Ingin Memiliki Bibir Menarik? Inilah Cara Membuat Bibir Merah Alami

Bibir merupakan kulit yang cukup menarik. Organ ini tidak memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Hal itu berguna agar kelembaban bibir tetap terus terjaga. Selain tidak memiliki kedua struktur tersebut, bibir juga merupakan lapisan kulit yang sangat tipis sehingga pembuluh-pembuluh darah yang ada di sekitarnya dapat terlihat. Itulah sebabnya bibir memiliki warna yang cenderung merah.

Memiliki bibir yang merah merona adalah dambaan hampir setiap wanita. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa wanita dengan bibir merah merona akan memiliki rasa percaya diri dibandingkan dengan mereka yang memiliki bibir kehitaman.

cara memerahkan bibir

Lantas, bagaimana cara membuat bibir merah alami selalu dan bukannya kehitaman?

Baik, untuk menjawab pertanyaan ini, maka kita mulai dengan mengenali masalahnya terlebih dahulu. Masalah yang dimaksud yaitu bibir kehitaman atau berwarna gelap.

Kenali Penyebab bibir berwarna gelap

  1. Penggunaan lipstick: efek jangka panjang pemakaian lipstick ternyata justru akan membuat bibir menjadi gelap. Hal itu dikarenakan di dalam lipstick terkandung logam dan zat paraffin yang berbahaya bagi bibir. Untuk itu, bersihkan lipstick sebelum tidur untuk mengurangi efek bahayanya.
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi teh dan kopi.
  3. Kurang mengkonsumsi buah dan sayuran.
  4. Alergi: beberapa orang memiliki alergi pada jenis kosmetik tertentu. Biasanya hal ini karena akibat dari seringnya ganti-ganti kosmetik. Beberapa jenis kosmetik memiliki kandungan timbal, mercury, dan wax yang cukup tinggi. zat-zat itulah yang merusak kulit, termasuk juga membuat bibir menghitam. Untuk itu, selalu baca ingrediens adalah solusi yang aman.
  5. Tidak menjaga kelembaban bibir.
  6. Mengigit bibir.
  7. Rokok: di dalam rokok terkandung zat nikotin. Zat ini dapat menjadikan pigmen pada bibir menjadi menebal sehingga bibir pun menjadi tidak sehat dan berwarna gelap.
  8. Paparan sinar matahari: sinar matahari pada siang hari mengandung UV yang jika terlalu lama dibawahnya akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah gelapnya warna bibir. Untuk itu, gunakan lip balm sebagai pelindung bagi bibir.
  9. Kekurangan nutrisi.
  10. Faktor usia yang semakin tua.
  11. Genetik atau keturunan.
  12. Konsumsi obat-obatan tertentu.
  13. Narkoba dan minuman beralkohol.

Cara Membuat Bibir Merah Alami

Setelah tahu apa yang membuat warna bibir menjadi gelap, maka kini saatnya anda mengetahui bagaimana untuk mengembalikan warna bibir agar merah alami seperti yang diinginkan banyak orang.

  1. Konsumsi air putih

Ini adalah cara yang paling mudah untuk membuat bibir merah merona. Dengan mengonsumsi air putih antara 8 – 10 gelas perhari, maka sistem metabolisme dalam tubuh pun akan lancar sehingga kulit, termasuk bibir pun akan segar dan merah merona.

  1. Madu gula

Cara berikutnya yang dapat anda lakukan untuk membuat bibir merah merona adalah dengan membuat pasta madu dan gula. Ramuan ini dapat mengembalikan sel-sel kulit yang mati serta merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit.

Cara menggunakannya sangat mudah. Buatlah ramuan dari madu dan gula pasir secukupnya. Gosokan secara perlahan pasta tersebut pada bibir anda lalu tunggu selama 15 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga dapat menambahkan lip balm.

