Manfaat Olahraga Saat Haid yang Begitu Luar Biasa

Jangan malas bergerak, ada banyak manfaat olahraga saat haid yang dapat dirasakan oleh tubuh.

Manfaat olahraga saat haid

Saat tengah kedatangan si tamu bulanan, kebanyakan wanita lebih memilih untuk bersantai daripada harus beraktivitas di luar rumah. Alasannya tak lain untuk menenangkan rasa tidak nyaman pada perut, di samping rasa malas tentunya.

Beberapa wanita bahkan kerap menganggap bahwa melakukan aktivitas fisik ataupun berolahraga saat haid dapat memperburuk gejala yang ada. Padahal faktanya, olahraga saat haid memiliki sejumlah manfaat, termasuk untuk mengatasi beraneka macam gangguan fisik dan emosional.

Berikut beragam manfaat olahraga saat haid bagi kesehatan fisik dan mental

Manfaat olahraga saat haid

1. Memperbaiki Mood

Salah satu gejala yang kerap menghampiri saat haid adalah perubahan suasana hati. Dimana banyak wanita mendadak menjadi uring-uringan dan mudah sekali tersulut amarah.  Untuk memperbaiki masalah ini, cobalah berolahraga meski hanya dengan bersepeda atau jogging.

Olahraga mampu memicu pelepasan hormon bahagia seperti serotonin dan dopamin yang dapat menciptakan persepsi positif pada tubuh sekaligus mendongkrak suasana hati ke tingkat yang lebih baik.

2. Mengatasi Badan Lemas

Perubahan hormon yang terjadi selama haid tak ayal membuat mayoritas wanita merasa lemas sehingga menjadi mager alias malas gerak. Olahraga dapat meningkatkan level energi dan stamina, salah satunya dengan membuat jantung bekerja lebih optimal untuk memompa lebih banyak darah yang kaya oksigen ke otak dan seluruh organ tubuh.

Baca juga: Ketahui Penyebab Badan Lemas dan Cara Mengatasinya

3. Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri atau kram perut memang kerap timbul saat haid. Hal ini merupakan suatu kewajaran, lantaran saat haid, terjadi peningkatan senyawa prostaglandin yang memicu otot rahim untuk berkontraksi.

Alih-alih menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur agar dapat mengusir rasa nyeri tsersebut, akan lebih baik bila mencoba latihan peregangan atau olahraga ringan di sekitar rumah. Pasalnya, saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon ini mirip seperti morfin yang berperan sebagai pereda rasa sakit alami.

Baca: Penyebab Nyeri Haid dan Cara Ampuh Mengatasinya

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain mood swing dan nyeri perut, beberapa wanita juga kerap mengalami susah tidur saat sedang haid. Jika dibiarkan, kondisi ini tentu dapat berdampak buruk terhadap konsentrasi. Produktivitas dalam menyelesaikan pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari pun menjadi berkurang.

Oleh karena itu, untuk membantu mengatasi masalah ini, cobalah berolahraga. Olahraga bermanfaat untuk membantu menstabilkan suasana hati dan mendekompresi pikiran. Selain itu, selepas berolahraga, suhu tubuh yang tadinya naik pun perlahan-lahan akan menurun. Kesemua hal tersebut berperan penting bagi terciptanya kualitas tidur yang lebih baik.

5. Meredakan Stres

Berbagai gejala yang muncul saat haid terkadang dapat membuat wanita stres. Salah satu manfaat olahraga saat haid adalah untuk membantu meredakan stres sekaligus menyingkirkan semua pikiran negatif.

Hal ini lantaran saat berolahraga, tubuh akan merangsang pelepasan endorfin dan hormon bahagia lainnya. Di saat bersamaan, tubuh pun akan menekan produksi hormon stres seperti kortisol, adrenalin dan norepinefrin.

Tips berolahraga saat haid

Ada beberapa tips singkat yang dapat diterapkan saat menjalani olahraga di kala haid, diantaranya:

  • Olahraga secukupnya jangan berlebih, maksimal 30 menit sehari.
  • Pilihlah olahraga yang ringan seperti bersepeda, berenang, yoga, jalan cepat, dll.
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan – sebelum dan sesudah berolahraga.
  • Pastikan tubuh tetap terhidrasi.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.
  • Pakaian gelap bisa digunakan bila khawatir kebocoran datang.

Terakhir, jangan memaksakan diri untuk berolahraga bila memang kondisi tubuh benar-benar sedang tidak fit. Ingat, usahakan untuk tidak berolahraga saat haid saja. Pertahankan terus gaya hidup aktif dan olahraga rutin setidaknya 3 kali seminggu agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga.

SUMBER
#