Makanan Penyebab Kantuk untuk Tidur Malam yang Lebih Baik

Ada sejumlah makanan penyebab kantuk yang dapat membantu terciptanya kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

makanan penyebab kantuk

Tidur nyenyak dan cukup di malam hari memegang peranan penting bagi banyak fungsi tubuh. Sayangnya, tak sedikit orang yang harus berjibaku dengan gangguan tidur yang dialamin. Ada satu kiat sederhana yang dapat dicoba untuk mengatasi kondisi ini, yakni dengan mengonsumsi makanan yang dapat bertindak sebagai obat tidur alami.

Cobalah konsumsi makanan penyebab kantuk berikut

Terdapat empat vitamin dan mineral utama dalam makanan yang dapat memicu timbulnya rasa kantuk, yaitu triptofan, magnesium, kalsium dan vitamin B6. Beberapa jenis vitamin dan mineral ini dapat membantu merangsang otak untuk mengeluarkan hormon melatonin – hormon yang bertanggung jawab dalam mengatur ritme sirkadian (pola tidur dan bangun).

Normalnya, di malam hari menjelang waktu tidur, produksi melatonin secara alami akan mengalami peningkatan. Dan di pagi hari ketika tubuh siap untuk terbangun, produksi melatonin pun berangsur-angsur berkurang.

Namun karena berbagai hal – misal keseringan bermain gawai di malam hari, produksi melatonin pun terganggu dan membuat sulit tidur. Oleh karena itu, di samping menciptakan kebiasaan baik menjelang tidur seperti menyikat gigi dan menyingkirkan gawai, konsumsilah beberapa makanan penyebab kantuk berikut agar waktu tidur dan bangun kembali normal.

1. Pisang

makanan penyebab kantuk

Pisang adalah sumber kalium dan magnesium yang bermanfaat dalam membantu terciptanya kualitas tidur yang lebih baik di malam hari

Pisang merupakan sumber kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk mengendurkan otot juga saraf sehingga dapat membantu terciptanya kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Pisang matang juga merupakan sumber serat yang baik. Konsumsinya dalam jumlah cukup terbukti ampuh dalam mengatasi sembelit atau susah BAB.

Baca juga: Kandungan Buah Pisang yang Mencengangkan

2. Buah Ceri

makanan penyebab kantuk

Ceri secara alami mengandung melatonin karena itulah ia termasuk makanan penyebab kantuk

Buah cantik bernama ilmiah Cerasus ini termasuk ke dalam salah satu makanan penyebab kantuk karena secara alami mengandung melatonin. Selain itu, buah ceri juga tergolong makanan tinggi antioksidan berkat senyawa antosianin didalamnya yang dapat membantu mengurangi peradangan seperti pada penyakit asam urat.

3. Madu Murni

makanan penyebab kantuk

Glukosa dalam madu murni berkhasiat dalam menurunkan kadar orexin

Glukosa dalam madu murni berkhasiat dalam menurunkan kadar orexin. Orexin atau yang dikenal juga sebagai hypocretin merupakan neurotransmitter yang terlibat dalam berbagai skenario, termasuk membuat tubuh selalu terjaga di malam hari. Konsumsilah 1 sdm madu murni secara rutin sebelum tidur agar dapat tidur dengan nyenyak.

4. Protein Tanpa Lemak

makanan penyebab kantuk

Protein tanpa lemak tinggi akan asam amino triptofan yang berperan penting dalam proses produksi serotonin dan melatonin di otak

Sumber protein tanpa lemak seperti daging merah tanpa gajih, daging unggas tanpa kulit, ikan dan telur kaya akan triptofan. Triptofan sendiri adalah asam amino yang berperan penting dalam proses produksi serotonin dan melatonin di otak – kedua hormon yang sangat erat kaitannya dengan jam biologis tubuh.

5. Roti Putih dan Nasi Putih

makanan penyebab kantuk

Roti putih & nasi putih dapat merangsang hormon insulin untuk meningkatkan penyerapan triptofan di dalam otak

Roti putih dan nasi putih adalah jenis makanan dengan indeks glikemik tinggi. Artinya kedua makanan ini dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat. Untuk mengantisipasi agar gula darah tidak terlalu tinggi, pankreas lantas menghasilkan hormon insulin yang mampu meningkatkan penyerapan kadar triptofan di dalam otak.

Selanjutnya, triptofan pun akan merangsang produksi hormon serotonin dan melatonin yang memicu munculnya rasa kantuk. Itulah mengapa setiap kali seseorang makan nasi putih terlebih dalam jumlah besar dan berbarengan dengan protein hewani seperti daging ayam yang notabenenya tinggi triptofan, maka cenderung mengantuk setelahnya.

6. Susu

makanan penyebab kantuk

Susu dan produk turunannya kaya akan kalsium yang berperan penting bagi proses pembentukan melatonin

Makanan penyebab kantuk selanjutnya adalah susu beserta produk turunannya seperti keju atau yogurt. Seperti yang diketahui, susu kaya akan kalsium. Selain dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat, kehadiran kalsium di dalam tubuh juga berperan penting bagi proses pembentukan melatonin yang merangsang kantuk.

7. Sayuran Hijau

makanan penyebab kantuk

Sayur hijau seperti kangkung tinggi akan mineral magnesium yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur

Sayuran hijau seperti bayam, sawi dan kangkung dapat dijadikan sebagai obat tidur alami. Pasalnya, di dalam sayuran hijau ini terkandung mineral magnesium dalam jumlah tinggi yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur dengan cara merilekskan otot, saraf dan mengurangi efek adrenalin.

Itulah beberapa makanan penyebab kantuk yang dapat dikonsumsi beberapa saat menjelang tidur. Kuncinya, makanlah kombinasi makanan yang mengandung triptofan, magnesium, kalsium dan vitamin B6.

Hindari minuman ataupun makanan yang mengandung kafein, makanan pedas serta penggunaan gadget atau gawai berlebih karena dapat berdampak buruk pada ritme sirkadian.

SUMBER
#