Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan yang Terbukti Ilmiah

Apa yang Anda ketahui tentang manfaat lidah buaya? Jika belum banyak tahu, maka ada baiknya Anda menyimak artikel ini sampai selesai. Di sini akan dibahas lebih dalam mengenai kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

Meningkatnya kesadaran menjaga kesehatan tubuh, dewasa ini adalah salah satu perubahan yang wajib kita syukuri dan terus dimaksimalkan.Walau mencapainya tidak mudah, namun dengan perkembangan berbagai ilmu pengetahuan dan kebijakan dalam penggunaan segala sumber daya, hidup sehat bisa terus dicapai melalui berbagai alternatif cara.

manfaat lidah buaya

Salah satunya adalah dengan mengetahui dan memanfaatkan berbagai sumber daya organik yang minim sentuhan kimia dan ada di sekitar kita. Contoh nyatanya seperti yang telah disebutkan di judul artikel ini yakni dengan memetik manfaat lidah buaya. Tanaman yang hampir selalu ada di tiap pekarangan rumah ini ternyata memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Mau tahu penjelasannya? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Lidah buaya atau yang memiliki nama ilmiah aloe vera (aloe barbadensis milleer) adalah salah satu tanaman yang banyak hidup di iklim tropis dan sub tropis seperti di Asia, Afrika dan Amerika. Bentuknya yang  meruncing ke atas yang terlihat seperti lidah dengan daun-daun menyerupai duri di sisi kanan dan kiri konon merupakan alasan tanaman ini disebut lidah buaya.

Selain menyerupai lidah, tanaman lidah buaya juga disebut-sebut memiliki bentuk yang mirip seperti kaktus. Dan seperti kaktus, dengan bentuknya yang unik, lidah buaya sering dijadikan sebagai salah satu tanaman hias wajib di sekeliling rumah.

Lidah buaya memiliki permukaan tubuh yang dilapisi dengan lilin dan kulit tebal. Berisi daging yang mengandung getah bening dan lengket. Getah bening akan berubah jadi kuning jika kamu melepas daunnya. Bisa terus menghasilkan daun hingga 7-8 tahun. Setelah kamu mengetahui ciri dan keterangan lain tanaman lidah buaya, selanjutnya mari kita simak kandungan bermanfaat yang ada dalam tanaman satu ini.

Kandungan lidah buaya yang bermanfaat bagi kesehatan

Sebelum mengetahui manfaat lidah buaya bagi kesehatan, penting untuk kamu ketahui kandungan yang ada dalam tanaman penghias rumah ini. Hal ini tentu saja akan berguna untuk menyesuaikan kandungannya dengan manfaat yang ingin kamu dapatkan. Berikut zat-zat utama yang terkandung dalam 100 gram lidah buaya.

GiziJumlah / 100 gram
Zat besi0,8 miligram
Vitamin B10,01 miligram
Fosfor186 miligram
Karbohidrat0,4 gram
Kalsium85 miligram
Lemak0,2 gram
Energi4 kilo kalori
Protein0,1 gram

Sekilas kandungan lidah buaya dan manfaatnya:

  • Vitamin antioksidan A, C dan E – ditambah vitamin B12, asam folat dan kolin.
  • Enzim-enzim, seperti aliiase, alkaline phosphatase, amilase, Bradykinase, Carboxypeptidase, katalase, selulase, lipase dan peroksidase.
  • Mineral seperti kalsium, tembaga, selenium, kromium , mangan , magnesium, kalium, natrium dan seng.
  • Lidah buaya menyediakan 12 antrakuinon – atau senyawa yang dikenal sebagai obat pencahar. Di antaranya adalah aloin dan emodin, yang bertindak sebagai analgesik, antibakteri dan antivirus.
  • Empat asam lemak , termasuk kolesterol, campesterol, beta-sisosterol dan lupeol – semua memberikan efek anti-inflamasi.
  • Hormon yang disebut auksin dan giberelin juga ada; zat-zat ini membantu penyembuhan luka dan memiliki sifat anti-inflamasi.
  • Lidah buaya juga mengandung gula, seperti monosakarida (glukosa dan fruktosa) dan polisakarida.

Dan masih ada beberapa kandungan lain yang juga bermanfaat di dalam tubuh lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya dengan Bukti Ilmiahnya

Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

Selain kandungan zat yang ada di tabel, lidah buaya juga mengandung unsur utama yakni aloin, emodin, gum dan unsur lain seperti minyak atsiri. Aloin sendiri merupakan bahan aktif yang bersifat antiseptik dan antibiotik. Kandungan aloin dari aloe vera inilah yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit mulai dari demam, penyakit kulit, sakit mata, hingga tumor.

