sp troches obat sakit tenggorokan

SP Troches obat apa?

SP Troches adalah obat berbentuk tablet hisap yang digunakan untuk mengobati sariawan, radang tenggorokan serta infeksi bakteri atau jamur lainnya pada mulut dan tenggorokan. Obat ini bekerja membasmi bakteri dan jamur yang menginfeksi sehingga mempercepat penyembuhan lesi dan peradangan pada mulut dan tenggorokan.

SP Troches mengandung bahan aktif dequalinium klorida, senyawa anti-infeksi yang dapat membasmi bakteri gram positif dan negatif, jamur, protozoa serta khamir. Ketahui lebih lengkap tentang manfaat, dosis umum, efek samping, kontraindikasi, serta keamanan obat ini jika digunakan oleh ibu hamil dan menyusui serta kemungkinan interaksinya dengan obat lain.

Ringkasan Obat SP Troches

Jenis obatAntiseptik mulut dan tenggorokan
GolonganObat bebas
KandunganDequalinium Chloride: 0,25 mg per tablet hisap
KegunaanMengatasi infeksi bakteri dan jamur pada rongga mulut dan tenggorokan
KonsumenDewasa dan anak-anak
KehamilanKategori N
ProdusenMeiji Indonesia
HargaRp. 7.500 – 9.000 per pak isi 12 tablet hisap

Cara Kerja dan Fungsi Obat SP Troches

Fungsi SP Troches pada mulut dan tenggorokan adalah sebagai agen anti-infeksi ringan , mulai dari infeksi bakteri gram positif maupun negatif, jamur, protozoa serta khamir. Manfaat itu didapat dari kandungan bahan aktifnya yang berupa dequalinium chloride.

Dequalinium chloride senyawa turunan quinolinium dengan efek anti infeksi spektrum luas yang dapat membasmi bakteri gram negatif serta gram positif, termasuk juga untuk jamur, khamir dan protozoa. Senyawa ini dapat meningkatkan permeabilitas sel dan mereduksi aktivitas enzimatiknya yang kemudian menyebabkan kematian sel bakteri ataupun jamur.

Indikasi dan Kegunaan SP Troches

SP Troches digunakan untuk mengatasi infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan yang dipicu oleh bakteri dan jamur seperti pada beberapa penyakit berikut ini:

  • Sariawan.
  • Faringitis.
  • Tonsilitis.
  • Radang tenggorokan.
  • Stomatitis.
  • Pencegahan infeksi setelah ekstraksi gigi.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang dengan riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap dequalinium.
  • Anak-anak di bawah 6 tahun.

Dosis SP Troches dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis SP Troches untuk mengatasi infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan

  • Dosis dewasa: 1 tablet hisap per dosis, setiap 2 – 3 jam sekali. Sehari maksimal 8 tablet hisap.
  • Dosis anak-anak: umur di atas 10 tahun sama dengan dosis dewasa.

Aturan pakai:

  • Gunakanlah obat ini dengan menghisapnya seperti permen, obat ini didesain mudah larut dalam mulut sehingga tidak perlu di kunyah.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama misalkan 2 atau 3 jam sekali untuk memudahkan.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa. Tidak boleh menggandakan dosis SP Troches pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping SP Troches

SP Troches umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun demikian, beberapa efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan. Efek samping SP Troches meliputi:

  • Rasa sakit pada lidah.
  • Rasa tidak nyaman di tenggorokan dan mulut.

Efek samping umumnya sementara dan hilang setelah penggunaan obat, jika reaksi terus berlanjut segera hubungi dokter atau unit kesehatan terdekat.

Efek Overdosis SP Troches

Belum diketahui adanya efek overdosis penggunaan obat ini pada manusia. Namun pengujian di laboratorium terhadap bahan aktif obat ini menunjukkan LD50 dari sediaan oral obat ini untuk percobaan pada tikus adalah 300 mg/kg berat badan tikus. Reaksi yang timbul berupa reaksi lokal pada permukaan mukosa mulut dan tenggorokan yang terpapar obat ini.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat mengonsumsi obat dengan kandungan dequalinium.
  • Hati-hati penggunaan pada ibu hamil, penggunaan pada anak-anak umur kurang dari 10 tahun sebaiknya hanya jika disarankan oleh dokter.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah SP Troches untuk ibu hamil?

Bahan aktif SP Troches belum dikategorikan dalam jenis tertentu atau kategori N untuk ibu hamil. Oleh karena itu penggunaan obat ini sebaiknya berhati hati atau hanya jika disarankan oleh dokter Anda.

Bolehkah SP Troches untuk ibu menyusui?

Belum diketahui apakah bahan aktif SP Troches dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui. Oleh karena itu penggunaan obat ini selama masa menyusui sebaiknya berhati-hati atau hanya jika disarankan oleh dokter Anda.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan SP Troches bersamaan dengan obat lain, terutama obat-obatan herbal yang dikonsumsi tanpa resep dan dosis yang jelas. Interaksi dapat terjadi antara SP Troches dengan obat-obatan yang bekerja pada permukaan mukosa mulut dan tenggorokan.