Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Dan Aman

Bagi sebagian orang mengatasi sakit tenggorokan dirasa teramat sulit. Sakit tenggorokan merupakan suatu hal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gangguan kesehatan tersebut akan menyulitkan penderitanya ketika hendak berkomunikasi. Alhasil, pekerjaan serta aktivitas lainnya pun tidak akan dapat dilakukan secara maksimal. Sementara bagi anak-anak, sakit tenggorokan dapat membuatnya menjadi rewel atau menangis secara terus-menerus.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Dan Aman

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Cepat Dan Aman

Kondisi ini dipicu akibat rasa tidak nyaman pada bagian tenggorokan sehingga membuatnya serba salah, seperti tidak enak makan dan minum, tidak nyaman ketika tidur, dan lain sebagainya. Karenanya diperlukan cara khusus untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan cepat dan aman tanpa perlu khawatir akan menimbulkan efek samping akibat penerapan cara tersebut.

Sebab-sebab Sakit Tenggorokan

Bicara mengenai penyebab sakit tenggorokan pada manusia, maka hal yang paling masuk akal adalah diakibatkan oleh serangan virus atau bakteri. Virus atau bakteri yang menyerang sistem pernafasan atas manusia akan mengakibatkan peradangan pada tenggorokan. Inilah yang memicu timbulnya rasa sakit pada tenggorokan. Kondisi ini pada umumnya dialami oleh anak-anak dan remaja. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga bagi orang dewasa untuk terserang virus atau bakteri tersebut.

Gejala-Gejala Sakit Tenggorokan

Seringkali seseorang menganggap dirinya terserang sakit tenggorokan jika sudah merasa sakit saat menelan, baik makanan maupun minuman. Namun sebenarnya masih ada tanda-tanda lain yang dapat dikategorikan sebagai gejala sakit tenggorokan, diantaranya:

  1. Membesarnya kelenjar pada leher;
  2. Membengkaknya tonsil atau amandel akibat adanya peradangan;
  3. Sakit atau pusing kepala;
  4. Hidung beringus meskipun tidak dalam kondisi flu;
  5. Otot terasa nyeri;
  6. Batuk-batuk;
  7. Tenggorokan terasa gatal;
  8. Sakit saat menelan, baik makanan maupun minuman.

Jika gejala-gejala di atas terjadi pada diri anda, terutama jika hal itu terjadi dalam waktu yang lama, maka anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Hal ini untuk memastikan penyakit yang menjadi penyebab sakit tenggorokan tersebut. Memperhatikan adanya gejala-gejala di atas, tentu dirasa perlu untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan cara yang tepat tanpa menimbulkan resiko.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Pada umumnya sakit tenggorokan akan bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi tidak ada salahnya jika kita berusaha untuk mengobatinya. Hal ini untuk mempercepat proses penyembuhan sehingga sakit tersebut dapat segera reda.

  1. Madu

Siapa yang tidak kenal dengan khasiat madu? Sejak dahulu madu dipercaya memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh manusia, baik sebagai suplemen, menjaga kesehatan, kecantikan, dan juga untuk pengobatan. Salah satu manfaat yang cukup terkenal dari madu adalah sebagai obat untuk meredakan sakit tenggorokan. Madu memiliki sifat antijamur, antibakteri, danantivirus. Hal ini sangat baik untuk meredakan sakit pada tenggorokan.

Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan ½ sendok teh madu bersama dengan segelas air hangat. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari sampai sakit pada tenggorokan anda menjadi reda. Anda juga bisa menggunakan air yang telah dicampur dengan perasan jeruk lemon atau teh sebagai penambah rasa. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan madu dalam hal pengolahannya adalah gunakanlah air hangat atau air dingin agar nutrisi yang ada di dalam madu tidak rusak oleh suhu air yang terlalu panas.

Baca Juga : Tips Mengobati Flu untuk Ibu Hamil

 

    2. Cengkeh

Selama ini kebanyakan orang hanya memanfaatkan cengkeh sebagai salah satu bumbu masak atau untuk campuran tembakau saja. Padahal masih banyak manfaat yang bisa kita ambil dari cengkeh ini, salah satunya adalah untuk mengobati sakit tenggorokan. Di dalam cengkeh terkandung antiradang dan antibakteri yang sangat membantu untuk meredakan sakit pada tenggorokan. Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan 1/3 sendok teh cengkeh bubuk dengan Segelas air matang. Gunakan air tersebut untuk berkumur sampai tenggorokan menjadi lega kembali.

