Sembilan Manfaat Utama Buah Naga yang Telah Terbukti Ilmiah

Buah naga belakangan kian banyak dikenal terutama setelah jajanan berjuluk Sup Buah, dimana buah naga menjadi salah satu ‘highlight’ isinya, naik daun dikalangan khalayak ramai. Buah manis dengan warna menyala ini selain cantik kulitnya, manis rasa buahnya ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk kita ketahui manfaat buah naga bagi kesehatan.

Sekilas tentang Buah Naga…

Buah naga memiliki beberapa jenis di dunia. Berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang karena bisa tumbuh di daerah yang kaya sinar matahari maka mulai juga dikembangbiakan hingga mudah didapati di sekitar daratan Asia seperti di Filipina, Taiwan, Malaysia dan Indonesia.

manfaat buah naga

Dikenal dengan sebutan buah naga, berawal pada tahun 1870 setelah dibawa oleh orang Prancis ke Taiwan, sering diletakkan oleh orang-orang Taiwan yang terpengaruh oleh budaya Tiongkok di atas meja altar di antara patung naga karena dianggap sebagai buah yang membawa keberkahan.

Dilihat dari kulitnya akan segera tahu bahwa buah naga masih termasuk dalam keluargas kaktus. Terdapat jumbai-jumbai yang terlihat seperti duri. Untuk buah naga yang kita kenal di Indonesia sendiri termasuk dalam jenis hylocereus polyrhizus, yakni buah naga yang memiliki kulit berwarna merah muda dengan daging buah merah dan hylocereus undatus, yaitu buah naga yang memiliki kulit berwarna merah dengan daging buah berwarna putih.

Kandungan Buah Naga

Dalam 100 gram buah naga mengandung zat gizi di bawah ini:

JumlahJenis
50Kalori
11 gramProtein
11 gramKarbohidrat
20,5 miligramVitamin C (memenuhi 34 persen kebutuhan harian tubuh)
0,05 miligramVitamin B2 (memenuhi 3 persen kebutuhan harian tubuh)
0,04 miligramVitamin B1 (memenuhi 3 persen kebutuhan harian tubuh)
8,5 miligramKalsium (memenuhi 1 persen kebutuhan harian tubuh)
0,16 miligramVitamin B3 (memenuhi 1 persen kebutuhan harian tubuh)
1,9 miligramZat Besi (memenuhi 11 persen kebutuhan harian tubuh)
22,5 miligramFosfor (memenuhi 2 persen kebutuhan harian tubuh)
0,4 gramLemak
3 gramSerat

Manfaat Buah Naga yang Telah Terbukti Ilmiah

1. Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan adalah masalah paling umum yang kamu dapati bila jarang mengonsumsi buah. Hal ini karena di dalam buah diketahui banyak terkandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Buah naga adalah salah satunya, buah ini kaya akan serat. Selain serat, buah naga juga mengandung oligosakarida yang mampu bekerja sebagai probiotik, membantu kebutuhan usus dalam proses metabolisme.

2. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Salah satu kemampuan serat selain untuk melancarkan pencernaan, ternyata juga mampu menstabilkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap normal. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa dengan mengonsumsi buah naga mampu mengurangi resiko diabetes dan gejala diabetes yang ada.

3. Pencegah Penyakit Kanker

Tidak hanya serat, di dalam buah naga juga terdapat zat yang disebut phytoalbumin. Yang bila bergabung dengan vitamin C dan mineral akan sangat berkhasiat guna meningkatkan kemampuan sebagai antioksidan dan sebagai pencegah kanker. Menurut penelitian lain, di dalam buah naga juga terkandung Lycopene. Pemberian perlakuan khusus dengan memberikan buah naga yang mengandung lycopene diketahui mampu bukan hanya mencegah namun juga melawan potensi kanker dalam diri kamu.

Baca juga manfaat bahan herbal berikut yang juga bisa mencegah kanker:

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu momok paling menakutkan dalam dunia kesehatan. Bagaimana tidak, angka kematian diakibatkan penyakit satu ini merupakan salah satu yang paling tinggi di dunia. Tercatat hingga 31 persen penyebab kematian di dunia adalah karena penyakit jantung.

