itu, Harnal Ocas juga digunakan secara off label atau diluar indikasi sebagai obat untuk mengatasi batu uretra, prostatitis, serta disfungsi perkemihan pada wanita.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang dengan riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap tamsulion hidroklorida.
  • Penderita angiodema yang diinduksi oleh obat.
  • Orang dengan riwayat hipotensi ortostatik.
  • Penderita gangguan fungsi hati berat.

Dosis Harnal Ocas dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis Harnal Ocas untuk gangguan perkemihan akibat hiperplasia prostat jinak

  • Dosis dewasa: 1 tablet (0,4 mg) sekali sehari.

Aturan pakai:

  • Gunakanlah obat ini setelah atau sebelum makan. Obat harus ditelan utuh tidak boleh dikunyah.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Harnal Ocas pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Harnal Ocas

Harnal Ocas umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun demikian, beberapa efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan. Efek samping Harnal Ocas meliputi:

  • Sakit kepala.
  • Penglihatan kabur.
  • Kantuk.
  • Gangguan ejakulasi.
  • Hipotensi atau darah rendah.

Efek Overdosis Harnal Ocas

Penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran dapat menyebabkan overdosis. Gejala overdosis Harnal Ocas dapat berupa hipotensi berat yang harus segera ditangani dengan benar untuk menghindari syok atau pingsan. Jika kondisi ini terjadi segera konsultasikan ke dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat mengonsumsi Harnal Ocas.
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada pasien yang akan menjalani operasi katarak.
  • Obat ini dapat menyebabkan kantuk, hindari berkendara atau menjalankan alat berat yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Harnal Ocas untuk ibu hamil?

Bahan aktif Harnal Ocas berupa tamsulion digolongkan sebagai obat kategori B untuk ibu hamil. Hal itu berarti studi pada sistem reproduksi hewan percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Oleh karena itu obat ini dianggap cukup aman untuk wanita hamil, namun penggunaan obat ini pada wanita sangat jarang diberikan.

Bolehkah Harnal Ocas untuk ibu menyusui?

Belum diketahui apakah bahan aktif Harnal Ocas dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui. Penggunaan obat ini pada ibu wanita juga sangat jarang dilakukan.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan Harnal Ocas bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara Harnal Ocas dengan obat-obat berikut:

  • Cimetidine, ketoconazole, meningkatkan kadar tamsulion dalam tubuh.
  • Diclofenac, warfarin, meningkatkan tingkat eliminasi tamsulion.
  • Silodosin, alfuzosin, meningkatkan efek hipotensi.
  • Furosemide, mengurangi kadar tamsulion dalam darah.
  • Tadalafil, verdenafil, sildenafil, meningkatkan risiko hipotensi.