cendo mycos tetes mata dan salep

Cendo Mycos obat apa?

Cendo Mycos adalah obat yang digunakan untuk mengatasi peradangan dan infeksi bakteri pada mata (konjungtivitis okular). Obat ini merupakan kombinasi antibiotik spektrum luas berupa chloramphenicol dengan obat anti inflamasi jenis kortikosteroid berupa hidrokortison. Cendo Mycos tersedia dalam bentuk tetes mata dan salep mata.

Cendo Mycos mengobati peradangan dan infeksi bakteri pada mata dengan cara membasmi bakteri dengan antibiotik dan meredakan peradangan dengan hidrokortison. Obat ini juga digunakan pada mata yang baru saja mengalami operasi untuk menghindari peradangan akibat luka yang ditimbulkan serta jika muncul infeksi bakteri.

Ringkasan Obat Cendo Mycos

KandunganTetes mata: chloramphenicol 2 mg, Hydrocortisone sodium phosphate 5 mg; Salep mata: chloramphenicol 2 mg, Hydrocortisone asetat 5 mg
Jenis obatAntibiotik, antiinflamasi
KategoriObat keras
KegunaanMengobati infeksi pada mata yang disebabkan oleh organisme yang rentan terhadap chloramphenicol dan membutuhkan terapi kortikosteroid
KonsumenDewasa dan anak-anak
KehamilanKategori C (hindari)
ProdusenCendo
HargaSalep mata: Rp. 35.000 – 40.000, Tetes mata: Rp. 25.000 – 30.000

Cara Kerja dan Fungsi Obat Cendo Mycos

Fungsi Cendo Mycos pada mata adalah sebagai antiseptik, antibakteri sekaligus anti inflamasi. Hal itu berkat kandungan Chloramphenicol yang bersifat antibakteri spektrum luas dengan kemampuan mengganggu sintesis protein bakteri yang menyebabkan kematian bakteri.

Efek anti inflamasi Cendo Mycos didapat dari kandungan hydrocortisone di dalamnya, senyawa ini merupakan kortikosteroid jenis glukokortikoid yang dapat meredakan peradangan dan menekan sistem imun. Secara alami tubuh juga memproduksi senyawa kortikosteroid berupa hormon kortisol di kelenjar adrenal. Meningkatnya kadar gula darah dan penekanan pada sistem imun merupakan efek dari hormon ini.

Indikasi dan Kegunaan Cendo Mycos

Cendo Mycos digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi perdangan dan infeksi pada mata seperti:

  • Radang selaput mata atau konjungtivitis yang tidak disertai nanah.
  • Inflamasi pada segmen anterior mata yang disertai infeksi.
  • Inflamasi yang terjadi pasca operasi mata yang disertai infeksi.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang dengan riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap hidrokortison dan chloramphenicol atau antibiotik lainnya.
  • Sebaiknya tidak diberikan pada penderita glaukoma, TBC, infeksi jamur sistemik, herpes dan infeksi virus lainnya.

Dosis Cendo Mycos dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis Cendo Mycos untuk infeksi dan peradangan pada mata

  • Dosis dewasa:
    • Sediaan salep mata: oleskan sekitar 1 cm pada kelopak mata 1 – 3 kali sehari.
    • Sediaan tetes mata: teteskan 1 – 2 tetes pada mata yang sakit 1 – 3 kali sehari.

Aturan pakai:

  • Gunakanlah obat ini setelah lebih dulu membersihkan jari yang digunakan untuk pengaplikasian ke mata. Mintalah bantuan orang lain agar penggunaan obat lebih merata.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera menggunakannya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Cendo Mycos pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Cendo Mycos

Cendo Mycos umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun demikian, beberapa efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan. Efek samping Cendo Mycos tersebut meliputi:

  • Muncul rasa gatal di mata.
  • Penggunaan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan muncul rasa terbakar di mata.

Konsultasikan dengan dokter jika muncul efek samping berikut:

  • Penglihatan buram.
  • Peningkatan tekanan okular.
  • Muculnya katarak subkapsular posterior.
  • Eksaserbasi atau semakin parahnya penyakit pada mata yang disebabkan oleh virus.

Efek Overdosis Cendo Mycos

Penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran dapat menyebabkan overdosis. Gejala overdosis Cendo Mycos dapat berupa penglihatan buram, timbul katarak, glaukoma. Jika kondisi ini terjadi segera konsultasikan ke dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat menggunakan obat antibiotik atau kortikosteroid.
  • Hati-hati penggunaan pada penderita diabetes mellitus dan hipertensi karena obat ini dapat meningkatkan gula darah.
  • Gunakan obat ini selama waktu yang diresepkan oleh dokter meskipun gejala penyakit sudah reda. Menghentikan obat terlalu dini meningkatkan risiko resistensi terhadap infeksi bakteri.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Cendo Mycos untuk ibu hamil?

Kedua bahan aktif Cendo Mycos berupa Chloramphenicol dan Hydrocortison digolongkan sebagai obat ketegori C untuk ibu hamil. Hal itu berarti, penelitian terhadap bahan obat ini pada hewan percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan hewan percobaan tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu sebaiknya menghindari penggunaan obat ini selama hamil.

Bolehkah Cendo Mycos untuk ibu menyusui?

Meskipun sedikit bahan aktif Cendo Mycos diketahui dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui namun efeknya pada bayi tetap harus diperhatikan. Oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan obat ini selama masa menyusui.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan Cendo Mycos bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara Cendo Mycos dengan obat-obat berikut:

  • Barbiturat, Rifampisin, fenotoin, karbamezepine, dapat menurunkan efektivitas kortikosteroid.
  • Antibiotik, dapat meningkatkan efek samping obat.