Beragam Manfaat Terong Bagi Kesehatan Tubuh

Jangan ragu makan terong, karena ada banyak manfaat terong yang luar biasa bagi tubuh.

Manfaat terong

Masyarakat Indonesia kerap mengonsumsi terong sebagai lalapan atau dimasak dengan menggunakan bumbu yang kuat juga pedas. Selain memiliki cita rasa dan tekstur daging yang khas, ternyata terong juga menawarkan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja itu? Berikut uraiannya.

Sekilas seputar terong dan kandungan gizi didalamnya

Terong (Solanum melongena) merupakan tanaman tahunan dari keluarga Solanaceae dan mulanya berasal dari anak benua India. Varietasnya sangat beragam dan bervariasi, baik dalam ukuran, bentuk maupun warna. Beberapa contohnya seperti terong ungu, terong bulat, terong telunjuk, terong belanda, terong putih, terong hijau dan lain sebagainya.

Meski umumnya dikenal sebagai sayuran, namun secara teknis terong adalah buah. Alasannya karena, terong tumbuh dari tanaman berbunga, memiliki banyak biji kecil didalamnya dan sekaligus tergolong sebagai beri-berian.

Terong kaya akan sejumlah nutrisi yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah nasunin, jenis antioksidan langka yang dapat ditemukan di semua varietas terong dan paling terkonsentrasi di bagian kulit terong. Itulah mengapa dianjurkan untuk mengonsumsi seluruh bagian terong, termasuk kulitnya.

Perhatikan tabel berikut untuk melihat lebih rinci seputar nutrisi yang terkandung dalam terong:

KandunganNilai GiziPersentase RDA
Energi24 Kkal1%
Karbohidrat5,7 g4%
Protein1 g2%
Lemak total0,19 g1%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan3,40 g9%
Vitamin
Folat22 mcg5,5%
Niasin0,649 mg4%
Asam Pantotenat0,281 mg6%
Piridoksin0,084 mg6,5%
Riboflavin0,037 mg3%
Tiamin0,039 mg3%
Vitamin A27 IU1%
Vitamin C2,2 mg3,5%
Vitamin E0,30 mg2%
Vitamin K3,5 mcg3%
Elektrolit
Sodium2 mg0%
Kalium230 mg5%
Mineral
Kalsium9 mg1%
Tembaga0,082 mg9%
Besi0,24 mg3%
Magnesium14 mg3,5%
Mangan0,250 mg11%
Seng0,16 mg1%

*RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Beragam manfaat terong bagi kesehatan tubuh

Manfaat terong

1. Kaya akan Antioksidan

Terong kaya akan beragam zat yang berperan sebagai antioksidan, salah satunya adalah nasunin. Senyawa ini memegang banyak peranan penting di dalam tubuh.

Diantaranya yakni, melindungi tubuh terhadap peroksidasi lipid, membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh, mengikat molekul pada zat logam beracun agar dapat dikeluarkan tubuh, membantu mencegah terjadinya kerusakan DNA dan membran sel akibat radikal bebas berlebih dan beragam fungsi penting lainnya.

2. Menurunkan Kolesterol

Berbagai studi menunjukkan bahwa, terong bermanfaat dalam menurunkan sekaligus menjaga kadar kolesterol normal yang sehat berkat kandungan fitonutrien didalamnya. Hal tersebut tentunya berdampak positif bagi kelancaran peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk jantung dan otak.

Baca juga: Rekomendasi Panduan & Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

3. Membantu Kontrol Gula Darah

Terong sangat cocok dinikmati oleh para penderita diabetes atau yang memiliki gula darah tinggi. Pasalnya, terong kaya akan serat yang dapat memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan polifenol yang dimilikinya juga berkhasiat dalam meningkatkan sekresi insulin.

4. Memerangi Sel Kanker

Terong dibekali dengan sejumlah senyawa yang berpotensi dalam memerangi sel kanker, salah satunya yakni solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs).

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa, senyawa tersebut dapat menyebabkan kematian sel kanker sekaligus dapat mengurangi risiko kekambuhan dari jenis kanker tertentu di masa depan. Senyawa solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs) juga terbukti sangat efektif dalam melawan kanker kulit saat diaplikasikan langsung ke kulit.

5. Menangkal Penurunan Fungsi Kognitif

Senyawa nasunin yang terkonsentrasi pada kulit terong berperan sebagai antioksidan kuat yang dapat melindungi membran sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, jenis antosianin lainnya yang terkandung dalam terong diketahui dapat memperlancar aliran darah ke otak dan mencegah terjadinya peradangan pada saraf.

Kesemua hal tersebut pada akhirnya memiliki dampak positif terhadap penurunan risiko terjadinya gangguan fungsi kognitif dan gangguan mental terkait dengan pertambahan usia.

Manfaat lain dan pengolahan yang tepat

Beberapa manfaat terong lainnya bagi kesehatan tubuh diantaranya yakni:

  • Menurunkan tekanan darah.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Membantu melindungi organ hati dari zat berbahaya.
  • Meningkatkan rasa kenyang dan mengontrol nafsu makan.

Untuk memetik dan memaksimalkan beragam manfaat tersebut, terong harus diolah dengan tepat. Pilihan terbaik yakni dengan memanggang atau mengukusnya. Bisa juga ditumis dengan minyak nabati sehat dan dipadukan dengan beragam rempah-rempah atau bumbu dapur lainnya untuk memperkaya cita rasa.

Mudah didapat, harga yang terjangkau dan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, lantas alasan apalagi yang membuat Anda ragu untuk mengonsumsinya?

SUMBER
#