Manfaat Daun Insulin dan Efek Sampingnya

Daun insulin digadang-gadang memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat daun insulin tersebut dan adakah efek sampingnya bagi kesehatan tubuh?

manfaat daun insulin dan efek sampingnya aladokter

Daun insulin berasal dari tanaman umbi-umbian bernama yakon (Smallanthus sonchifolius). Berdasarakan sejarahnya, tanaman ini berasal dari Meksiko kemudian menyebar ke Amerika Tengah dan Selatan hingga akhirnya sampai ke Asia, termasuk Indonesia.

Tanaman insulin atau yakon ini memiliki ciri-ciri berdaun menjari berwarna hijau tua, batang berkayu dengan tinggi 1-3 meter, bunga berwarna kuning seperti bunga matahari dan umbi berwarna cokelat mirip seperti singkong namun dengan rasa yang manis.

Di Indonesia, daun insulin terkenal akan khasiatnya sebagai obat herbal diabetes. Bahkan telah tersedia dalam bentuk kapsul. Hal ini tak lepas dari sejumlah kandungan bahan aktifnya yang memiliki efek farmakologis, seperti frukto-oligosakarida, senyawa fenolik dan lain sebagainya.

Lebih jauh, simak berbagai manfaat daun insulin berikut ini

1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Daun insulin diketahui mengandung bahan prebiotik yang mampu merangsang secara selektif pertumbuhan maupun aktivitas dari bakteri baik dalam usus, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus. Sifat prebiotik daun insulin inilah yang berpengaruh besar dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.

Selain itu, senyawa frukto-oligosakarida (FOS) pada tanaman yakon atau insulin ini tergolong sebagai serat makanan yang berkhasiat dalam mengatasi sembelit karena mampu mempercepat waktu transit makanan melalui saluran pencernaan dan meningkatkan frekuensi defekasi.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun insulin dapat pula dirasakan bagi mereka yang bermasalah dengan tingginya kadar kolesterol. Daun insulin termasuk umbinya mengandung senyawa polifenol yang berkhasiat dalam membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang menjadi salah satu penyebab stroke dan serangan jantung.

3. Meminimalkan Risiko Osteoporosis

Senyawa frukto-oligosakarida (FOS) pada daun insulin diketahui dapat meningkatkan konsentrasi mineral seperti kalsium dan magnesium yang merupakan faktor kunci dalam pencegahan berbagai kondisi terkait dengan kesehatan tulang seperti osteoporosis.

Adanya peningkatan konsentrasi mineral ini sendiri disebabkan oleh pertumbuhan dari bakteri penghasil asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acid/SCFA) yang kehadirannya dapat dirangsang oleh frukto-oligosakarida (FOS).

4. Meningkatkan Testosteron

Bukti terbatas menunjukkan bahwasanya ekstrak umbi yakon dan daun insulin mampu meningkatkan jumlah sperma dan kadar testosteron serum.

Dalam sebuah penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Biomolecules & Therapeutics, didapatkan sebuah bukti akan adanya kemungkinan bagi tanaman yakon untuk dijadikan sebagai obat herbal dalam membantu mengatasi infertilitas pria dan kadar testosteron rendah kronis seperti pada kasus hipogonadisme onset lambat (late onset hypogonadism, LOH).

5. Obat Herbal Diabetes

Dari sejumlah manfaat daun insulin bagi kesehatan, kemampuannya dalam ‘menggilas’ penyakit diabetes menjadi yang paling banyak dikenal. Manfaatnya ini berasal dari senyawa phenolic yang mampu menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat alfa glukosidase dan senyawa frukto-oligosakarida yang berperan dalam memodulasi sindrom metabolik dan dislipidemia.

Beberapa manfaat daun insulin lainnya diantaranya untuk mengurangi risiko kanker usus, membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan saluran kemih, menjaga kesehatan fungsi hati dan lain sebagainya.

Efek samping daun insulin yang perlu diperhatikan

Konsumsi moderat daun insulin secara umum dianggap aman. Namun akan berbeda apabila dikonsumsi secara berlebih. Dimana berisiko menimbulkan efek samping pada sistem pencernaan, seperti mual, diare dan perut kembung. Beberapa orang yang alergi terhadap biji bunga matahari pun disarankan untuk tidak mengonsumsi daun insulin.

Lebih jauh, menurut Journal of Ethnopharmacology, penggunaan jangka panjang ekstrak daun insulin yang biasa dikonsumsi sebagai teh berpotensi memiliki efek beracun bagi ginjal. Efek toksisitas ini disinyalir terkait dengan kandungan sesquiterpene yang cukup tinggi pada daunnya.

Oleh karena itu, meski daun insulin memiliki sejumlah manfaat – utamanya terhadap orang-orang dengan gula darah tinggi, namun efek sampingnya pun perlu diperhatikan. Terlebih bila ingin memanfaatkannya dalam jangka panjang. Demi keamanan, disarankan untuk berkonsultasi dahulu pada dokter ahli sebelum menggunakan obat-obatan herbal tertentu.

SUMBER
#