Cara Tuntas Menghilangkan Kantung Mata dan Mencegahnya

Kantung mata atau disebut juga dengan puffy eyes adalah sebuah kondisi dimana terdapat garis-garis berwarna hitam, pembengkakan, maupun kulit kendor yang terjadi pada bagian bawah kelopak mata. Memang ini bukanlah masalah yang serius tapi bagi sebagian orang bisa mengganggu penampilan. Oleh sebab itu pada pembahasan kali ini akan dibahas cara menghilangkan kantung mata dengan tuntas.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan kantung mata dapat mengurangi kecantikan seseorang sehingga mengakibatkan menurunnya rasa percaya diri. Penggunaan kosmetik yang berlebihan atau terlalu tebal, kurang tidur, genetik, dan sebagai gejala dari suatu penyakit tertentu adalah faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kantung mata ini.

cara menghilangkan kantung mata

Meskipun ini bukanlah sebuah penyakit atau masalah kesehatan, bukan berarti kantung mata tidak perlu diatasi. Bagi sebagian orang, kantung mata adalah masalah fashion atau penampilan sehingga harus segera diatasi.

Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata

Bagi anda yang saat ini sedang resah dengan keberadaan kantung mata, anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara-cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kantung mata anda tersebut, yaitu:

  1. Konsumsi air yang cukup

Air putih adalah cairan yang sangat bagus untuk kesehatan. tubuh manusia terdiri dari 70% lebih berupa air. Ini berarti bahwa tubuh akan mengalami masalah jika kekurangan air. Banyak efek samping yang bisa timbul akibat kekurangan air putih, mulai dari penyakit ginjal, dehidrasi, mudah lelah, dan lain sebagainya. kekurangan air putih juga dapat menyebabkan timbulnya kantung mata. Untuk mengatasinya, konsumsilah air putih minimal 8 gelas perhari. Lebih banyak lebih bagus. hal ini dapat mencukupi kebutuhan cairan yang diperlukan oleh tubuh.

  1. Tidur yang cukup

Kekurangan tidur dapat menimbulkan kantung dibawah mata. Inilah yang harus anda atasi. Untuk itulah, tidurlah yang cukup setiap harinya. Tidur minimal 7 – 8 jam perhari dapat menurunkan resiko terkena kantung mata. Selain itu, tidur dengan kepala sedikit terangkat atau menggunakan bantal dapat menurunkan kemungkinan terkena kantung mata. Hal itu karena tidur dengan kepala terangkat dapat mencegah penumpukan caira di sekitar mata sehingga bagi anda yang memiliki kantung mata maka secara perlahan masalah itu pun akan dapat hilang.

  1. Kunyit dan nanas

Sudah sejak dulu khasiat kunyit sebagai obat dari penyakit dipercaya oleh masyarakat kita. di dalam kunyit terkandung antioksidan dan sifatnya sebagai anti inflamasi dapat membantu untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Disamping itu, kunyit juga memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit, termasuk juga kulit di sekitar area mata. Sementara nanas memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. kedua bahan ini dapat anda gunakan untuk menghilangkan kantung pada mata.

Cara menggunakannya adalah siapkan bubuk kunyit. Anda dapat membuatnya sendiri atau membeli bubuk kunyit yang tersedia di apotek dan supermarket. Siapkan juga jus nanas tanpa gula. Campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 2 sendok makan jus nanas hingga membentuk pasta. Gunakan pasta ini untuk mengolesi seluruh area kelopak mata. Diamkan terlebih dahulu selama 10 – 15 menit agar pasta bekerja mengobati kantung mata anda. setelah itu, usap mata dengan kain basah sampai seluruh pasta tidak ada yang tersisa. Lakukan cara ini setiap hari sampai kantung mata anda hilang.

  1. Kentang

Kentang adalah salah satu sayuran yang begitu populer di masyarakat. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat ini ternyata sangat baik sebagai pemutihdan penghilang lingkaran hitam pada wajah. Selain itu, anda juga dapat menggunakan buah yang satu ini untuk menghatasi kantung pada mata anda. caranya adalah ambil sebuah kentang segar lalu cuci sampai bersih. Potong kentang tersebut kemudian buatlah sebagai jus kentang. Setelah itu, celupkan kapas dan tempelkan kapas tersebut ke kelopak mata anda. pastikan mata anda terpejam agar kentang tersebut tidak masuk ke dalam mata anda. Diamkan selama 10 15 menit agar kentang bekerja menghilangkan kantung mata anda. dan jika sudah cukup, bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini 1 – 2 kali setiap harinya sampai kantung mata anda bebar-benar hilang.

