fg troches antibiotik tablet

FG Troches obat apa?

FG Troches adalah antibiotik berbentuk tablet troches hisap (berbentuk seperti donat) yang digunakan untuk meredakan radang tenggorokan dan infeksi pada rongga mulut. Obat ini dapat diberikan pada anak-anak hingga orang dewasa, namun hanya boleh digunakan jika diresepkan oleh dokter.

FG Troches mengandung bahan aktif berupa Fradiomycin sulfat yang merupakan antibiotik spektrum luas dari jenis aminoglikosida. Obat ini juga dilengkapi gramicidin-S HCl atau gramicidin soviet, antibiotik yang efektif membasmi beragam jenis bakteri gram positif dan gram negatif serta beberapa jenis fungi.

Ringkasan Obat FG Troches

KandunganFradiomycin sulfate 2.5 mg, gramicidin-S HCl 1 mg
Jenis obatAntibiotik oral
KategoriObat keras
KegunaanRadang tenggorokan dan infeksi pada rongga mulut akibat bakteri (staphylococcus dan streptococcus) serta untuk mencegah infeksi pasca operasi mulut
KonsumenDewasa dan anak-anak
KehamilanKategori D (hindari)
ProdusenMeiji
HargaRp. 15.000 – 20.000 per strip isi 10 tablet troches, per box isi 12 strip dan 30 strip

Cara Kerja dan Fungsi Obat FG Troches

Fungsi FG Troches untuk tubuh, terutama rongga mulut adalah sebagai antibiotik untuk membasmi bakteri dan fungi yang menginfeksi pada rongga mulut. Manfaat ini didapat dari dua bahan aktifnya yang berupa:

  • Fradiomycin sulfate, adalah senyawa dengan struktur mirip neomycin dengan kemampuan membasmi bakteri gram negatif dan gram positif serta bakteri fast-acid termasuk actinomycetes.
  • Gramicidin-S HCl, merupakan antibiotik dengan kemampuan utamanya membasmi bakteri gram positif termasuk strain bakteri yang resisten terhadap penicillin. Penggunaan bersamaan dengan fradiomycin sulfate senyawa antibiotik ini akan bersinergi dan menjadi lebih efektif terhadap berbagai jenis bakteri patogen.

FG Troches sengaja didesain berbentuk donat untuk menghindari tersedak saat digunakan pada anak-anak. Obat ini juga dapat larut dengan cepat di mukosa rongga mulut, faring dan saluran pernapasan atas, sehingga obat ini dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi infeksi pada rongga mulut dan faring.

Indikasi dan Kegunaan FG Troches

FG Troches digunakan untuk mencegah dan mengatasi radang tenggorokan serta infeksi bakteri dan fungi yang rentan terhadap pemberian fradiomycin dan gramicidin-S seperti bakteri jenis streptococcus dan staphylococcus. Beberapa kondisi yang umum diresepkan FG Troches diantaranya:

  • Tonsilitis (radang amandel).
  • Gingivitis (radang gusi).
  • Faringitis (radang tenggorokan).
  • Stomatitis (radang rongga mulut), termasuk juga sariawan.
  • Difteri faringeal.
  • Periodontitis gigi graham.
  • Radang pada bronkus.

Kontraindikasi

Belum ada kondisi yang diketahui menjadi kontraindikasi saat mengonsumsi FG Troches, namun obat ini hanya efektif terhadap infeksi bakteri yang sensitif terhadap gramicidin-S dan fradiomycin. Sehingga tidak cocok diberikan pada infeksi mulut akibat virus atau akibat kondisi lainnya.

Dosis FG Troches dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis FG Troches untuk mengatasi radang tenggorokan

  • Dosis dewasa: 1 – 2 troches sekali makan dan dapat dikonsumsi hingga 4 – 5 kali sehari.
  • Dosis anak-anak: 1 troches sekali makan dan dapat dikonsumsi hingga 4 – 5 kali sehari.

Aturan pakai:

  • Gunakanlah obat ini setelah makan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis FG Troches pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping FG Troches

FG Troches umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun demikian, ada efek samping yang perlu diperhatikan. Efek samping FG Troches meliputi:

  • Anoreksia.
  • Mual.
  • Gangguan pencernaan.
  • Lidah kehitaman atau rongga mulut kemerahan.
  • Penurunan nafsu makan.

Efek Overdosis FG Troches

Penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran dapat menyebabkan overdosis. Gejala overdosis FG Troches dapat berupa mual, muntah dan gangguan pencernaan parah, nefrotoksisitas dan ototoksisitas. Jika kondisi ini terjadi segera melapor ke dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Setiap penggunaan antibiotik harus dengan resep dokter dan sebaiknya dilakukan uji sensitivitas dan resistensi bakteri dan harus dipastikan bakteri penginfeksi rentan terhadap bahan aktif FG Troches sehingga pemberian obat ini tidak salah sasaran.
  • Penggunaan obat ini sebaiknya tidak lebih dari 1 minggu.
  • Hati-hati penggunaan pada penderita gangguan fungsi ginjal dan hati, anak-anak, serta wanita hamil dan menyusui.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah FG Troches untuk ibu hamil?

Bahan aktif FG Troches berupa fradiomycin sulfat strukturnya mirip dengan neomycin. Dimana diketahui neomycin termasuk dalam golongan obat kategori D untuk ibu hamil.

Obat kategori D berarti terbukti menimbulkan resiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh jika digunakan pada wanita hamil dapat dipertimbangkan (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak efektif atau tidak dapat diberikan). Oleh karena itu penggunaan pada wanita hamil sebaiknya dihindari atau hanya jika disarankan dan diawasi oleh dokter Anda.

Bolehkah FG Troches untuk ibu menyusui?

Belum diketahui apakah bahan aktif FG Troches dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui. Namun sebagian besar antibiotik jenis aminoglikosida diketahui dapat masuk dan mengontaminasi ASI. Oleh karena itu sebaiknya berhati-hati menggunakan obat ini selama masa menyusui.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan FG Troches bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara FG Troches dengan obat-obat berikut:

  • Antibiotik jenis aminoglikosida, meningkatkan risiko nefrotoksisitas.
  • Antikoagulan, meningkatkan risiko pendarahan.