nutriflam kapsul

Nutriflam obat apa?

Nutriflam adalah obat yang digunakan untuk meredakan peradangan dan nyeri, terutama pasca operasi. Obat ini juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, meredakan peradangan dan nyeri pada sendi serta melegakan saluran napas dengan mengurangi peradangan dan mengencerkan sekresi berlebih pada saluran napas.

Obat ini mengandung serratiopeptidase yang bermanfaat mengatasi peradangan dan meredakan nyeri. Ada juga pancreatin, enzim yang mampu menghidrolisis lemak menjadi gliserol dan asam lemak, memecah protein dan tepung sehingga bermanfaat untuk mempercepat kerja serratiopeptidase serta juga dapat melancarkan pencernaan. Selain itu obat ini juga mengandung lecithin yang dapat membantu mengemulsi lemak di pembuluh darah, sehingga dapat memperlancar peredaran darah dan mempercepat penyembuhan radang.

Ringkasan Obat Nutriflam

KandunganSerratiopeptidase 5 mg, Pancreatin 25 mg, Lecithin 100 mg
Jenis obatSuplemen makanan
KategoriObat bebas
KegunaanMembantu meredakan peradangan/inflamasi pada sendi, pasca operasi, serta meredakan peradangan pada saluran pernapasan dan melancarkan pencernaan
KonsumenDewasa
KehamilanKategori N (hindari)
ProdusenTropica Mas Pharmaceutical
HargaRp. 9.000 – 10.000 per kapsul, pers strip isi 6 kapsul, per box isi 10 strip

Cara Kerja dan Fungsi Obat Nutriflam

Fungsi Nutriflam dalam tubuh adalah sebagai suplemen makanan yang bermanfaat meredakan nyeri dan peradangan seperti pada sendi atau pasca oparasi, juga bermanfaat mengurangi peradangan di saluran pernapasan serta melancarkan pencernaan. Manfaat ini didapat dari bahan aktifnya yang berupa:

  • Serratiopeptidase, adalah enzim proteolitik yang bermanfaat mengurangi nyeri dan peradangan sehingga dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan pada sendi serta seperti peradangan pada saluran pernapasan.
  • Pancreatin, adalah enzim yang secara alami dihasilkan oleh pankreas berupa enzim lipase, amilase dan pankreas. Enzim proteolitik ini dapat bersinergi dengan serratiopeptidase dalam memecah rantai panjang molekul protein menjadi lebih sederhana sehingga juga dapat membantu melancarkan pencernaan.
  • Lecithin, merupakan senyawa yang digunakan sebagai pengemulsi (menyatukan lemak dan air) sehingga dapat membantu mempercepat metabolisme lemak dan kolesterol, terutama pada pembuluh darah. Akibatnya peredaran darah jadi lebih lancar dan membantu mempercepat penyembuhan radang.

Indikasi dan KegunaanNutriflam

Nutriflam digunakan untuk meredakan peradangan dan nyeri pada persendian, melancarkan pencernaan serta mempercepat metabolisme lamak dan kolesterol sehingga dapat membersihkan pembuluh darah. Oleh karena itu obat ini sering diresepkan untuk:

  • Mengurangi peradangan dan nyeri pasca operasi.
  • Melancarkan pencernaan.
  • Mengurangi nyeri dan peradangan pada persendian.
  • Mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan membantu mengeluarkan dahak.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap salah satu bahan aktif obat ini tidak boleh mengonsumsinya.

Dosis Nutriflam dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis Nutriflam untuk meredakan peradangan dan nyeri

  • Dosis dewasa: 1 – 2 kapsul 3 kali sehari.

Aturan pakai:

  • Gunakanlah obat ini setelah atau bersamaan dengan makan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Nutriflam pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Nutriflam

Nutriflam umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun demikian, ada efek samping yang perlu diperhatikan. Efek samping Nutriflam meliputi:

  • Kandungan pancreatin pada obat ini berpotensi menyebabkan mual, muntah dan diare, iritasi mulut atau reaksi alergi.
  • Jika muncul reaksi alergi seperti pembengkakan pada wajah, bibir, mata, maka segera hentikan penggunaan obat dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Efek Overdosis Nutriflam

Penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran dapat menyebabkan overdosis. Gejala overdosis Nutriflam dapat berupa gangguan pencernaan akut, diare, nyeri perut, serta naiknya kadar asam urat. Jika kondisi ini terjadi segera melapor ke dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat mengonsumsi obat dengan bahan aktif yang sama dengan nutriflam.
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada penderita gangguan fungsi ginjal dan ibu hamil.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Nutriflam untuk ibu hamil?

Bahan aktif Nutriflam belum diketahui apakah berpengaruh terhadap janin selama kehamilan ataukah tidak. Oleh karena itu penggunaan obat ini selama masa kehamilan sebaiknya berhati-hati dan bila perlu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

Bolehkah Nutriflam untuk ibu menyusui?

Belum diketahui apakah bahan aktif Nutriflam dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui dan berisiko untuk kesehatan bayi yang menyusu. Oleh karena itu, sebaiknya berhati hati jika ingin menggunakan obat ini selama masa menyusui.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan Nutriflam bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara Nutriflam dengan obat-obat berikut:

  • Suplemen asam folat, pancreatin pada Nutriflam dapat mengganggu penyerapan suplemen asam folat.
  • Acarbose, pancreatin dapat bersifat antagonis terhadap efek hipoglikemik dari acarbose.