Manfaat Timun Suri yang Belum Banyak Diketahui

Siapa yang tidak kenal dengan timun suri? Buah yang memiliki bentuk lonjong dengan kulitnya berwarna kuning ini tak hanya menjadi salah satu menu favorit bagi masyarakat Indonesia, terutama sebagai buah saat berbuka puasa. Buah ini juga memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat timun suri akan sangat dirasakan bagi tubuh apabila dikonsumsi secara rutin setiap harinya.

Timun suri termasuk ke dalam jenis labu-labuan atau dalam bahasa Latin disebut dengan Cucurbitaceae. Di dalamnya terkandung aneka zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh, vitamin A, vitamin C, kalium, asam linoleat, fluktosa, saponin, potasium, dan magnesium. Dari zat-zat yang terkandug di dalamnya sudah jelas dapat kita ketahui bahwa buah yang menjadi salah satu faforit masyarakat ini ternyata bukan hanya menyegarkan saja tapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Timun Suri

Manfaat Timun Suri

Aneka Manfaat Timun Suri

Dibawah ini adalah aneka manfaat timun suri yang belum banyak diketahui oleh orang, yaitu:

  1. Membantu Proses Detoksivikasi

Tubuh memiliki sistem detoksivikasi sebagai cara untuk membuang racun-racun yang ada di dalamnya. Dengan mengkonsumsi timun suri secara seimbang akan membantunya dalam memperlancar pembuangan racun-racun atau detoksivikasi dari dalam tubuh. Terdapat beragam jenis racun yang dapat dibuang melalui konsumsi timun suri ini, salah satunya adalah cacing pita yang merupakan parasit yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

2. Melancarkan Pencernaan

Timun suri atau barteh memiliki khasiat untuk memperlancar sistem pencernaan. Hal itu karena buah yang satu ini mengandung banyak air sehingga dapat memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki keluhan seperti gastritis atau tukak lambung dan maag sangat pas jika mengkonsumsi buah yang satu ini.

3. Mencerdaskan Otak Janin

Manfaat timun suri yang berikutnya adalah untuk membuat otak janin menjadi cerdas. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur. Tapi jangan berlebihan karena dapat menurunkan tekanan darah.

4. Sumber Antioksidan

Tubuh membutuhkan antioksidan untuk membantunya melawan dari segala bentuk penyakit yang mematikan, Timun suri adalah salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Di dalamnya terdapat kalium, mangan, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. zat-zat tersebut sangat baik digunakan oleh tubuh untuk menangkal segala radikal bebas yang masuk ke dalamnya.

Baca Juga : 100 Makanan Penambah Darah Bagi Ibu Hamil

5. Pendukung Program Diet

Bagi anda yang saat ini sedang menjalankan program diet, anda dapat memasukan timun suri ke dalam daftar menu sehari-hari. Di dalam timun suri terkandung air dan serat dalam jumlah yang cukup banyak. Dua unsur ini akan membantu tubuh untuk mengeluarkan lemak-lemak yang ada di dalamnya.

6. Baik untuk Kesehatan Mata

Bukan hanya buah wortel saja yang baik untuk kesehatan mata, timun suri pun sangat dianjurkan untuk menyehatkan mata. Hal itu karena di dalam timun suri terkandung asam askorbat serta asam caffeic yang dapat mengurangi tingkat ritensi air sehingga sangat pas untuk mengatasi bengkak pada mata. Selain itu, di dalam timun ini juga terkandung vitamin A yang kita tahu sangat baik untuk mata.

7. Sebagai Buah Anti Kangker

Kangker adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia ini. Timun suri adalah salah satu buah yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kangker dan tumor di dalam tubuh. Hal ini karena di dalam timun tersebut terkandung saponin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dari dalam tubuh.

8. Menyehatkan Ginjal

Timun suri termasuk buah dengan kadar air yang tinggi sehingga dapat mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Oleh karena itulah, buah ini termasuk sebagai obat diuretik yang baik untuk tubuh.

9. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Setiap orang pastilah menginginkan memiliki kekebalan tubuh yang baik. Dengan begitu penyakit-penyakit pun tidak mudah menyerangnya. Salah satu tanda buruknya sistem kekebalan pada tubuh adalah mudahnya terserang flu atau pileg. Tapi anda tidak perlu hawatir. Anda dapat memanfaatkan timun suri sebagai cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam buah ini terkandung vitamin C dengan kadar yang cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

10. Anti Radang

Bukan hanya dagingnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, biji timun suri pun dapat berguna sebagai obat radang selaput lendir atau radang tenggorokan.

11. Menjaga Regenerasi Sel-sel di Dalam Tubuh

Timun suri adalah buah yang baik dikonsumsi oleh anda yang habis sakit. Hal itu karena buah ini akan membantu mengembalikan sel-sel yang telah mati atau telah rusak selama sakit.

12. Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

Di dalam timun suri terkandung aneka senyawa yang baik untuk kesehatan tulang, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, asam folat, magnesium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, terutama bagi anda yang menderita encok dan rematik. Selain senyawa-senyawa di atas, timun suri juga mengandung silika yang baik untuk kesehatan sendi.

13. Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Di dalam buah ini terkandung karbohidrat kompleks. Ini adalah jenis karbohidrat ringan yang tidak menyebabkan naiknya kadar gula darah di dalam tubuh. Untuk itulah sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

14. Sebagai Penjaga Kestabilan Tekanan Darah yang Baik

Ada banyak senyawa yang mampu menjaga kesehatan di dalam timun suri, seperti serat, saponin, potasium, asam linoleat, dan magnesium secara bersama-sama menjaga kestabilan tekanan darah di dalam tubuh. Selain untuk menjaga kestabilan tekanan darah, buah ini juga dapat menurunkan kolesterol. Jika kadar kolesterol dan tekanan darah stabil, maka otomatis kesehatan jantung pun akan terjaga dengan baik.

15. Sumber Energi Instan

Apa maksudnya? tentu suatu saat anda pernah merasakan lapar sedangkan saat itu waktu atau situasinya tidak memungkinkan untuk makan berat, misalnya bangun keseiangan dan tidak sempat sarapan. Tapi anda tidak perlu hawatir. Anda dapat memanfaatkan timun suri ini sebagai sumber energi instan. Hal itu karena timun suri mengandung fluktosa dan glukosa yang mudah larut sehingga akan cepat berubah menjadi energi sesaat setelah dikonsumsi.

16. Sebagai Pelepas Dahaga

Jika diperhatikan, mengkonsumsi buah ini di siang hari sangatlah menyegarkan tenggorokan. Hal itu karena kadar air yang terkandung di dalam timun suri sangatlah tinggi sehinga dapat memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Baca Juga : Anemia? Inilah Makanan Penambah Darah yang Perlu Dikonsumsi

17. Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Timun suri mentah memiliki manfaat untuk menetralkan PH di dalam rongga mulut. Hal itu dapat terlihat saat seseorang mengunyah buah yang satu ini maka produksi air di dalam mulut akan meningkat. Untuk itulah, buah ini sangat pas dikonsumsi oleh anda yang sedang menderita radang gusi ataupun sakit gigi.

18. Memperlebat Rambut

Beberapa orang menginginkan rambut yang indah dan lebat. Jika anda termasuk di dalamnya, anda dapat mengkonsumsi timun suri untuk menambah lebat rambut anda. Kandungan silika di dalam timun yang satu ini mampu membuat rambut menjadi indah dan lebat. Tentu saja hal ini harus diikuti dengan perawatan rambut yang lain dan menjaga hal-hal yang dapat merusak rambut.

Begitu banyaknya manfat timun suri yang dapat dimanfaatkan sebagai asupan nutrisi bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu, masukkanlah timun suri ke dalam daftar menu favorit harian agar dapat merasakan manfaat sehat yang maksimal dari buah tersebut! Demikian pembahasan tentang manfaat timun suri. Semoga bermanfaat.

Yoga Winando
Oleh Salsabila