Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah dengan Bahan Alami

Tak perlu merogoh kocek dalam, cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah ini begitu simple dan praktis.

Cara mengatasi bibir kering

Memiliki bibir yang sehat dan cantik menjadi kebanggaan tersendiri, khususnya bagi kaum wanita. Namun sayangnya, bibir tidak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya sehingga menjadi rentan kering dan pecah-pecah. Kondisi ini dapat diperparah lagi dengan cuaca kering atau kebiasaan buruk seperti sering menggigit atau menjilati bibir.

Penggunaan lip balm atau produk pelembab bibir komersil lainnya kerap dipilih sebagai solusi tercepat. Namun, salah pilih pelembab bibir yang mengandung bahan-bahan seperti mentol, asam salisilat maupun peppermint justru dapat semakin memperburuk kondisi yang ada. Oleh karenanya, akan lebih baik bila masalah bibir kering dan pecah-pecah diatasi dengan cara alami.

Bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara alami?

1. Eksfoliasi dengan Gula Pasir

Cara mengatasi bibir kering

Kombinasikan gula pasir dengan minyak zaitun ataupun madu sebagai bahan eksfoliasi untuk mengatasi bibir kering

Gula mengandung asam glikolat yang bermanfaat untuk melembapkan dan mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Untuk melakukan eksfoliasi ini, campurkan 1 sdm gula pasir dengan 1 sdt minyak zaitun ataupun madu.

Kemudian oleskan pada bibir dan gosok-gosok secara lembut dengan gerakan melingkar selama 5 menit, bersihkan bibir sesudahnya. Lakukan treatment ini secara rutin 2 kali sehari, di pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Oleskan Minyak Kelapa

Cara mengatasi bibir kering

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan emolien yang bermanfaat untuk mencegah maupun mengatasi masalah bibir kering

Tak seperti kebanyakan area kulit tubuh lainnya, fungsi penghalang atau perlindungan pada bibir terbilang buruk lantaran tak memiliki pigmen melanin dan kelenjar pelembap alami. Inilah yang membuat bibir begitu sensitif terhadap sejumlah paparan dari luar seperti sinar UV, perubahan temperatur, angin maupun pengaruh AC.

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan emolien. Membuatnya sangat tepat diaplikasikan pada bibir sebagai perisai yang menjaga bibir dari berbagai pengaruh buruk. Cukup oleskan minyak kelapa murni pada bibir sesuai kebutuhan sepanjang hari.

3. Gunakan Gel Lidah Buaya

Cara mengatasi bibir kering

Oleskan secara merata gel lidah buaya ke seluruh area bibir agar kelembapan bibir senantiasa terjaga

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya yang dapat diterapkan adalah dengan memanfaatkan gel lidah buaya. Ambil gel dari lidah buaya segar secukupnya, lalu oleskan secara merata ke seluruh area bibir. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Selain untuk menangani masalah bibir kering dan pecah-pecah, sejumlah penelitian juga menemukan adanya manfaat lain dari lidah buaya. Diantaranya yakni, untuk membantu menyembuhkan luka bakar tingkat satu hingga dua, mengurangi plak gigi, mengobati sariawan, mengatasi sembelit dan banyak lagi.

4. Manfaatkan Madu Murni

Cara mengatasi bibir kering

Gunakan hanya madu murni untuk mengatasi bibir kering

Sejak berabad-abad yang lalu, madu sudah dikenal sebagai obat alami untuk masalah kulit dan kondisi kesehatan lainnya. Ini tak luput dari berbagai kandungan didalamnya yang bersifat antimikroba, anti-inflamasi dan antioksidan.

Untuk mengatasi bibir kering, madu dapat dioleskan langsung atau dikombinasikan bersama gula pasir sebagai exfoliator. Namun pastikan madu yang digunakan adalah madu murni atau asli tanpa bahan tambahan lainnya.

Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Madu?

5. Haluskan Daging Buah Alpukat

Cara mengatasi bibir kering

Daging buah alpukat mengandung asam oleat dan linoleat yang bermanfaat untuk mengatasi bibir kering sekaligus memerahkan bibir

Alpukat dikenal kaya akan lemak sehat yang begitu bermanfaat bagi kesehatan. Namun siapa duga, nyatanya buah asli Meksiko dan Amerika Tengah ini dapat pula dijadikan solusi bijak dalam mengatasi bibir kering sekaligus membuat tampilan bibir tampak merah alami berkat kandungan asam oleat dan linoleat didalamnya.

Haluskan seperempat bagian daging buah alpukat yang telah matang, kemudian campurkan dengan ½ sdt minyak zaitun. Balurkan ke bibir secara merata sembari dipijat dengan lembut. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin sebagai perawatan harian.

Beberapa tips pencegahan

Untuk mempertahankan kelembapan bibir dan mencegah terulangnya masalah serupa, ada beberapa tips sederhana yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Tinggalkan kebiasaan menjilat bibir dengan tujuan untuk melembapkan.
  • Minum cukup air putih rata-rata 8 gelas/hari agar tubuh tetap terhidrasi.
  • Konsumsi banyak buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk bibir.
  • Hindari kebiasaan bernapas melalui mulut, termasuk merokok karena memicu mulut dan bibir menjadi mudah kering.
  • Gunakan pelembap udara dan sebisa mungkin jangan terlalu lama berada di ruangan ber-AC.
  • Jika sering menggunakan lipstik, usahakan untuk tidak memilih lipstik jenis matte atau yang tahan lama.

Terakhir, bila sering berakivitas di ruangan terbuka, gunakan masker ataupun syal untuk menutupi mulut. Bila ingin menggunakan lip balm, pilihlah produk lip balm yang mengandung SPF. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter, terlebih bila menemukan adanya tanda infeksi di sekitar mulut atau bibir.

SUMBER
#