Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda yang Mudah Dilakukan

Lingkar hitam dan kantong mata dapat diatasi dengan tips menghilangkan mata panda berikut ini.

menghilangkan mata panda

Kehadiran lingkar hitam di sekitar mata atau biasa disebut dengan ‘mata panda’ kerap menjadi problematika bagi banyak orang. Alih-alih membuat tampilan lebih menarik, kondisi mata panda seperti ini justru akan membuat wajah seseorang terkesan lesu dan lebih tua dari usia sebenarnya.

Dalam banyak kasus, kehadiran mata panda begitu identik dengan kelelahan dan kurang tidur. Namun, faktor ketidakstabilan hormon, usia yang semakin menua, overexposure terhadap sinar matahari, ketegangan yang signifikan pada mata dan beberapa kondisi medis juga turut berperan terhadap terbentuknya kantung dan lingkar hitam di sekitar mata.

Untuk masalah mata panda yang tidak disebabkan oleh kondisi medis serius, pada dasarnya hanya membutuhkan perawatan sederhana di rumah. Misal dengan mengaplikasikan kompres dingin, menggunakan irisan timun atau kantong teh celup.

Berikut cara menghilangkan mata panda selengkapnya:

1. Perbaiki Kualitas Tidur

tidur berkualitas menghilangkan mata panda

Tidurlah setiap malam 7-8 jam untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab mata panda

Tak peduli apapun cara yang dilakukan, semuanya akan sia-sia. Mata panda dan kantong mata yang kerap menyertai akan tetap hadir bila kualitas tidur tetap saja buruk. Jam tidur yang kurang dan kualitas tidur yang buruk memungkinkan terjadinya penumpukan cairan dan pelebaran pembuluh darah sekitar mata yang berujung pada timbulnya lingkar hitam.

Oleh karena itu, cara menghilangkan mata panda yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan memperbaiki kualitas tidur. Tidurlah dengan nyenyak di malam hari selama 7-8 jam. Posisi kepala pun usahakan lebih tinggi dari badan agar dapat mencegah retensi cairan di sekitar mata.

2. Aplikasikan Kompres Dingin

kompres dingin untuk menghilangkan mata panda

Hilangkan mata panda dengan kompres es, karena rasa dingin dapat meredakan peradangan dan memberikan kesegaran

Celupkan handuk kecil ke dalam semangkuk air es. Peras dan letakkan pada kedua mata yang tertutup dengan sedikit memberikan tekanan. Biarkan beberapa saat hingga handuk terasa cukup mengering. Angkat dan lakukan lagi cara yang sama berulang kali hingga mata terasa lebih segar.

3. Gunakan Irisan Mentimun

mentimun untuk menghilangkan mata panda

Irisan timun akan menghidrasi mata panda hingga menghilangkannya

Penggunaan irisan mentimun untuk menghilangkan mata panda sudah umum dilakukan. Hal ini tak lepas dari sifat hidrasi dan anti-inflamasi dari mentimun yang mampu melembabkan, menenangkan sekaligus mengembalikan elastisitas kulit.

Ambil beberapa potong irisan mentimun yang telah di simpan semalaman dalam kulkas. Dalam posisi berbaring, tempatkan masing-masing satu irisan mentimun di atas kedua mata. Diamkan beberapa saat dan gantilah dengan irisan timun yang baru bila sensasi dingin yang dirasakan telah berkurang.

4. Manfaatkan Kantong Teh Celup

kantung teh dapat menghilangkan kantung mata panda

Kandungan kafein dan antioksidan dalam kantung teh celup dapat menghilangkan mata panda

Tak sekedar nikmat saat diseruput, teh celup juga dapat menjadi solusi alternatif murah meriah dalam mengusir mata panda yang menyebalkan. Kandungan kafein dan antioksidan dalam teh dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi retensi cairan di sekitar kelopak mata.

Rendam 2 buah kantong teh celup ke dalam air panas selama 5 menit. Angkat dan dinginkan di dalam kulkas selama 15-20 menit. Setelah dingin, aplikasikan langsung pada kedua mata selama 20 menit. Bilas dengan air dingin sesudahnya. Lakukan metode ini secara rutin dua kali sehari, di pagi dan malam hari sebelum tidur.

5. Gunakan Sendok Beku

sendok dingin dapat menghilangkan mata panda

Hampir sama dengan kompres dingin, ini akan melancarkan aliran darah dan memberi kesegaran

Masukkan 2 pasang sendok berbahan dasar aluminium ke dalam freezer selama 30 menit. Keluarkan dan kompreskan bagian cembungnya pada kedua mata yang tertutup.

Tukar dengan satu pasang sendok lainnya bila suhu dingin sendok yang dipakai telah berkurang. Teknik pengompresan seperti ini diketahui mampu membantu melancarkan peredaran darah di sekitar mata dan membuat mata kembali menjadi segar.

6. Oleskan Krim Pencerah

krim pencerah kantung mata

Krim pencerah dapat diandalkan untuk mengusir kehitaman di sekitar mata

Perawatan dengan menggunakan krim pencerah yang mengandung retinol, hydroquinon, asam kojic maupun asam glikolat dapat menjadi solusi bagi masalah lingkar hitam yang dipicu oleh banyaknya melanin atau hiperpigmentasi. Lakukan perawatan ini berdasarkan anjuran dokter agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Bila beberapa metode di atas tak cukup berhasil untuk melenyapkan mata panda yang dialami, maka cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mengunjungi rumah sakit atau klinik kecantikan resmi dan terpercaya. Konsultasikan pada dokter ahli, ihwal penyebab apa yang mendasarinya.

Tindakan medis seperti terapi laser, chemical peeling, injeksi filler hingga bedah kantung mata (blepharoplasty) mungkin diperlukan untuk mengatasi lingkar hitam dan kantung mata yang cukup parah atau dilatarbelakangi oleh kondisi medis seperti masalah tiroid atau ginjal yang dapat menyebabkan retensi cairan.

SUMBER
#