Inilah Manfaat Jeruk Lemon yang Telah Terbukti Ilmiah

Menyegarkan sekaligus menyehatkan adalah kata yang dirasa cocok berdampingan untuk menggambarkan manfaat jeruk lemon. Varian dari buah jeruk dengan bentuk lonjong pipih dan warna dominan kuning adalah cirinya.

Jeruk lemon menjadi primadona buah untuk dijadikan campuran minuman atau makanan di Indonesia. Tapi sudahkah kamu tahu, selain berfungsi menyegarkan minuman atau makanan yang akan disantap, buah lemon punya banyak manfaat lain yang beragam dan perlu kamu ketahui agar dapat memaksimalkan penggunaannya.

manfaat jeruk lemon

Sekilas tentang Jeruk Lemon

Lemon sering dikenal dengan nama Limun, juga kadang disebut Sitrun yang dalam Bahasa Belanda ditulis Citroen. Memiliki nama ilmiah Citrus limon. Ada berbagai versi yang menceritakan tempat pertama kali lemon ada dan tumbuh, mulai dari Assam di India Utara, Burma atau bahkan di Tiongkok.

Melalui sebuah penelitian, secara genetikal diketahui lemon merupakan gabungan antara jeruk pahit dengan buah citron. Pohon lemon berukuran sedang biasanya berukuran kurang lebih 6 meter, banyak ditemui untuk dikembang biakkan di daerah dengan iklim tropis dan sub tropis.

Kandungan Jus Lemon per satu gelas (Lemon Segar Dicampur Air)

JumlahJenis
61Kalori
6 gramGula
112 miligramVitamin C
3 gramProtein
303 miligramKalium
0,1 miligramVitamin B6
31,7 microgramFolat
0,1 miligramThiamin
0,1 miligramCopper
1 gramSerat
14,5 miligramMagnesium
0,4 miligramVitamin E
0 gramLemak


Kandungan Nutrisi dalam 100 gram Buah Lemon Tanpa Kulit

JumlahJenis
121 kJEnergi
9,32 gramKarbohidrat
1,1 gramProtein
2,5 gramGula
2,8 gramSerat
26 miligramKalsium
11 microgramFolat
0,04 miligramThiamin
0,08 miligramVitamin B
53 miligramVitamin C
5,1 miligramKolin
0,06 miligramZinc
8 miligramMagnesium
0,03 miligramMangan
16 miligramFosfor
138 miligramKalium


Manfaat Jeruk Lemon yang Telah Terbukti Ilmiah

1. Mencukupi Kebutuhan Tubuh Terhadap Vitamin C

Seperti yang bisa kamu lihat di dalam tabel kandungan nutrisi, jeruk lemon mengandung banyak vitamin C bahkan bisa mencukupi hingga 51 persen kebutuhan harian. Sebagaimana yang telah diketahui, vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menstimuli produksi sel darah putih, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan, kandungan dari lemon mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

2. Meremajakan Kulit dan Membantu Penyembuhan

Vitamin C dalam jeruk lemon selain baik bagi sistem imun, juga bermanfaat dalam melawan radikal bebas sehingga kulit bisa tampak cerah dan lembut. Dalam sebuah  penelitian yang terbit dalam sebuah jurnal Amerika tentang nutrisi kesehatan diketahui bahwa dengan mengonsumsi buah lemon mampu membuat kulit semakin bagus dan menghilangkan berbagai kerutan.

Mengonsumsi lemon untuk kebaikan kulit bisa dilakukan dengan menambahkan air dan madu. Dilakukan secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk lemon yang satu ini diperantarai oleh serat yang terkandung di dalamnya. Serat berguna dalam menurunkan berat badan karena mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Vitamin C di dalamnya juga mampu menghasilkan energi yang baik untuk kamu yang sedang dalam program diet.

Minum dengan menambahkan hasil perasan jeruk lemon dengan air hangat dan sedikit madu. Lakukan di awal pagi sebelum lambung terisi makanan. Konsumsi teratur untuk hasil terbaik.

4. Berguna untuk Detoksifikasi

Struktur atom dalam kandungan lemon dan asam yang ada di dalamnya bermanfaat dalam memperlambat proses pencernaan makanan dalam tubuh, hal ini baik guna mendapatkan lebih maksimal nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Mencampurkan lemon dengan air juga mampu memaksimalkan kandungan enzim yang menstimuli hati dan mendorong keluar racun dalam tubuh kamu. Biasanya proses penetralan toksin atau racun di dalam tubuh ini bisa dilihat dari seringnya orang yang mengonsumsi air lemon untuk mengeluarkan urin sebagai sarana terbuangnya racun dari dalam tubuh.

