Cara Memutihkan Ketiak Hitam yang Aman dan Efektif

Kurang percaya diri karena ketiak gelap? Bantu atasi dengan menerapkan sejumlah cara memutihkan ketiak berikut.

Cara memutihkan ketiak

Bagi sejumlah orang, khususnya kaum hawa, memiliki kulit ketiak yang gelap menjadi masalah tersendiri. Meski sebagian besar masalah ini bukan didasari oleh kondisi kesehatan serius, namun atas alasan kosmetik, memiliki kulit ketiak yang cerah tentu akan lebih baik.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengubah tampilan kulit ketiak yang hitam menjadi lebih cerah. Pilihannya berkisar dari bahan-bahan alami, penggunaan krim topikal hingga terapi laser.

Terapkan satu atau beberapa cara memutihkan ketiak berikut:

Cara memutihkan ketiak

1. Gunakan Kentang

Tanaman umbi-umbian satu ini ternyata memiliki manfaat dalam mencerahkan kulit berkat kadar vitamin C di dalamnya yang cukup tinggi. Sebagai cara memutihkan ketiak, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Pertama, kupas kulit kentang, lalu parut hingga halus. Setelah itu, aplikasikan langsung parutan kentang tersebut di area ketiak. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

2. Gula dan Minyak Zaitun

Campurkan 2 sdm gula pasir dan minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil, lalu aduk rata. Gosokkan ke area ketiak selama 2 menit, kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Bilas dengan air dingin sesudahnya.

Gula dapat bertindak sebagai eksfoliator yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sedangkan minyak zaitun memiliki manfaat untuk melembapkan sekaligus menghidrasi kulit. Oleh karena itu, kombinasi keduanya sangat tepat digunakan untuk mencerahkan kulit, termasuk kulit ketiak.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki kandungan asam amino dan laktat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi bekas luka. Selain itu, sifat astringen yang dimilikinya pun bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori serta membantu mencerahkan kulit.

Caranya sangat mudah, cukup tuangkan sedikit cuka sari apel pada kapas. Kemudian aplikasikan langsung ke area ketiak dengan cara ditepuk-tepuk. Diamkan beberapa saat sampai benar-benar kering sebelum di bilas. Ulangi setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

4. Kunyit

Selain dapat membantu memutihkan ketiak, kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang berkhasiat untuk menghilangkan bau tak sedap pada ketiak. Cara menggunakannya yakni, campurkan 2 sdm air perasan lemon dan bubuk kunyit atau kunyit yang telah dihaluskan secukupnya.

Selanjutnya, aduk kedua bahan tersebut hingga didapatkan tekstur layaknya pasta. Bila sudah, balurkan secara merata ke seluruh permukaan ketiak yang hitam dan diamkan selama 30 menit. Bilas sampai bersih setelahnya.

5. Mentimun

Iris mentimun menjadi beberapa lembaran tipis, kemudian gosokkan secara perlahan ke area ketiak yang nampak gelap. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Bahan lain yang dapat diterapkan persis dengan cara serupa yakni, irisan lemon, kulit jeruk dan irisan daun lidah buaya segar.

6. Krim dan Antibiotik Topikal

Penggunaan krim dengan kandungan tretinoin, hidroquinon, asam azelaic atau asam kojic juga dapat menjadi pilihan untuk memutihkan ketiak hitam. Jika disebabkan oleh bakteri seperti pada kasus eritrasma, maka dapat menggunakan antibiotik topikal seperti eritromisin atau klindamisin.

7. Obat Oral

Untuk kasus ketiak hitam yang sudah cukup parah dan tidak menanggapi pengobatan topikal, umumnya dokter kulit akan meresepkan pil retinoid. Selain untuk ketiak hitam, pil retinoid juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat, psoriasis dan beberapa masalah kulit lainnya.

8. Terapi Laser

Bagi yang memiliki bujet lebih, maka dapat memanfaatkan terapi laser di klinik kecantikan terpercaya dan bersertifikat. Terapi ini menjanjikan hasil yang memuaskan sekaligus dapat menghilangkan bulu ketiak dalam jangka panjang.

Namun demikian, semua itu tak bisa diperoleh dalam waktu singkat. Dibutuhkan hingga beberapa kali perawatan yang harus dilakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang permanen.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan

Untuk membantu mempercepat proses pencerahan kulit ketiak sekaligus mencegahnya kembali gelap, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain:

  • Ubah merek deodoran atau antiperspiran jika kulit ketiak sering iritasi. Atau hentikan sama sekali penggunaannya dan beralih ke bahan alternatif seperti soda kue atau cuka sari apel.
  • Disarankan untuk menghentikan kebiasaan mencukur bulu ketiak. Sebagai gantinya dapat melakukan waxing atau dengan laser hair removal. Jika masih ingin mencukur, pastikan untuk mengoleskan dahulu gel/krim cukur atau lotion pelembab.
  • Selalu kenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat. Pasalnya, penggunaan pakaian ketat terlalu sering dapat memicu penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran akibat banyaknya keringat.
  • Turunkan berat badan dengan olahraga secara teratur dan diet sehat. Berat badan berlebih dan pola makan buruk berpengaruh besar pada perubahan warna ketiak yang menjadi hitam.
  • Berhenti merokok. Kebiasaan buruk satu ini dapat menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi serta menimbulkan bau badan tak sedap.
SUMBER
#