Dalam kasusnya untuk mengobati penyakit sembelit. Ini dikarenakan lidah buaya mengandung molekul antharanoids yang memiliki efek pencahar yang kuat sehingga mampu membantu dalam mengatasi penyakit sembelit.

Berikut kami sisipkan cara membuatnya, siapkan setengah batang daging lidah buaya, parut. Tambahkan setengah gelas air panas, peras. Beri 2 sdm madu. Minum dalam keadaan hangat, 3 kali sehari sampai sembelit berkurang.

⊕ Menangkal Radikal Bebas

Vitamin A, vitamin C, vitamin E ditambah vitamin B12, asam folat dan kolin yang terkandung dalam tanaman lidah buaya merupakan antioksidan alami. Menggunakan lidah buaya sebagai masker alami mampu membuat kulit mendapat efek segar, dingin dan menjaganya dari bahaya radikal bebas.

⊕ Menangani Luka Bakar

Lidah buaya memiliki efek melindungi serangan kerusakan kulit akibat luka bakar. Daging tanaman lidah buaya yang dimanfaatkan untuk luka bakar ternyata bisa membuat area yang terluka lebih cepat sembuh dan kembali seperti semula.

Manfaat lidah buaya yang satu ini bahkan telah diakui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat pada tahun 1959 dan telah dipakai jauh sebelumnya oleh para tentara.

Bisa mengobati luka bakar, karena lidah buaya mengandung saponin, tanin dan flavonoid. Saponin berkhasiat untuk menyembuhkan luka terbuka sedang tanin mampu mencegah infeksi terhadap luka dan flavonoid bertugas sebagai antiseptic.

⊕ Bermanfaat Bagi Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Sejak dahulu, banyak orang telah menerapkan manfaat lidah buaya sebagai bahan yang baik dan alami dalam merawat rambut kering dan ketombe pada kulit kepala. Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam lidah buaya dipercaya mampu membuat rambut lebih kuat dan sehat.

Zat antibakterial dan anti jamur juga membantu dalam meminimalisir ketombe. Enzim yang terkandung dalam daging tanaman lidah buaya juga mampu membersihkan sel kulit mati di kulit kepala dan mempercepat regenerasi daerah sekitar akar rambut.

Alih-alih menggunakan sampo dan kondisioner yang memiliki banyak kandungan zat kimia, menggunakan lidah buaya dapat membantu menghentikan kerusakan rambut dan iritasi kulit sehingga rambut bebas bakteri dan membuatnya kembali lembab sehat alami.

⊕ Baik Bagi Pencernaan

Penelitian menunjukkan daging tanaman lidah buaya mampu menghancurkan racun dan bahan-bahan asing yang menempel pada usus. Tentu manfaat lidah buaya yang satu ini sangay berguna karena akibat buruk yang bisa ditimbulkan dari bertumpuknya benda-benda asing di usus dapat mengurangi kemampuan tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke sistem pencernaan.

Dengan hilangnya limbah dari lambung juga turut menjaga kadar keasaman yang mampu mencegah dari gangguan pencernaan seperti maag dan membersihkan darah serta meningkatkan sirkulasi menjadi normal.

Mengurangi Gula dalam Darah

Dengan aloe emodin salah satu senyawa organik yang dimiliki lidah buaya, para pengidap diabetes bisa memanfaatkannya sebagai obat untuk mengurangi kadar glukosa dalam darah.

Cara meramunya ialah dengan menyiapkan 2 buah daging daging lidah buaya yang sudah dibersihkan, lalu potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum 3 kali sehari, setengah gelas secara teratur setelah makan.

⊕ Menjaga Sistem Imun

Keberadaan enzim dalam lidah buaya mampu mengubah protein yang kamu makan menjadi asam amino yang dibutuhkan setiap sel dalam tubuh agar bisa berfungsi dengan baik.

Zat besi dalam lidah buaya juga merupakan sumber yang penting untuk melawan kekurangan zat besi yang berfungsi untuk menjaga imunitas dalam tubuh.
Zat besi juga membantu dalam membunuh bakteri dan melindungi setiap fungsi membran sel. Zat besi telah diketahui juga adalah sebuah komponen vital untuk menyeimbangkan mood dan menjaga sistem imun.

Begitulah manfaat lidah buaya bagi kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah. Bagaimana? Ingin mencoba untuk mengonsumsi tanaman ini sebagai penjaga kebugaran tubuh? Selamat mencoba di rumah. Selamat hidup sehat dengan lidah buaya.