Tapi tenang, kamu bisa mencegah dirimu menjadi salah satu korban selanjutnya dengan buah naga. Manfaat buah naga ini telah dikaji dalam sebuah jurnal penelitian, dikatakan bahwa buah naga mampu membantu menurunkan kolesterol jahat, di sisi lain mampu meningkatkan kolesterol baik yang mampu menjaga jantung dalam keadaan terbaiknya.

Dan tahukah kamu, biji-biji hitam kecil yang terdapat dalam buah naga ternyata memiliki kandungan baik yang tidak bisa disepelekan? Di dalamnya terkandung omega 3 dan omega 6 yang mampu menurunkan resiko penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

5. Membuat Kulit Terlihat Awet Muda

Mampu mencerahkan dan mencegah penuaan adalah salah satu dambaan banyak orang dari memakai dan mengonsumsi berbagai jenis obat dan kosmetik. Padahal, kedua hasil ini bisa kamu dapatkan secara alami dan minim efek samping dengan memanfaatkan buah naga. Di dalam buah naga, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya terkandung antioksidan dan vitamin C yang berguna untuk mencerahkan kulit, membuatnya terasa kenyal dan terlihat muda.

Sedang, fosfor yang juga terdapat dalam buah naga memiliki fungsi penting memperbaiki sel yang rusak di dalam tubuh sehingga dari luar, kulit terlihat awet muda dan mencegah dari penuaan dini.

Memanfaatkan buah naga guna membuat kulit terlihat awet muda bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah naga secara langsung atau membuatnya menjadi masker wajah. Dengan terlebih dahulu menghaluskan daging buah dengan blender lalu menambahkan plain yoghurt. Campur menjadi satu. Lalu balurkan di seluruh wajah kamu. Diamkan hingga kering. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Lakukan teratur seminggu sekali untuk hasil terbaik.

6. Meningkatkan Imunitas

Buah naga diketahui sebagai buah yang kaya akan vitamin C bahkan kandungan vitamin C yang terdapat di buah naga jauh lebih banyak dibandingkan pada wortel yang kita tahu adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Dengan kandungan vitamin C yang banyak dan flavanoid yang dikandungnya, buah naga telah diakui sebagai salah satu buah yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan yang dimilikinya juga mampu menghancurkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Buah naga juga mengandung banyak zat baik yang mampu membantu meningkatkan imunitas sampai di level tinggi, seperti kandungan vitamin B2, B3, B1, kalsium, protein, serat dan masih banyak lainnya.

Untuk itu agar mendapatkan manfaat buah naga yang satu ini, perbanyaklah mengonsumsi buah ini, sebagai peningkat imunitas. Bisa dikonsumsi langsung atau dengan mengolahnya menjadi berbagai jenis panganan.

7. Mengurangi dan Mengobati Jerawat

Terutama bagi para remaja, jerawat adalah salah satu masalah klasik namun juga dianggap paling ‘berbahaya’ karena bisa mempengaruhi tingkat percaya diri kamu. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan buah naga untuk mengurangi dan mengobatinya, karena dalam buah naga terkandung vitamin C yang memiliki sifat asam yang baik untuk melawan bakteri penyebab jerawat, mengobatinya dan mencegah terjadinya peradangan.

8. Meningkatkan Pertumbuhan Bagi Remaja

Di masa pertumbuhan, remaja memerlukan banyak kandungan gizi dalam makanan yang dikonsumsinya selain tentu saja olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Mineral, kalsium dan fosfor adalah diantaranya, zat-zat yang dikenal penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Dan kesemua itu terkandung dan bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah naga.

9. Mencegah Dehidrasi

Di dalam buah naga, kandungan air termasuk dalam jumlah yang cukup besar. Sehingga bisa kamu manfaatkan guna mencegah dehidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Itulah manfaat buah naga yang telah terbukti ilmiah dan bisa kamu praktikkan sehari-hari di rumah. Tentunya mudah dan murah. Nantikan postingan bermanfaat kami lainnya ya.

Marlia Alvionita