Bagaimana Cara Menghentikan Haid yang Sudah Terlanjur Keluar?

Sudah terlanjur haid tapi ingin cepat berhenti? Tak perlu risau, inilah cara cepat menghentikan darah haid.

agar haid cepat berhenti

Terkadang keluarnya darah menstruasi mengganggu keseharian. Misalnya ketika anda hendak mengikuti suatu ritual agama atau event tertentu. Namun untungnya, ada beberapa cara agar menstruasi cepat berhenti meskipun sudah terlanjur keluar.

Keluarnya darah haid terjadi ketika dinding rahim mengalami peluruhan. luruhnya dinding rahim ini dipicu oleh menurunnya kadar hormon progesteron pada titik terendahnya selama siklus menstruasi.

Progesteron bisa mencapai pada titik terendahnya tersebut terjadi seiring dengan berakhirnya usia korpus luteum. Korpus luteum adalah bekas tempat pematangan sel telur di mana sel telur sudah meninggalkannya ketika ovulasi. keberadaan korpus luteum ini berusia sampai 14 hari hingga akhirnya nanti terjadilah haid.

Bagaimana cara agar haid cepat berhenti?

Ingat! tidak ada cara yang benar-benar ampuh untuk menghentikan darah haid dengan seketika semudah menutup kran air. Namun tak perlu berputus asa, masih ada beberapa metode yang dapat meningkatkan kecepatan darah haid meninggalkan rahim, sehingga dapat mempersingkat waktu haid.

Tips berikut ini dapat merangsang kontraksi rahim sehingga dapat membantu rahim melepaskan lapisan endometrium dengan lebih mudah dan cepat. Sebagai hasilnya menstruasi akan cepat berhenti. Tentu ini juga sangat bermanfaat bagi yang memiliki masalah haid berkepanjangan.

Inilah beberapa cara menghentikan haid yang sudah terlanjur keluar:

1. Orgasme

saat orgasme otot rahim berkontraksi sehingga mempercepat keluarnya darah haid

saat orgasme otot rahim berkontraksi sehingga mempercepat keluarnya darah haid

Kontraksi otot rahim selama orgasme dapat membantu mengeluarkan darah haid dari rahim. Hal ini berlaku untuk orgasme dengan cara apa pun, baik melalui hubungan seksual ataupun masturbasi.

Selain mempercepat berhentinya haid, orgasme juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat meringankan rasa kram atau nyeri haid yang menyakitkan.

2. Olahraga

olahraga cepat berhenti haid

olahraga melancarkan aliran darah dan merelaksasi otot rahim dan sekitarnya sehingga darah haid cepat berhenti

Gerakan otot-otot selama berolahraga juga dapat membantu lebih banyak darah haid yang keluar dari rahim, sehingga berpotensi mengurangi durasi menstruasi. Pada beberapa wanita, olahraga juga dapat membantu meringankan kram menstruasi.

Jadi tak ada alasan untuk malas berolahraga, apalagi olahraga juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

3. Konsumsi ibuprofen atau naproxen

obat OAINS agar menstruasi cepat berhenti

Diperlukan obat OAINS dosis tinggi agar menstruasi cepat berhenti

Menurut Cleveland Clinic, dosis tinggi NSAID dapat memperlambat aliran darah menstruasi yang berat sekitar 10 hingga 20 persen. Dengan demikian, Anda tidak perlu pusing dengan darah haid yang berlebihan.

Peringatan!

Untuk benar-benar menghentikan menstruasi, Anda membutuhkan dosis yang jauh lebih tinggi daripada dosis OAINS yang direkomendasikan. Metode ini tidak aman untuk semua orang dan harus dihindari oleh orang-orang dengan kondisi tertentu, termasuk penderita maag. Oleh sebab itu, bicarakan dengan dokter sebelum menggunakan obat tersebut untuk menghentikan haid dengan lebih cepat.

4. Banyak Minum

minum air putih cepat berhenti haid

Ketika tubuh terhidrasi, maka aliran darah haid menjadi lancar sehingga cepat selesai

Banyak minum tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga membantu mempercepat berhentinya haid. Dengan minum yang cukup, aliran darah ke rahim akan lebih lancar sehingga durasi haid menjadi lebih singkat.

Di sisi lain, keluhan kram dan pegal-pegal selama menstruasi juga dapat diminimalisir. Dalam hal ini Anda juga harus menghindari minuman bersoda dan terlalu banyak kafein.

5. Vitamin C

vitamin C melancarkan haid dan cepat berhenti

Vitamin C dapat membantu haid cepat berhenti

Vitamin C, ketika dikonsumsi dalam dosis yang layak, dapat mengurangi kadar progesteron dan pada gilirannya, membantu memecah lapisan rahim lebih cepat sehingga memperpendek waktu menstruasi.

Tetapi berhati-hatilah; terlalu banyak vitamin C dapat memiliki efek samping yang tidak menyenangkan seperti diare dan insomnia, jadi jangan mengonsumsi lebih dari dosis yang disarankan.

6. Ramuan Herbal

teh herbal untuk menghentikan haid

Teh herbal (raspberry) dapat membantu menghentikan haid dengan cepat

Banyak yang membutkikan bahwa teh herbal dari daun Raspberry dapat membantu meringankan perdarahan menstruasi yang berat sambil meningkatkan kualitas sel telur.

Disinyalir hal ini berkat kandungan beberapa zat dalam teh daun Respberru yang disebut fragarine, alkaloid yang dapat membantu mengencangkan otot-otot di daerah panggul (membantu kram).

Di samping itu, teh ini juga kaya akan tanin yang dipercaya dapat memperkuat rahim dan mengurangi pendarahan yang berat dan tidak teratur selama siklus haid. Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

7. Hindari tampon

Tampon mungkin baik untuk menyerap darah tetapi efeknya kurang baik, dan tampaknya dapat menghalangi aliran menstruasi dari vagina. Sebagai hasilnya, bukannya cepat berhenti justru malah membuat menstruasi lebih lama.

Jika Anda ingin melakukan proses lebih cepat, coba gunakan cangkir menstruasi (menstrual cup) atau pembalut sehingga Anda tidak terganggu dengan darah haid.

8. Pil KB

Penggunaan Pil KB yang notabene megandung hormon ini, seketika akan mengubah kadar hormon alami dalam tubuh. Jika dikonsumsi saat menstruasi, maka menstruasi akan cepat berhenti.

Namun, ada sejumlah efek samping yang harus ditanggung, seperti pusing, mual, dan menstruasi menjadi tak teratur dan terganggu. Oleh sebab itu, pilihan ini harus dipertimbangkan matang-matang, termasuk diperlukan saran dari dokter.

Pil KB dan obat hormonal lainnya lebih disarankan untuk menunda haid yang belum terlanjur keluar.

Dari sekian banyak cara menghentikan menstruasi, Anda dapat menerapkan yang menurut Anda mudah dilakukan dan tentu saja dapat dikombinasikan. Tapi ingat, tidak ada cara yang benar-benar ampuh menghentikan darah haid dengan seketika, ketika sudah terlanjur keluar.

SUMBER
#