Tips Menghilangkan Batuk Pilek Dalam Sehari

Lenyapkan berbagai gejala yang mengganggu dengan berbagai tips menghilangkan batuk pilek  dalam sehari.

Tips menghilangkan batuk pilek dalam sehari

Anomali cuaca dan kondisi tubuh yang sedang tidak fit menjadi kombinasi pas bagi sejumlah virus untuk menyerang. Salah satunya yang paling umum adalah virus penyebab batuk pilek (common cold). Penyakit ini memang terbilang ringan, namun cukup menjengkelkan lantaran ketidaknyamanan dari gejala yang ditimbulkannya.

Meski menjengkelkan, sebenarnya gejala yang timbul tersebut merupakan bagian dari proses penyembuhan alami tubuh – bukti bahwa sistem imun sedang berjuang melawan virus yang menginfeksi. Ada sejumlah kiat untuk semakin memperkuat sistem imun agar dapat menyingkirkan virus penyebab dalam 24 jam. Apa saja itu? Berikut uraiannya.

Praktikkan tips menghilangkan batuk pilek dalam sehari ini

Tips menghilangkan batuk pilek dalam sehari

1. Perbanyak Asupan Cairan

Penting untuk memperbanyak asupan cairan saat sedang mengalami flu ataupun batuk pilek. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sekaligus untuk mengencerkan lendir agar hidung tidak tersumbat.

Minum air putih yang utama, pilihan lainnya dapat berupa jus buah segar, air lemon hangat dengan madu, jahe hangat, sup kaldu dan lainnya. Hindari dahulu konsumsi minuman berkafein, dan bersoda karena dapat memicu dehidrasi dan kesulitan tidur. Untuk minuman beralkohol harus ditinggalkan sama sekali baik saat sehat terlebih ketika sakit.

2. Berkumur dengan Air Garam

Campurkan 1 sdt garam dengan segelas air putih hangat, lalu berkumurlah dengan teknik gargle (berkumur hingga rongga tenggorokan) selama beberapa detik. Muntahkan dan ulangi lagi hingga larutan garam tersebut habis. Cara ini efektif untuk meredakan iritasi dan mengurangi rasa gatal di saluran napas yang memicu batuk.

3. Cuci Hidung dengan Cairan Salin

Tindakan irigasi nasal atau mencuci hidung memiliki sejumlah manfaat, terutama untuk mengatasi hidung tersumbat dan membersihkan berbagai partikel maupun virus dari dalam hidung sehingga gejala pilek yang dirasakan dapat segera membaik.

Caranya cukup mudah, pertama siapkan cairan salin dan spuit atau suntikan tanpa jarum yang dapat diperoleh di apotek. Lalu, tuang cairan salin ke dalam wadah lalu sedot dengan spuit. Terakhir, semprotkan spuit ke dalam kedua lubang hidung secara bergantian. Ulangi beberapa kali hingga hidung terasa lega.

Dahak atau ingus yang meler harus dibuang jangan dihirup atau ditelan kembali. Tutup satu lubang hidung lalu denguskan secara perlahan. Lakukan hal serupa pada lubang hidung lainnya.

4. Semburkan Uap Hangat ke Wajah

Menghirup atau menyemburkan uap hangat ke wajah dapat membantu melembapkan tenggorokan sekaligus melonggarkan kemacetan di saluran pernapasan. Siapkan baskom berisi air panas, lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak esensial. Tutup kepala dengan handuk dan hirup uapnya dari jarak aman selama beberapa menit.

Tambahan lainnya untuk membuat tubuh jauh lebih rileks dan mudah beristirahat yakni, dengan berendam atau mandi air hangat. Guyurkan air hangat ke seluruh tubuh, baik di pagi maupun sore hari.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Tips menghilangkan batuk pilek dalam sehari berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan bergizi tinggi, terutama sayuran, buah-buahan tinggi vitamin C dan protein – baik protein hewani atau nabati.

Meski terkadang nafsu makan menurun saat sakit, namun ingat bahwa sel-sel imunitas tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar dapat bekerja optimal dalam melawan penyakit atau sel asing seperti virus dan bakteri. Batasi atau tinggalkan konsumsi berbagai makanan olahan tidak sehat yang tinggi akan lemak trans.

6. Konsumsi Obat Bebas di Apotek

Untuk meredakan demam dan nyeri gunakan paracetamol, hidung tersumbat manfaatkan dekongestan dan antihistamin, suplemen zinc dan vitamin C untuk membantu memperkuat sistem imun dan obat batuk ekspektoran untuk batuk berdahak.

Namun demikian, jangan membiasakan minum obat-obatan seperti ini saat terkena flu atau batuk pilek, terlebih pada anak-anak. Pasalnya, terlalu sering mengonsumsi obat flu atau batuk pilek bebas seperti ini justru dapat melemahkan sistem imun dan menimbulkan masalah baru.

7. Tidur Secukupnya

Saat sedang sakit, tubuh tentu akan bekerja keras untuk melawan infeksi yang menyerang sehingga energi yang dibutuhkan pun lebih banyak daripada biasanya. Jadi, selain konsumsi makanan bergizi, prioritaskan lebih banyak waktu untuk tidur atau istirahat. Hindari keramaian guna mencegah penularan penyakit batuk pilek yang begitu cepat.

Pastikan untuk mendapatkan waktu tidur di siang hari dan pergilah tidur lebih awal di malam hari. Tidurlah di kamar yang sejuk dan bebas dari kontaminasi asap rokok atau bau-bauan lainnya. Tempatkan bantal tambahan di bawah kepala untuk membantu melancarkan saluran hidung yang tersumbat selama tidur.

Pada intinya, saat penyakit batuk pilek menyerang yang dibutuhkan tubuh utamanya hanyalah istirahat dan asupan makanan bergizi. Di tambah dengan pengobatan rumahan atau herbal seperti berkumur dengan air garam dan minum madu. Jangan biasakan diri bermudah-mudahan dalam mengonsumsi obat flu atau batuk pilek yang dijual bebas.

Pada penderita gangguan imun atau memiliki sistem imun yang lemah, terkadang batuk pilek dapat berkembang menjadi cukup parah dan menimbulkan komplikasi seperti sinusitis, pneumonia, infeksi telinga dan bronkitis. Jadi, segera periksakan diri ke dokter bila kondisi batuk pilek yang dialami tak kunjung membaik atau justru bertambah parah meski sudah lewat dari seminggu.

SUMBER
#