Khasiat Terong Belanda yang Istimewa Bagi Kesehatan Tubuh

Tak sekedar menawarkan keunggulan dari rasanya yang menyegarkan, khasiat terong belanda ternyata tak kalah istimewa.

khasiat terong belanda bagi kesehatan

Terong belanda berbeda dari terong pada umumnya yang kerap disantap sebagai lalapan. Terong yang satu ini lebih sering dinikmati sebagai minuman penawar dahaga, yakni dalam bentuk jus ataupun sirup.

Meski sudah lazim dijumpai, namun mungkin belum banyak yang tahu apa saja kandungan gizi dan khasiat terong belanda ini. Maka dari itu, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah singkat dan kandungan terong belanda yang kaya gizi

Terong belanda (Solanum betaceum) adalah buah kecil berbentuk oval dengan tekstur daging buah yang juicy dengan rasa yang cenderung asam. Buah ini termasuk dalam anggota Solanaceae atau suku terong-terongan.

Terong belanda diperkirakan berasal dari hutan Andes di Brasil dan Peru. Kemudian dibudidayakan menjadi tanaman komersial di Selandia Baru pada 1800-an dan diekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Uni Eropa. Di selandia baru ini pulalah terong belanda berganti nama dari tree tomato menjadi tamarillo.

Sedang di Indonesia sendiri, nama ‘Belanda’ disematkan lantaran memang pada awalnya buah ini dibawa oleh tentara Belanda, tepatnya pada tahun 1941. Lantas setelahnya dibudidayakan pertama kali oleh orang Indonesia di daerah Bogor.

Buah ini kaya akan sejumlah nutrisi yang membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selengkapnya perhatikan tabel berikut:

KandunganNilai GiziPersentase RDA
Energi31 Kkal1,5%
Karbohidrat3,8 g3%
Protein2 g4%
Lemak total0,36 g1,5%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan3,3 g9%
Vitamin
Folat4 mcg1%
Niasin0,271 mg1,5%
Piridoksin0,198 mg15%
Tiamin0,043 mg3,5%
Vitamin A630 IU (189,17 mcg)21%
Vitamin C29,8 mg50%
Vitamin E2,09 mg14%
Elektrolit
Sodium1,44 mg<1%
Kalium321 mg7%
Mineral
Kalsium10,7 mg1%
Tembaga0,051 mg5,5%
Besi0,57 mg7%
Magnesium20,6 mg5%
Mangan114 mcg5%
Fosfor38,9 mg5,5%
Selenium0,1 mcg<1%
Seng0,15 mg1%
Fitonutrien
Karoten-ß600 mcg
Karoten-α10 mcg
Cryptoxanthin1059 mcg
Likopen0 mcg

*RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Inilah beragam khasiat terong belanda yang begitu istimewa

1. Menjaga Kesehatan Kulit

manfaat terong pada kulit aladokter

Kandungan vitamin C di dalam terong belanda tergolong tinggi, yakni 29,8 mg/100 gram atau mampu memenuhi sekitar 50% dari asupan harian vitamin C yang disarankan. Vitamin C sendiri merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk menghasilkan kolagen – sejenis protein yang berperan besar bagi kesehatan kulit.

Kehadiran kolagen yang cukup di dalam tubuh menjamin kulit agar tetap lembap dan elastis. Namun seiring berjalannya waktu dan gaya hidup tidak sehat, produksinya pun akan semakin berkurang. Karena itu diperlukan asupan makanan yang dapat memicu produksinya kembali. Salah satunya dengan konsumsi terong belanda yang kaya vitamin C dan A.

2. Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

manfaat terong belanda untuk jantung sehat aladokter

Terong belanda mengandung proporsi serat larut, protein, pati, antoisanin, dan karotenoid yang baik. Antosianin dan karotenoid khususnya sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena berperan dalam meningkatkan sensitivitas insulin pada otot, hati dan adiposa serta menghambat pelepasan sitokin pro-inflamasi seperti protein C-reaktif.

3. Baik bagi Kesehatan Mata

manfaat terong pada MATA aladokter

Selain vitamin C, terong belanda juga kaya akan vitamin A yang bersifat antioksidan dan sangat dibutuhkan untuk melindungi kesehatan mata dari faktor-faktor eksternal maupun internal yang merusak.

Dengan mencukupi kebutuhan vitamin A secara teratur melalui konsumsi makanan sehat sehari-hari – termasuk terong belanda, akan dapat mencegah terjadinya gangguan mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

manfaat terong pada tekanan darah aladokter

Terong belanda dibekali dengan kandungan kalium dalam jumlah cukup. Kalium memiliki peran vital dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengendalikan tekanan darah.

Bersama dengan magnesium juga serat, kalium berfungsi dalam membantu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur fungsi sistem kardiovaskular.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

manfaat terong pada metabolisme aladokter

Khasiat terong belanda semakin lengkap berkat kehadiran vitamin B kompleks didalamnya. Satu diantaranya yakni vitamin B-6 atau piridkosin. Vitamin ini berperan penting dalam proses produksi sel darah merah, membantu memecah protein dan meningkatkan metabolisme tubuh, menguatkan fungsi otak serta memperbaiki mood yang memburuk.

Itulah sedikit uraian seputar khasiat dan berbagai kandungan terong belanda. Bila ingin menikmatinya dengan cara beda dan memperbesar manfaatnya bagi kesehatan, sajikan terong belanda dalam bentuk salad bersama dengan sayuran dan buah-buahan lainnya. Sebagai dressing, gunakan minyak zaitun, madu atau saus mustard.

SUMBER
#