  1. Pasta gigi

Bukan hanya menjadikan gigi putih bersih, pasta gigi juga dapat memerahkan bibir secara alami. Hal itu karena di dalam paasta gigi terkandung sejumlah senyawa seperti kalsium, kalium, magnesium, selenium, dan aneka senyawa lainnya yang bermanfaat untuk membuat bibir menjadi merah merona.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada seluruh permukaan bibir setiap selesai mandi. Setelah itu, diamkan selama 30 – 60 menit. Lalu bilaslah dengan air hangat. Cara yang lain anda dapat mengoleskan pasta gigi ini sebelum tidur lalu bersihkan saat bangun tidur. Yang harus anda ketahui adalah pasta gigi yang digunakan adalah pasta gigi non-gell. Hal ini karena pasta gigi non-gell dianggap lebih aman dan tidak terlalu panas di bibir.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di permukaan bibir. Cara menggunakannya adalah siapkan 2 – 3 sendok makan air perasan jeruk nipis, kemudian campur dengan gula pasir. Gunakan pasta ini untuk menggosok bibir anda selama 15 detik. Setelah itu, diamkan selama 30 menit agar ramuan bekerja memerahkan bibir anda. jika sudah, bilas bibir dengan air hangat. Lakukan cara ini 2 kali sehari sampai anda mendapatkan warna bibir yang diharapkan.

  1. Madu dan kunyit

Anda juga dapat menggunakan campuran madu dan kunyit sebagai ramuan untuk memerahkan bibir secara alami. Seperti kita tahu bahwa madu mengandung aneka nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan kunyit memiliki kandungan curcuminoid yang dapat melembutkan dan memutihkan kulit. Cara menggunakan ramuan ini adalah buatlah pasta yang terdiri dari madu dan bubuk kunyit. Gunakan pasta tersebut untuk menggosok bibir. Lakukan cara ini dengan rutin agar anda mendapatkan bibir merah merona.

  1. Mentega

Bukan hanya berfungsi sebagai pelezat makanan, mentega juga bermanfaat untuk membuat bibir menjadi merah alami. Menurut hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris yang menyatakan bahwa mengoleskan mentega pada bibir dapat menjadikan bibir merah merona alami 75% lebih cepat dibandingkan dengan cara yang lain. Bagi anda yang akan menggunakan cara tersebut, anda dapat mengoleskan mentega pada seluruh permukaan bibir menjelang tidur. Pijatlah bibir selama beberapa saat lalu diamkan sampai pagi. Lakukan cara ini setiap hari sampai anda mendapatkan warna bibir yang diharapkan.

  1. Minyak zaitun

minyak zaitun kaya akan kandungan seperti mineral alami, vitamin E, dan antioksidan. Zat-zat ini sangat baik jika digunakan untuk mengembalikan bibir gelap agar merah merona kembali. Cara menggunakannya sangat mudah. oleskan minyak zaitun lalu diamkan selama 10 – 15 menit. Setelah itu, bilas bibir dengan air dingin. Yang harus anda ingat adalah cara tersebut hanya bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun asli. Jadi, jika anda menggunakan cara ini pastikan minyak zaitun yang digunakan adalah produk asli.

  1. Alpukat

Selain rasanya yang sangat segar, buah yang satu ini juga memiliki manfaat untuk memeerahkan bibir secara alami. Hal itu karena di dalam alpukat terkandung antioksidan alami dan vitamin E yang sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati. Cara menggunakannya buatlah jus alpukat kemudian campur dengan minyak zaitun. Gosokan pasta ini pada seluruh permukaan bibir anda. diamkan selama beberapa saat atau sampai bibir terasa kaku lalu bilas dengan air dingin.

  1. Mengurangi konsumsi kafein dan alkohol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab gelapnya warna bibir adalah akibat dari konsumsi kopi dan minuman beralkohol. Untuk itu, hindari minuman-minuman ini untuk mendapatkan bibir yang merah merona. Anda dapat mengganti minuman-minuman tersebut dengan jus buah yang segar dan menyehatkan.

  1. Minyak jarak

Cara memerahkan bibir secara alami yang berikutnya adalah menggunakan minyak jarak atau disebut juga dengan castor oil. Cara menggunakannya sangat mudah. Gosok bibir secara perlahan dengan menggunakan minyak jarak. Diamkan selama semalaman agar minyak bekerja memerahkan bibir anda. setelah itu, bilas bibir dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap hari sampai bibir anda merah seperti yang diinginkan.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami kita pun dapat memperoleh bibir yang merah merona. Dengan begitu memiliki bibir yang merah bukan lagi mimpi tapi kita dapat mewujudkannya.

Demikianlah pembahasan tentang cara membuat bibir merah alami. Semoga bermanfaat.

Oleh Salsabila