Rekomendasi Makanan untuk Mata Sehat Hingga Tua

Konsumsi secara rutin makanan untuk mata sehat berikut agar penglihatan tetap tajam hingga tua.

makanan untuk mata sehat

Memiliki penglihatan yang sehat dan tajam meski telah memasuki usia senja tentu menjadi keinginan setiap orang. Dengan mata yang sehat kita dapat terus memandangi lukisan alam yang begitu indah hingga polosnya wajah anak maupun cucu yang kelak hadir di tengah-tengah keluarga.

Mempertahankan pola makan yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk mewujudkannya. Namun demikian, ada sejumlah makanan yang diketahui memiliki manfaat lebih dalam menjaga kesehatan mata. Makanan ini adalah jenis makanan yang tinggi akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, zinc dan asam lemak omega-3.

Inilah makanan untuk mata sehat yang dapat dikonsumsi secara rutin

1. Wortel

makanan untuk mata sehat

Wortel kaya akan vitamin A & beta-karoten yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi normal dari kornea dan selaput yang mengelilingi mata serta untuk membentuk rhodopsin

Wortel kaya akan vitamin A dan prekusornya yakni, beta-karoten. Keduanya sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi normal dari kornea dan selaput yang mengelilingi mata serta untuk membentuk rhodopsin -pigmen yang bertanggung jawab penuh terhadap persepsi cahaya.

Wortel dapat dikonsumsi dalam bentuk sayuran, salad atau di jus dengan menambahkan sayuran atau buah-buahan lain sesuai selera. Namun, jangan menambahkan gula ke dalam jus wortel yang akan diminum. Lebih baik gunakan madu jika memang ingin mendapatkan sedikit rasa manis.

2. Ikan Berlemak

makanan untuk mata sehat

Ikan berlemak seperti salmon mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata

Ikan berlemak seperti salmon mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, termasuk diantaranya untuk membantu mencegah masalah mata kering dan degenerasi makula yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan bahkan kebutaan. Untuk manfaat terbaik, hindari memasak ikan berlemak dengan cara digoreng.

3. Telur

makanan untuk mata sehat

Telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin dan seng yang kesemuanya penting untuk kesehatan mata

Terlepas dari banyaknya mitos yang mengatakan bahwa kuning telur dapat meningkatkan kolesterol, nyatanya tak menyurutkan minat banyak orang untuk terus mengonsumsinya. Faktanya, telur merupakan salah satu sumber makanan bergizi tinggi.

Didalamnya – terutama bagian kuning telur, terkandung vitamin A, lutein, zeaxanthin dan seng yang kesemuanya penting untuk kesehatan mata. Cara paling baik dalam mengolah telur sebagai makanan adalah dengan merebusnya atau di orak-arik dengan sedikit minyak zaitun.

4. Kacang-Kacangan

makanan untuk mata sehat

Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin E dan asam alfa-linolenat yang dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula terkait usia serta katarak

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari, hazelnut ataupun kacang tanah tergolong juga sebagai makanan untuk mata sehat. Konsumsinya setiap hari diketahui dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula terkait usia serta katarak. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung banyak vitamin E dan asam alfa-linolenat – dua nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

5. Buah yang Tinggi Vitamin C

makanan untuk mata sehat

Buah-buahan tinggi vitamin C dibutuhkan tubuh dalam memelihara sekaligus memperbaiki jaringan ikat & pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk di area mata

Jeruk, jambu biji, pepaya dan kiwi adalah beberapa contoh dari buah-buahan yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Vitamin C sendiri berperan penting sebagai antioksidan yang dibutuhkan tubuh dalam memelihara sekaligus memperbaiki jaringan ikat dan  pembuluh darah di seluruh tubuh, tak terkecuali di area mata.

Baca juga: Daftar Buah dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi

6. Ubi Jalar Kuning

makanan untuk mata sehat

Ubi jalar kuning kaya akan vitamin A, beta-karoten, kalium juga serat yang mendukung penuh kesehatan mata

Seperti halnya wortel, ubi jalar kuning juga kaya akan vitamin A, beta-karoten, kalium juga serat yang mendukung penuh kesehatan mata. Rasanya yang manis dipadu dengan tekstur dagingnya yang legit menjadi nilai tambah disamping manfaat yang ditawarkannya.

7. Tiram

makanan untuk mata sehat

Tiram tinggi akan kandungan zinc atau seng yang memainkan peran penting dalam terbentuknya pigmen melanin di mata

Alasan tiram tergolong sebagai salah satu makanan untuk mata sehat dikarenakan salah satu jenis hidangan laut ini memiliki kandungan zinc atau seng yang sangat tinggi, bahkan melebihi daging sapi maupun kambing.

Zinc (seng) adalah jenis mineral jejak yang memainkan peran penting dalam mengantarkan vitamin A dari hati menuju ke retina untuk menghasilkan melanin – pigmen pelindung alami yang juga terdapat di kulit dan rambut. Defisiensi zinc terkait erat dengan sejumlah masalah kesehatan seperti rabun senja, katarak, alopecia hingga kerentanan terhadap berbagai infeksi.

8. Sayuran Hijau

makanan untuk mata sehat

Konsumsi sayuran hijau secara rutin terbukti dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan di mata seperti mata kering, degenerasi makula & katarak.

Konsumsi sayuran hijau seperti bayam atau brokoli secara rutin terbukti dapat menjaga kesehatan mata sekaligus menurunkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan di mata seperti mata kering, degenerasi makula dan katarak.

Manfaat ini hadir berkat kombinasi senyawa antioksidan yang terdapat dalam sayuran hijau, seperti vitamin A (lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten), vitamin C dan vitamin E yang senantiasa melindungi sel-sel di mata dari efek buruk radikal bebas.

Itulah beberapa jenis makanan untuk mata sehat yang dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari. Namun khusus pada tiram, cukup dikonsumsi sesekali waktu saja, mengingat kandungan merkuri didalamnya juga cukup tinggi.

SUMBER
#