Simvastatin adalah obat golongan statin yang dapat membantu mengatur kadar lipid dalam tubuh. Obat ini berguna untuk menurunkan jumlah kolesterol yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. namun demikian jumlah kolesterol dan jenis kolesterol yang dikonsumsi harus diperhatikan.

Kolesterol dalam bentuk LDL (low density lipid), yang juga disebut sebagai kolesterol jahat, dapat berakibat buruk bagi tubuh karena ukurannya yang relatif besar sehingga apabila jumlahnya berlebih dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan tersebut dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung koroner, hingga serangan stroke.

Simvastatin membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah dengan menghambat proses sintesis kolesterol (LDL) oleh tubuh. Oleh karena itu obat ini juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung koroner terutama pada penderita lanjut usia. Kelompok obat statin ini diketahui paling efektif dalam mengurangi kadar LDL dalam darah.

Sekilas Tentang Obat Simvastatin

Jenis obatStatin
GolonganObat resep
KegunaanMenurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi resiko penyakit jantung koroner
Dikonsumsi olehDewasa
Bentuk obatTablet 10 mg dan 20 mg
Merek dagangCholestat, Detrovel, Esvat, Ethicol, Lesvatin, Lipinorm, Mersivas, Mevastin, Normofat, Phalol, Pontizoc, Prschol, Rechol, Rendapid, Rocoz, Selvim, Simbado, Simchol, Simcor, Simvaschol, Sinova, Statkoles, Valansim, Valemia, Vaster, Vidastat, Yosenob, dan Zovast.


simvastatin

Mekanisme Kerja Simvastatin

Simvastatin adalah obat yang membantu mengatur jumlah lipid dalam tubuh. Obat ini berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah atau yang dikenal sebagai low density lipid (LDL) yang apabila jumlahnya berlebih dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung koroner.

Cara kerja utama simvastatin adalah dengan mengurangi jumlah produksi LDL oleh tubuh. Simvastatin bekerja dengan menghambat aktivitas enzim HMG-CoA reductase (3-hydroxy-3-methylglutaryl coenzyme A reductase). HMG-CoA reductase adalah enzim yang bertanggung jawab dalam proses sintesis LDL dalam tubuh. Dengan menghambat kinerja enzim ini maka produksi LDL dalam tubuh akan berkurang sehingga jumlah LDL dalam darah juga akan menurun.

Indikasi dan Kegunaan

Simvastatin obat apa? Sesuai dengan mekanisme kerjanya, maka obat simvastatin biasanya digunakan untuk:

Kontraindikasi

Harap perhatikan! Tidak semua orang aman menggunakan simvastatin, ada beberapa kondisi orang yang tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi obat ini, diantaranya adalah:

Dosis Simvastatin dan Cara Pemakaian

Simvastatin tersedia dalam bentuk tablet simvastatin 10 mg dan 20 mg. Dosis yang dianjurkan adalah:

Efek Samping Simvastatin

Seperti halnya dengan obat-obat lainnya, simvastatin juga berpotensi menyebabkan efek samping. Efek samping yang umum terjadi diantaranya:

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat simvastatin ini, perhatikan hal-hal berikut: