L Bio kapsul dan granula

L Bio obat apa?

L Bio adalah suplemen makanan mengandung probiotik (kultur bakteri hidup) yang baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Suplemen ini tersedia dalam bentuk kapsul serta granul yang dikemas dalam sachet dan dapat diberikan untuk anak-anak maupun dewasa.

L Bio mengandung bahan aktif berupa pati beras dan maltodextrin yang dijadikan media kultur bakteri Bifidobacterium lactis, Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei, Lactobacillus salivarius, Lactococcus lactis. Beberapa jenis bakteri asam laktat ini dapat membantu memulihkan keseimbangan mikroorganisme dalam saluran cerna sehingga membantu meredakan diare, dispepsia, konstipasi, atau masalah pencernaan akibat penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama.

Ringkasan Obat L Bio

KandunganKapsul: Rice Starch, Maltodextrin, Strain bakteri > 10^8 CFU (Bifidobacterium Lactis W51, Bifidobacterium Lactis W55, Lactobacillus acidophilus W55, Lactobacillus Casei W56, Lactobacillus Salivarius W57 & Lactococcus Lactis W58); Granul: Rice Starch, Maltodextrin, Strain bakteri > 10^9 CFU (Bifidobacterium Lactis W51, Bifidobacterium Lactis W55, Lactobacillus acidophilus W55, Lactobacillus Casei W56, Lactobacillus Salivarius W57 & Lactococcus Lactis W58)
Jenis obatAntidiare, probiotik
KategoriObat bebas
KegunaanKegunaannya apa?
KonsumenDewasa dan anak-anak
KehamilanKategori N (boleh)
ProdusenLAPI Laboratories
HargaRp. 8.000 – 10.000 per sachet, per box isi 30 sachet; Rp. 130.000 – 140.000 per botol isi 15 kapsul, per box isi 2 botol

Cara Kerja dan Fungsi Obat L Bio

Fungsi L Bio dalam tubuh adalah sebagai penyeimbang flora usus atau mikroorganisme yang hidup dan berkembang biak di saluran cerna yang membantu fungsi normal pencernaan. Suplemen ini mengandung beberapa jenis strain bakteri asam laktat yang baik untuk pencernaan seperti Bifidobacterium lactis, Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei, Lactobacillus salivarius, dan Lactococcus lactis.

Bakteri-bakteri asam laktat ini nantinya akan membantu fermentasi karbohidrat menjadi asam laktat, membantu mengurangi lonjakan pertumbuhan mikroorganisme patogen sehingga dapat meredakan diare, diare akibat laktosa, atau mengatasi diare yang dipicu penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama.

Indikasi dan Kegunaan L Bio

L Bio digunakan untuk membantu menjaga keseimbangan mikroorganisme/flora di saluran pencernaan dan mengatasi diare, diare akibat laktosa, peradangan usus, serta diarea yang dipicu penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap probiotik dari jenis bakteri asam laktat.

Dosis L Bio dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis L Bio untuk menjaga kesehatan pencernaan

  • Dosis dewasa: 1 kapsul, 1 – 3 kali sehari.
  • Dosis anak-anak:
    • Umur lebih dari 2 tahun: dalam sediaan granul, 2 – 3 sachet (1 gr) per hari.
    • Umur 1 – 2 tahun: dalam sediaan granul, 1 – 2 sacher per hari.

Aturan pakai:

  • Gunakanlah obat ini setelah atau sebelum makan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis L Bio pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping L Bio

L Bio ditoleransi baik oleh tubuh. Namun demikian, ada efek samping yang juga perlu diperhatikan. Efek samping L Bio meliputi:

  • Perut kembung.
  • Cegukan.
  • Rasa tidak nyaman di pencernaan.

Efek Overdosis L Bio

Belum ada data yang menunjukkan kejadian overdosis L Bio. Namun penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran mungkin menyebabkan efek overdosis. Gejala overdosis L Bio dapat berupa nyeri pencernaan, kembung akibat produksi gas pencernaan tinggi, atau mual dan muntah. Jika kondisi ini terjadi segera melapor ke dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat mengonsumsi suplemen probiotik.
  • Hati-hati penggunaan suplemen ini pada penderita gangguan fungsi imun atau mereka yang intoleransi terhadap probiotik, serta penderita infeksi sistemik bakteri atau fungi.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah L Bio untuk ibu hamil?

Efek Probiotik pada ibu hamil belum banyak diteliti sehingga belum diketahui secara detail apakah probiotik dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan, keguguran atau malformasi janin ataukah tidak. Namun fakta bahwa penyerapan probiotik di saluran cerna sangat kecil atau tidak terserap secara sistemik maka probiotik dianggap cukup aman untuk digunakan selama kehamilan.

Bolehkah L Bio untuk ibu menyusui?

Suplemen probiotik diketahui jarang sekali terserap secara sistemik saat digunakan pada tubuh yang sehat sehingga tidak dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui. Oleh karena itu penggunaan suplemen probiotik dianggap cukup aman dikonsumsi selama masa menyusui.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan L Bio bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara L Bio dengan obat-obat berikut:

  • Antibiotik, menurunkan efektivitas probiotik di pencernaan.
  • Sulfazalazine, probiotik dapat mempercepat metabolisme sulfazalazine yang biasa digunakan untuk penyakit kolitis ulseratifa.