Jenis-Jenis Obat Sakit Kepala Tradisional

Sakit kepala merupakan sebuah fenomena yang terjadi pada tubuh yang dapat diidentifikasikan dengan rasa nyeri pada bagian kepala dan sekitar leher. Keluhan tersebut dapat dialami oleh siapa saja. Itulah sebabnya sakit kepala menjadi fenomena yang cukup populer dikalangan masyarakat. Pada dasarnya sakit kepala adalah fenomena yang wajar. Meskipun begitu, keluhan pada bagian kepala ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita jika tidak ditangani secara cepat.

Kondisi cuaca yang terlalu ekstrim, terlalu sering melihat ke arah cahaya, sensitif dengan bau-bau tertentu dapat menjadi sumber datangnya sakit kepala. Jika sakit kepala itu datang setelah sebab-sebab tersebut, maka sakit yang anda alami dapat dikategorikan sebagai sakit kepala yang aman. Meskipun begitu, kita perlu waspada terhadap sakit kepala karena hal itu dapat menjadi tanda keberadaan suatu penyakit di dalam tubuh yang membutuhkan penanganan segera.

Jenis-Jenis Obat Sakit Kepala Tradisional aladokter.com

Jenis-Jenis Obat Sakit Kepala Tradisional aladokter.com

Penanganan sakit kepala dapat dilakukan dengan cara medis modern ataupun dengan menggunakan cara tradisonal yakni dengan menggunakan obat sakit kepala tradisonal atau semacamnya. Namun belakangan ini sebagian besar masyarakat percaya bahwa pengobatan secara tradisonal dirasa lebih efektif dan tidak menimbulkan efek samping bagi penderitanya.

Beberapa Jenis Obat Sakit Kepala Tradisional

Seperti kita ketahui bahwa ada beberapa jenis sakit kepala yang sering menyerang manusia. Tiap-tiap jenis sakit kepala memiliki karakteristik serta gejala yang berbeda-beda yang tentu saja turut berpengaruh pada proses penanganannya. Berikut ini adalah beberapa tips penanganan serta referensi obat sakit kepala tradisonal :

  1. Pijat

Pijat sudah sejak lama diyakini memiliki khasiat untuk melemaskan kembali otot-otot yang kaku dan tegang. salah satu dari penyebab sakit kepala diakibatkan oleh adanya otot-otot yang tegang disekitar kepala. Dengan dillakukannya pemijatan di sekitar bagian kepala yang sakit, maka otot-otot tegang pun akan menjadi rileks kembali.

Cara untuk melakukannya adalah dengan cara gerak melingkar pada bagian pelipis. Setelah itu, teruskan pemijatan ke bagian jidad, sekitar lubang telinga, dan berakhir di bagian leher dan pundak! Lakukan gerakan ini sampai kepala terasa ringan kembali!

  1. Titik Refleksi

Selain dengan menggunakan pemijatan, anda juga dapat menggunakan titik refleksi untuk menyembuhkan sakit kepala. Caranya yakni dengan menekan jembatan hidung secara lembut selama 10 detik. Setelah itu, tekan titik yang berada diantara ibu jari dan jari telunjuk pada tangan! Lakukan cara ini selama beberapa kali sampai sakit kepala anda mereda.

  1. Menggunakan Eucalyptus

Bagi anda yang tidak mau menggunakan cara pijat dan titik refleksi, anda dapat menggunakan minyak eucalyptus. Minyak eucalyptus adalah salah satu minyak yang memiliki sifat anti peradangan. Sifat ini dapat meregangkan otot-otot yang kaku, termasuk juga otot-otot di sekitar leher dan kepala. Cara menggunakannya sangat mudah.

Oleskan eucalyptus pada bagian pelipis, jidad, leher, dan pundak. Setelah seluruh bagian tersebut telah diolesi dengan minyak eucalyptus, maka anda perlu melakukan sedikit pemijatan pada area-area tersebut. Gunanya agar minyak eucalyptus dapat bekerja maksimal dalam meregangkan otot-otot di sekitar kepala dan leher.

  1. Kayu Manis

Bagi anda yang saat ini sedang diserang sakit kepala, anda dapat memanfaatkan kayu manis untuk meredakannya. Kayu manis termasuk rempah-rempah yang sangat efektif untuk dijadikan sebagai referensi obat sakit kepala tradisonal. Terutama pada jenis sakit kepala yang disebabkan oleh cuaca ekstrim. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan pasta kayu manis pada pelipis dan dahi! Kemudian diamkan selama setengah jam atau lebih. Setelah dirasa cukup, bersihkan pasta tersebut dari kepala anda maka sakit kepala pun sudah reda!

Baca Juga : Jenis-jenis Makanan Penambah Trombosit

  1. Minyak Kayu Putih

Khasiat minyak kayu putih sebagai obat sakit kepala tidak diragukan lagi. Minyak kayu putih mengandung sineol, terpineol, aldehid valerat, butirat, dan aneka senyawa lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan-kandungan inilah yang dipercaya mampu untuk meredakan sakit kepala. Selain itu, aroma terapi yang ada pada minyak kayu putih juga memiliki khasiat untuk merelaksasi otak dan fikiran sehingga akan membantu dalam proses penyembuhan sakit kepala.