 

3. Jeruk Lemon

Seperti kita ketahui bersama bahwa begitu besar manfaat yang dikandung oleh jeruk lemon ini yang salah satunya adalah untuk meredakan sakit tenggorokan. Jeruk lemon memiliki kandungan astringen yang mampu untuk meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh perasan air jeruk lemon pada segelas air matang. Usahakan menggunakan air hangat agar proses pengeluaran dahak di dalam tenggorokan bisa lebih cepat. Konsumsilah ramuan tersebut 2 kali sehari sampai sakit tenggorokan anda benar-benar reda!

 

4. Teh Hangat

Selain dapat menghangatkan kondisi tubuh dan perut di pagi hari, teh hangat juga memiliki khasiat sebagai pereda rasa sakit pada tenggorokan. Hal itu karena teh sendiri memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang menjadi penyebab munculnya peradangan pada tenggorokan. Konsumsilah minuman teh dalam keadaan hangat setiap kali anda merasakan sakit pada tenggorokan! Upayakan sebisa mungkin untuk dapat mengurangi gula dalam larutan teh tersebut! Anda dapat menambahkan madu dan perasan lemon ke dalam teh tersebut sesuai selera. Kedua bahan ini memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai pereda sakit tenggorokan.

 

  5. Air garam

Selain sebagai bumbu masak yang utama, garam juga memiliki khasiat untuk menetralkan asam pada tenggorokan, meredakan rasa seperti terbakar pada tenggorokan, dan dapat pula digunakan untuk membantu penyembuhan masalah saluran pada tenggorokan. Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan ¼ sendok teh garam dengan segelas air hangat. Anda juga dapat menambahkan obat kumur untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada di mulut. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur sampai sakit tenggorokan anda reda!

 

6. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Air merupakan penawar yang paling murah dan mudah untuk meredakan sakit tenggorokan. Disamping dapat memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, konsumsi air putih antara 8 – 10 gelas perhari dapat membuat mukosa atau dinding tenggorokan menjadi selalu lembab. Selain itu, manfaat lain dari air putih adalah dapat membantu tubuh untuk melawan inffeksi dari kuman dan mengencerkan dahak yang ada di dalam tenggorokan. Dengan begitu, sakit tenggorokan pun dapat diatasi dengan baik.

Baca Juga : 16 Penyebab Badan Kurus dan Cara Mengatasinya

Langkah-langkah Pencegahan Sakit Tenggorokan

Beberapa lagkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit tenggorokan, diantaranya adalah :

  • Tidak merokok atau menghindari lingkungan yang berasap;
  • Hindari konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas karena hal itu dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan;
  • Mengkonsumsi air putih yang cukup, terutama saat kondisi tubuh sedang demam.

Meskipun pada dasarnya sakit tenggorokan dapat mereda dengan sendirinya, tapi terdapat beberapa indikator yang perlu diwaspadai yang mengharuskan anda harus untuk memeriksakan diri ke dokter. Indikator tersebut adalah sebagai berikut :

  • Sulit bernafas;
  • Sakit tenggorokan tidak segera sembuh setelah 1 minggu;
  • Nyeri sendi yang diikuti dengan sakit pada telinga;
  • Adanya benjolan pada leher;
  • Dahak bercampur dengan darah;
  • Susah untuk menelan;
  • Mulut terasa sulit untuk dibuka;
  • Demam tinggi yang mencapai 38,5°C;
  • Batuk dalam waktu yang lama.

Jika tanda-tanda di atas menyertai sakit tenggorokan yang anda alami, maka segeralah berkonsultasi kepada dokter karena ada kemungkinan sakit tersebut sebagai tanda adanya masalah pada tenggorokan! Seperti misalnya abses peritonsiler atau quinsy (pembengkakan bernanah antara langit-langit tenggorokan dengan tonsil, epiglottitis atau peradangan lipatan jaringan yang posisinya dibelakang tenggorokan) atau bisa juga karena adanya infeksi mononukleosis (infeksi yang disebabkan oleh virus Epstein Barr).

Oleh karenanya, untuk memastikan bahwa sakit yang anda derita tidak menimbulkan resiko yang lebih jauh, maka langkah yang paling tepat adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi sakit tenggorokan dengan mudah. semoga bermanfaat.

Yoga Winando
Oleh Salsabila