cavicur tablet dan sirup

Cavicur obat apa?

Cavicur adalah suplemen makanan untuk anak-anak maupun dewasa yang mengandung ekstrak temu lawak (curcuma xanthorrhiza) serta dilengkapi dengan beberapa jenis vitamin dan mineral. Suplemen ini bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan organ hati dan tubuh secara umum serta meningkatkan nafsu makan, terutama untuk anak dalam masa pertumbuhan atau pasca sakit.

Cavicur tersedia dalam bentuk tablet salut gula dan emulsi. Untuk tablet salut gula mengandung ekstrak curcuma xanthorrhiza 20 mg yang setara cucuminoid 15% untuk setiap tabletnya. Sementara untuk sediaan emulsi dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral untuk meningkatkan manfaatnya seperti vitaminA, B1, B2, B6, B12, D, kalsium pantotenat, kalsium glikofosfat serta, dan minyak hati ikan cod. Kombinasi vitamin ini dapat membantu menjaga kesehatan si kecil serta meningkatkan nafsu makannya.

Ringkasan Obat Cavicur

KandunganTablet salut gula: Curcuma xanthorrhiza Extract 20 mg (mengandung Curcuminoid 15%); Emulsion per 5 ml: Vitamin A palmitate 850 IU, Vitamin B1 3 mg, Cod Liver Oil 2,5 mg, Vitamin B2 1,5 mg, Calcium Pantothenate 5 mg, Vitamin B6 0,5 mg, Calcium Glycerophosphate 100 mg, Vitamin B12 5 mcg, Curcuma Xanthorrhiza Extract 10 mg, Vitamin D 100 IU
Jenis obatMultivitamin dan mineral
KategoriObat bebas
KegunaanMembantu menjaga kesehatan organ hati serta meningkatkan nafsu makan
KonsumenAnak-anak dan dewasa
KehamilanKategori N (hindari)
ProdusenErela
HargaRp. 5.900 per strip isi 10 tablet, per box isi 10 strip; Rp. 9.000 per botol isi 60 ml emulsi

Cara Kerja dan Fungsi Obat Cavicur

Fungsi Cavicur dalam tubuh adalah sebagai suplemen makanan untuk membantu memperbaiki nafsu makan dan menjaga kesehatan organ hati pada anak maupun dewasa. Bahan aktif utama Cavicur adalah ekstrak temulawak (mengandung sekitar 15% curcuminoid) yang sudah dikenal sebagai bahan herbal dengan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Bahan aktif temulawak berupa curcuminoid sudah banyak diteliti dan diketahui memiliki beragam manfaat seperti anti peradangan, meningkatkan aktivitas antioksidan, menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan hati dan ginjal, serta memperbaiki nafsu makan.

Pada sediaan Cavicur emusli bahan pelengkap berupa vitamin A, B1, B2, B6, B12, D bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan sistem saraf, mata, tulang dan gigi , produksi hormon, serta pembentukan darah yang penting untuk pertumbuhan. Mineral berupa kalsium pantotenat, kalsium gliserofosfat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Indikasi dan Kegunaan Cavicur

Cavicur digunakan sebagai suplemen makanan untuk menjaga kesehatan organ hati dan meningkatkan nafsu makan serta menjaga kesehatan tubuh secara umum. Dalam sediaan emulsi digunakan untuk membantu meningkatkan nafsu makan serta menjaga kesehatan anak dalam masa pertumbuhan atau pasca sakti.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan suplemen ini, penderita yang diketahui memiliki riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap suplemen mengandung curcuminoid tidak boleh mengonsumsi suplemen ini.

Dosis Cavicur dan Aturan Pakai

Peringatan! Pastikan dosis yang Anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter dengan mempertimbangkan keparahan penyakit, usia, berat badan, dsb. Dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Dosis Cavicur untuk meningkatkan nafsu makan dan menjaga kesehatan

  • Dosis dewasa: 1 tablet 2 – 3 kali sehari.
  • Dosis anak-anak:
    • Umur 1 – 6 tahun: 1 sendok takar (5 ml) sekali sehari.
    • Umur 6 – 12 tahun: 1 sendok takar (5 ml) 2 kali sehari.

Aturan pakai:

  • Gunakanlah obat ini setelah makan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang¬†tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 8 jam. Untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Cavicur pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Cavicur

Cavicur umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Namun demikian, ada efek samping yang mungkin muncul perlu diperhatikan terutama untuk penggunaan dosis tinggi. Efek samping Cavicur meliputi:

  • Meningkatnya kadar gula darah.
  • Gangguan pencernaan.
  • Meningkatkan risiko pendarahan.

Efek Overdosis Cavicur

Belum ada data yang menunjukkan efek overdosis Cavicur, namun penggunaan dosis tinggi melebihi anjuran dalam waktu lama mungkin menyebabkan overdosis. Gejala overdosis Cavicur dapat berupa meningkatkan bruising dan pendarahan yang tidak diketahui sebabnya, gangguan pada saluran empedu, nyeri perut parah, dan GERD. Jika kondisi ini terjadi hentikan penggunaan suplemen dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat mengonsumsi suplemen mengandung curcuminoid.
  • Hati-hati penggunaan pada penderita diabetes, tukak lambung, penderita kanker yang yang diinduksi oleh hormon, serta penderita anemia akibat kekurangan zat besi.
  • Penggunaan pada ibu hamil sebaiknya dihindari.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Cavicur untuk ibu hamil?

Bahan aktif Cavicur berupa ekstrak temulawak dalam dosis kecil, seperti dalam masakan dianggap cukup aman untuk ibu hamil. Namun dalam bentuk suplemen dengan dosis besar, dikhawatirkan akan menstimulasi uterus sehingga berisiko untuk kehamilan. Oleh karena itu penggunaan suplemen mengandung curcuminoid sebaiknya dihindari selama kehamilan atau hanya digunakan jika disarankan dokter Anda.

Bolehkah Cavicur untuk ibu menyusui?

Belum diketahui apakah bahan aktif Cavicur dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui. Oleh karena itu untuk menghindari risiko kesehatan pada ibu menyusui dan janinnya, sebaiknya menghindari penggunaan obat ini selama masa menyusui.

Interaksi Obat

Hati-hati saat menggunakan Cavicur bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara Cavicur dengan obat-obat berikut:

  • Obat jenis antikoagulan, meningkatkan risiko pendarahan.