5. Membantu Meningkatkan Mood dan Energi

Bertemunya atom dan molekul penambah energi dalam makanan dengan kandungan nutrisi dalam lemon diketahui berguna untuk meningkatkan level energi. Bau dari lemon juga mampu menurunkan kadar stres dan membantu meningkatkan mood. Mulai biasakan minum air lemon segar di pagi hari menggantikan secangkir kopi untuk membuat harimu lebih semangat dan berenergi.

6. Menjaga Kesehatan Saraf dan Otak

Ialah kalium yang juga bisa didapati dalam buah lemon, ternyata bermanfaat dalam menjaga fungsi saraf dan otak agar mampu bekerja dengan lebih maksimal. Hal ini karena kalium berperan dalam menjaga konduktivitas elektrolit di otak yang akan berguna bagi otak menjalankan fungsinya secara keseluruhan. Kalium bersama-sama dengan natrium juga berfungsi menjaga sistem saraf  dengan meneruskan pesan ke otak serta mengatur kontraksi otot.

7. Mengobati Jerawat

Selain baik untuk dikonsumsi langsung, lemon juga bermanfaat digunakan di kulit luar. Ini karena di dalam lemon terkandung asam sitrat dan vitamin C yang biasa kamu temukan dalam produk-produk kosmetik penghilang jerawat. Dibandingkan harus menggunakan produk-produk kimia dengan harga mahal, alangkah baiknya kamu mulai coba berpindah dengan menggunakan produk alami, minim akibat negatif dan bisa didapati dengan harga murah meriah.

Asam sitrat dalam lemon mampu mengatasi gangguan jerawat sedang vitamin C nya diakui mampu membunuh bakteri jahat penyebab jerawat sehingga wajah kamu bisa berseri bebas gangguan. Cara memanfaatkan lemon untuk bisa mengobati jerawat sangat mudah, cukup ambil tetesan lemon dengan cutton bud bersih, lalu tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat atau kamu bisa balurkan tetesan lemon ke wajah menggunakan kapas sebagai masker. Hati-hati, jangan sampai terkena mata. Lakukan sebelum tidur, setelah membersihkan wajah, biarkan sampai keesokan harinya. Bilas dengan air dingin. Lakukan dengan teratur agar kulit wajah semakin cantik berseri.

8. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Manfaat jeruk lemon ini diperantarai oleh kandungan vitamin C yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kandungan minyak di wajah. Dengan secara teratur menggunakan masker lemon, sel kulit mati akan terangkat dan pori-pori wajah bisa mengecil. Pori-pori yang mengecil akan membuat kulit kamu terlihat lebih flawless dan mengurangi kemungkinan masuknya berbagai debu dan kotoran. Terapkan masker dengan teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

9. Menjaga Kesehatan Gigi

Dengan segala kandungan nutrisi di dalamnya, Lemon juga baik bagi kesehatan gigi. Namun ada beberapa hal yang perlu juga kamu perhatikan. Terlalu sering menggunakan lemon bersama baking soda guna memutihkan gigi memiliki dampak negatif terhadap lapisan email gigi. Untuk itu lakukan tahapan-tahapan berikut. Minum air yang dicampur lemon beberapa saat sebelum menggosok gigi dan kumur-kumur dengan baking soda setelahnya guna menghilangkan beberapa zat asam yang mungkin masih tertinggal di gigi.

10. Memutihkan Ketiak

Ada banyak faktor mengapa kulit ketiak bisa menghitam, mulai dari faktor medis hingga kebiasaan sehari-hari. Dan lemon sejak dulu telah dipercaya sebagai jawaban atas masalah tersebut. Dengan kandungan vitamin C di dalamnya, lemon mampu mencerahkan ketiak dan meningkatkan percaya diri kamu. Caranya potong lemon menjadi 2 bagian lalu gosok-gosok ketiak kamu dengannya. Lakukan secara teratur, jangan lupa mencukur lebih dulu dengan pisau cukur yang tajam

Itulah manfaat jeruk lemon yang telah terbukti secara ilmiah yang bisa kami rangkum dan sampaikan untuk pembaca. Semoga bermanfaat dan membantu dalam upaya hidup lebih sehat dan tampilan lebih cantik segar. Nantikan postingan kami lainnya.