Cara menggunakan ramuan rempah ini sangatlah mudah. anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada bagian pelipis, jidad, dan leher anda. Selain dioleskan, anda juga dapat menghirup atau mencium minyak ini untuk memanfaatkan fungsi aroma terapi sebelum dioleskan ke bagian kepala!

  1. Daun Kayu Putih

Selain diambil manfaat minyaknya, daun kayu putih juga memiliki khasiat sebagai obat sakit kepala. Cara menggunakannya ialah dengan merebusl beberapa helai daun kayu putih bersama 4 gelas air. Setelah itu tunggu sampai air mendidih sampai  menyisakan kira-kira 3 gelas saja. Setelah dingin, minumlah air rebusan daun kayu putih tersebut untuk meredakan sakit kepala anda!

  1. Daun Alpukat

Bukan hanya buahnya saja yang lezat untuk dikonsumsi, daun alpukat pun memiliki khasiat yang dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala tradisonal. Caranya rebuslah beberapa lembar daun alpukat sampai airnya mendidih! Setelah itu saring dan diamkan sampai dingin! Kemudian minumlah air rebusan ini sebanyak satu kali dalam sehari untuk meredakan sakit kepala. Ingat! Cukup sekali dalam sehari karena mengkonsumsi air rebusan daun alpukat secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

  1. Bunga Matahari

Pada umumnya bunga matahari hanya dimanfaatkan sebagai tanaman penghias halaman rumah. Hal tersebut tentu tidaklah mengherankan mengingat bunga yang satu ini memiliki warna yang begitu indah. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, bunga ini juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit pada bagian kepala. Caranya adalah dengan merebus setangkai bunga matahari bersama sepotong jahe ke dalam 3 gelas air. Tunggu sampai airnya mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas saja! Minumlah air rebusan bunga matahari tersebut dua kali sehari! Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, iringi juga dengan mengkonsumsi telur rebus! Hal ini perlu untuk dilakukan untuk menambah kadar protein dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Bunga Kenanga

Selain bunga matahari, bunga kenanga pun dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa buah bunga kenanga yang selanjutnya direbus dengan 2 gelas air. Didihkan ramuan tersebut hingga airnya hanya tersisa sebanyak 1 gelas saja. Setelah suhu air rebusan daun kenanga kembali normal, konsumsilah air tersebut sebanyak 3 kali setiap hari untuk hasil yang maksimal.

  1. Aroma Terapi

Mengatasi sakit kepala juga dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan beberapa tanaman yang mengandung aroma terapi di dalamnya. Aroma terapi inilah yang selanjutnya akan dimanfaatkan untuk mengatasi sakit pada bagian kepala. Salah satu fungsi aroma terapi adalah dapat menenangkan fikiran dan saraf-saraf yang berada di sekitar kepala.

Kondisi ini dapat membuat otot-otot di sekitar kepala pun menjadi rileks. Beberapa tanaman yang mengandung aroma terapi diantaranya adalah lemon, lavender, mawar, kenanga, peppermint, rosemary, dan masih banyak lagi.

  1. Teh Hangat

Teh merupakan salah satu minuman yang populer di dunia tak terkecuali di Indonesia. Selain nikmat disajikan dengan berbagai cemilan, teh juga memiliki khasiat yang cukup efektif untuk dijadikan obat sakit kepala. Di dalam kandungan teh terdapat zat kafein seperti halnya yang terdapat di dalam kopi. hanya saja yang membedakan adalah, kafein yang terdapat di dalam kopi harus dihindari saat sakit kepala menyerang, sedangkan kafein dalam teh justru bermanfaat untuk mengobati sakit kepala.

Cara menyajikan minuman teh sangatlah mudah. Didihkan air panas bersama dengan beberapa helai daun teh! selanjutnya masukkan gula sebagai pemanis (sesuai selera)! tambahkan beberapa sendok madu dan lemon!  Teh manis siap dikonsumsi untuk meredakan sakit kepala anda!

Baca Juga : 10 Manfaat Teh Hijau yang Terbukti Ilmiah

12. Makan Secara Teratur

Salah satu penyebab sakit kepala adalah karena tubuh kekurangan zat gula. Biasanya kondisi ini disebabkan karena telat makan atau makan yang tidak teratur. Untuk itulah agar hal ini tidak terjadi, makan secara teratur adalah solusi yang tepat. Selain dapat mencegah sakit kepala, makan secara teratur juga akan mencegah datangnya maag, terutama maag kronis.

Begitu banyak obat tradisional yang dapat kita gunakan untuk mengobati sakit kepala. Dengan memanfaatkan obat-obatan tradisional tersebut, maka kita akan terbebas dari efek samping obat-obatan kimiawi.

Demikianlah pembahasan tentang jenis-jenis penanganan serta referensi obat sakit kepala tradisional yang terbukti secara khasiat serta manfaatnya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Yoga Winando
Oleh Salsabila