Dosis Regumen untuk Melancarkan Haid Paling Manjur

Regumen cukup populer di kalangan kaum hawa. Simak cara penggunaan dan dosis Regumen untuk melancarkan haid.

dosis regumen melancarkan haid

Siklus bulanan wanita terkadang mengalami gangguan, seperti rasa sakit atau nyeri haid, pendarahan banyak dan berlebihan, haid tak teratur, dan sebagainya. Untungnya ada cara mudah mengatasi hal itu, salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat Regumen yang banyak dijual di Apotek.

Regumen adalah obat yang mengandung norethindrone atau norethisterone, suatu bentuk progesteron sintetis. Progesteron sendiri merupakan hormon seks wanita yang secara alami ada dalam tubuh.

Regumen digunakan untuk melancarkan haid, karena dapat mengatasi berbagai masalah menstruasi, termasuk nyeri, perdarahan berat, haid tidak teratur, endometriosis dan sindrom pramenstruasi (PMS).

Tak hanya itu, Regumen juga dapat diresepkan untuk menunda menstruasi, misalnya jika tidak ingin haid datang ketika sedang berlibur atau menjalani ritual ibadah tertentu, misalnya umroh. Juga menjadi bagian dari pengobatan kanker payudara.

Bagaimana Cara Kerja Regumen dalam Melancarkan haid

Norethisterone 5 mg yang terkandung dalam setiap tablet Regumen adalah versi buatan dari hormon progesteron. Cara kerjanya pun meniru efek progesteron alami pada tubuh wanita.

Seperti diketahui bahwa kadar progesteron secara alami berfluktuasi sepanjang siklus menstruasi. Saat kadar progesteron meningkat, lapisan rahim tumbuh subur, siap menerima sel telur yang dibuahi untuk kemudian terjadi proses kehamilan.

Jika saat itu tidak hamil karena tidak adanya sel telur yang dibuahi, maka level progesteron turun lagi, menyebabkan lapisan rahim menjadi luruh sebagai darah haid. Jika hamil, kadar progesteron tetap tinggi untuk membantu menjaga lapisan rahim yang sehat bagi kehamilan yang sedang berlangsung.

Menggunakan norethisterone di berbagai titik sepanjang siklus haid dapat memanipulasi atau mengatur pertumbuhan dan pelepasan lapisan rahim. Misalnya, meminum norethisterone beberapa hari sebelum menstruasi akan menipu tubuh seolah-olah Anda hamil, sehingga tidak terjadi menstruasi sampai Anda berhenti mengonsumsi norethisterone.

Menggunakan Regumen beberapa hari sebelum menstruasi akan menipu tubuh seolah Anda hamil.

Bagi penderita endometriosis, mengonsumsi norethisterone setiap hari memiliki efek yang sama dan menghentikan jaringan abnormal dari perubahan bulanan. Menstruasi cenderung berhenti selama pengobatan dan setelah berhenti menggunakan norethisterone, jaringan endometrium pada rahim akan lebih kecil, atau mungkin telah sangat menyusut.

Seperti diketahui bahwa endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan yang biasanya hanya ditemukan di dalam rahim (rahim), menjadi ‘terperangkap’ di bagian lain dari tubuh, sering di daerah panggul atau perut bagian bawah. Ini menyebabkan gejala seperti nyeri hebat ketika haid. Perawatan bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan jumlah kehilangan darah.

Kegunaan lainnya untuk membantu pengobatan kanker payudara. Tidak diketahui secara pasti bagaimana norethisterone bekerja pada kanker payudara, tetapi diduga mengganggu pelepasan hormon dari kelenjar hipofisis dan dengan bertindak langsung pada tumor.

Dosis Regumen untuk Melancarkan Haid dan Mengatasi Masalah Menstruasi lainnya

Regumen dapat digunakan pada hari tertentu selama siklus menstruasi atau terus menerus, tergantung pada masalah haid yang ingin diatasi. Selalu ikuti instruksi dokter Anda. Obat ini dapat diminum sebelum atau setelah makan.

✔️ Regumen untuk menunda menstruasi

Mulai minum norethisterone tiga hari sebelum menstruasi datang (sesuai jadwal). Ambil satu tablet 5 mg tiga kali sehari, hingga 14 hari. Menstruasi akan terjadi dua hingga tiga hari setelah berhenti minum Regumen.

✔️ Regumen untuk mengobati menstruasi yang berat

Jika Anda mengalami pendarahan yang terus menerus dan parah, dokter mungkin akan meminta untuk meminum Regumen satu tablet tiga kali sehari selama 10 hari untuk menghentikan pendarahan. Pendarahan akan berhenti dalam tiga hari pertama, tetapi Anda harus tetap minum selama 10 hari penuh.

Jika pendarahan tidak berhenti, maka Anda harus mengunjungi dokter. Dua hingga empat hari setelah berhenti minum tablet, menstruasi biasa akan terjadi.

Untuk mencegah menstruasi yang berat agar tidak terulang, maka Anda harus minum satu tablet dua kali sehari pada hari ke 19 hingga 26 siklus (Hari pertama adalah hari pertama haid). Dosis ini digunakan selama dua bulan.

✔️ Regumen untuk mengatasi nyeri haid

Ambil satu tablet tiga kali sehari pada hari ke 5 hingga 24 dari siklus bulanan Anda. (Hari pertama adalah hari pertama haid) Dosis ini biasanya digunakan selama tiga atau empat bulan.

✔️ Regumen untuk mengobati endometriosis

Dosis yang dianjurkan yaitu dua tablet dua kali sehari, setiap hari, selama empat hingga enam bulan, dimulai pada hari kelima siklus. Pendarahan biasanya akan berhenti selama perawatan, alias tidak haid; jika keluar flek atau bercak perdarahan, dokter akan menambah dosis Regumen.

Waspadai Efek samping Regumen

Seperti halnya obat lain, penggunaan Regumen untuk melancarkan haid juga tak lepas dari efek samping. Hanya karena efek samping dinyatakan di sini, bukan berarti bahwa semua orang yang menggunakannya akan mengalami semua efek samping. Setiap orang memiliki respon yang dapat berbeda.

Efek samping yang umum terjadi

Efek samping yang umum karena berdampak antara 1 dalam 10 dan 1 dalam 100 wanita, termasuk:

  • Menstruasi berubah, termasuk  mengalami flek, atau menstruasi terhenti.
  • Sakit kepala.
  • Tak enak badan.

Efek samping lain yang mungkin terjadi

  • Migrain.
  • Ketidaknyamanan atau nyeri payudara.
  • Retensi cairan menyebabkan pembengkakan (edema).
  • Reaksi kulit seperti jerawat, ruam atau gatal-gatal.
  • Pusing.
  • Kelelahan.
  • Kesulitan tidur (insomnia).
  • Depresi.
  • Tekanan darah meningkat.
  • Perubahan dalam dorongan seks.
  • Berat badan bertambah.
  • Rambut rontok (alopecia).
  • Pertumbuhan rambut yang berlebihan (hirsutisme).

Terakhir, obat ini tidak boleh digunakan untuk setiap wanita. Ibu hamil, menyusui, dan wanita yang memiliki kanker, masalah jantung, paru-paru, riwayat stroke, liver, dan riwayat alergi terhadap kandungan obat ini, tidak boleh menggunaknnya.

Oleh sebab itu, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan Regumen untuk melancarkan haid, menunda haid, ataupun untuk tujuan lainnya.

SUMBER
#