degirol tablet hisap dequalinium chloride

Degirol obat apa?

Degirol adalah obat berbentuk tablet hisap yang digunakan untuk mengatasi radang di rongga mulut dan tenggorokan seperti sariawan, radang gusi dan radang amandel. Degirol merupakan obat bebas yang bisa dibeli di apotik tanpa resep dokter.

Degirol mengandung bahan aktif dequalinum klorida yang merupakan antiseptik dan desinfektan yang bersifat bakterisidal spektrum luas, bersifat fungsidal dan aktif juga membasmi protozoa. Senyawa ini menyebabkan meningkatnya permeabilitas dinding sel bakteri maupun jamur sehingga menyebabkan matinya bakteri dan jamur.

Ringkasan Obat Degirol

KandunganDequalinum klorida 0,25 mg
Jenis obatPreparat radang mulut dan tenggorokan
KategoriObat bebas
KegunaanMeredakan peradangan pada rongga mulut dan tenggorokan
KonsumenDewasa dan anak-anak
KehamilanKategori A (boleh)
ProdusenDarya Varia Laboratoria
HargaPer strip isi 4 tablet hisap: Rp. 10.000 – 11.000, per box isi 25 strip

Cara Kerja dan Fungsi Obat Degirol

Fungsi Degirol pada tubuh adalah sebagai antiseptik dan desinfektan untuk meredakan peradangan dan infeksi yang terjadi di rongga mulut dan tenggorokan. Kemampuan itu akibat bahan aktif Degirol yang berupa dequalinum klorida. Senyawa desinfektan ini mampu meningkatkan permeabilitas dinding sel bakteri yang dapat menyebabkan kebocoran sel dan menyebabkan kematian bakteri.

Efek dequalium klorida bekerja cukup cepat sekitar 30 – 60 menit dan setelah bakteri dan jamur terpapar lebih dari itu makan efektifitasnya akan menurun. Itulah mengapa obat ini disediakan dalam bentuk tablet hisap yang diharapkan dapat bekerja langsung pada sumber infeksi bakteri di rongga mulut, gusi dan tenggorokan.

Indikasi dan Kegunaan Degirol

Degirol digunakan untuk mengatasi peradangan dan infeksi yang terjadi di rongga mulut dan tenggorokan yang disebabkan beberapa kondisi berikut ini.

  • Sariawan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Radang gusi (gingivitis).
  • Radang pada laring (laryngitis).
  • Periodontitis.
  • Stomatitis.
  • Pasca cabut gigi untuk mencegah infeksi.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang dengan riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap dequalinum klorida.
  • Anak-anak di bawah umur 10 tahun, kecuali disarankan oleh dokter.

Dosis Degirol dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis Degirol untuk meredakan infeksi dan peradangan di rongga mulut dan tenggorokan

  • Dosis dewasa: 1 tablet hisap setiap 3-4 jam sekali, maksimal 8 tablet per hari.

Aturan pakai:

  • Gunakanlah obat ini setelah atau sebelum makan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama. Tidak boleh menggandakan dosis Degirol pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Degirol

Degirol umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun demikian, beberapa efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan. Efek samping Degirol meliputi:

  • Muncul rasa sakit pada lidah.
  • Rasa tidak nyaman dan sensasi terbakar di mulut.

Efek Overdosis Degirol

Penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran dapat menyebabkan overdosis. Gejala overdosis Degirol dapat berupa rasa tidak nyaman di lidah, rongga mulut dan kerongkongan Serta . Jika kondisi ini terjadi segera melapor ke dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika memiliki riwayat alergi terhadap obat ini. Jika saat menggunakan obat ini muncul reaksi alergi berupa rasa gatal, ruam kemerahan dan kesulitan bernapas, segera hentikan penggunaan obat.
  • Hindari penggunaan jangka panjang kecuali jika disarankan oleh dokter.
  • Hati-hati penggunaan pada ibu hamil dan menyusui.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Degirol untuk ibu hamil?

Bahan aktif Degirol berupa dequalinum klorida belum diketahui apakah dapat masuk dan mengganggu kesehatan ibu hamil. Namun percobaan pada hewan percobaan dalam dosis tinggi menunjukkan adanya korelasi obat ini dengan toksisitas pada embrio. Tetapi percobaan pada manusia belum pernah dilakukan.

Untuk itu sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini selama kehamilan.

Bolehkah Degirol untuk ibu menyusui?

Penggunaan Degirol sesuai dosis yang dianjurkan dianggap cukup aman untuk ibu menyusui. Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda dahulu untuk menghindari risiko efek samping obat pada bayi yang menyusu.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan Degirol bersamaan dengan obat lain. Interaksi obat mungkin terjadi antara Degirol dengan obat-obatan lain yang dikonsumsi bersamaan di rongga mulut dan tenggorokan. Penggunaan bersamaan dengan antibiotik dalam bentuk tablet hisap mungkin meningkatkan efek samping obat.