  1. Tomat

Tomat merupakan buah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. selain memiliki kantungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat mengobati sariawan, tomat juga memiliki sifat pemutih alami yang menjadikan buah ini sebagai bahan dasar cream pemutih wajah. Dan manfaat lain dari buah merah ini adalah untuk menghilangkan kantung mata. Cara menggunakannya juga sangat mudah. anda cukup jus 1 buah tomat segar tanpa gula. Oleskan jus tersebut pada area sekitar mata dengan menggunakan kapas. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, diamkan pasta tersebut selama 10 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari sampai anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Cukup mudah untuk mengatasi kantung mata secara alami. Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar sebagai obatnya. Jika kantung mata sudah berubah kehitaman, maka disebut dengan mata panda. Selanjutnya bisa Anda pelajari di sini untuk mengatasinya: Beginilah Cara Menghilangkan Mata Panda yang Benar

cara alami menghilangkan kantung mata

cara alami menghilangkan kantung mata

Mencegah kantung mata datang kembali

Jika anda sudah mengetahui bagaimana cara menghilangkan kantung mata, maka anda juga perlu tahu bagaimana cara untuk mencegahnya datang kembali. Ini perlu dilakukan agar jangan sampai pengobatan yang sudah anda lakukan dengan susah payah tapi karena tidak dapat menjaganya maka kantung mata itu akan datang kembali.

Inilah cara mencegah datangnya kantung mata:

  1. Istirahat yang cukup

Salah satu penyebab terjadinya kantung mata adalah karena kurangnya istirahat. Untuk itu, anda perlu istirahat yang cukup agar kantung mata ini tidak datang kembali. Usahakan untuk tidur antara 7 – 8 jam setiap harinya agar kebutuhan istirahat tubuh tercukupi.

  1. Tingkatkan konsumsi air putih

Kebutuhan minimal manusia terhadap air putih adalah 1 liter atau sekitar 8 gelas perhari. Jika memungkinkan, anda dapat menambahnya menjadi 2 liter atau lebih. Semakin banyak semakin baik. Selain untuk kesehatan, konsumsi air putih yang cukup juga sekaligus sebagai langkah pencegahan munculnya kantung mata.

  1. Membersihkan makeup sebelum tidur

Mungkin karena alasan perawatan atau kecantikan membuat beberapa orang justru memakai makeup dalam jumlah banyak sebelum tidur. Hal ini ternyata dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Untuk itulah agar terhindar dari kantung mata ini, bersihkan makeup sebelum tidur. Hal ini akan membuat kulit di sekitar wajah menjadi lebih rileks sehingga akan dapat beristirahat dengan baik.

  1. Kurangi aktivitas mengosok mata

Seringkali orang menggosok atau mengucak kelopak matanya. Ternyata prilaku ini dapat menyebabkan pembesaran pembuluh di area mata yang mengakibatkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata menjadi lebih gelap.

  1. Kurangi paparan matahari dalam intensitas tinggi

Perlu anda tahu bahwa sinar matahari pada siang hari mengandung sinar UV. Seseorang yang terlalu banyak terpapar sinar ini dapat mengalami masalah kesehatan, salah satunya adalah munculnya kantung mata. Untuk itu, jika anda adalah orang yang bekerja di lapangan dan harus berada dibawah sinar matahari dalam waktu yang lama, anda dapat melindungi diri anda dengan pakaian panjang, kacamata, dan topi. Ini untuk mencegah paparan sinar UV secara langsung.

Langkah-langkah pencegahan tersebut dapat anda lakukan demi menghindari munculnya kantung mata. Dan jika anda saat ini sudah terlanjur memilikinya, maka anda dapat menggunakan cara-cara di atas untuk menghilangkan kantung mata anda.

Demikianlah pembahasan tentang cara menghilangkan kantung mata dan pencegahannya. Semoga bermanfaat.

Oleh Salsabila