Cara Meluruskan Rambut Ikal Secara Alami

Pada dasarnya rambut ikal merupakan jenis rambut yang indah dan banyak diimpikan oleh setiap orang, terutama bagi para wanita. Hanya saja sulit untuk menata jenis rambut yang satu ini menjadikan sebagian orang ingin meluruskan rambut ikal, apa lagi saat bad hair day yang membuat beberapa orang menyerah untuk menata rambutnya.

Untuk itu, cara meluruskan rambut ikal adalah cara yang banyak dilakukan oleh orang. Dengan memiliki rambut lurus, maka anda pun akan dengan mudah untuk mengvaryasikan penampilan rambut sesuai dengan suasana saat itu.

cara meluruskan rambut ikal

Baca juga perawatan rambut lainnya:

Bagimana Cara meluruskan rambut ikal secara alami?

Bagi anda yang memiliki rambut ikal dan bermaksud akan meluruskannya, anda dapat menggunakan tips dibawah ini:

  1. Flat iron

Flat iron adalah alat yang secara khusus dibuat untuk menata rambut, khususnya untuk meluruskan rambut. Cara kerja alat ini adalah dengan memanaskan rambut untuk kemudian diluruskan. Namun banyak orang yang merasa khawatir untuk menggunakan alat yang satu ini. Rambut kering dan rusak akibat panas yang ditimbulkan dari flat iron adalah kehawatiran yang sering dirasakan oleh kebanyakan orang. Sebenarnya anda tidak perlu hawatir untuk menggunakan alat ini.

Agar rambut anda tidak rusak oleh flat iron adalah dengan mengatur suhu Flat Iron sesuai dengan rambut anda. langkah berikutnya adalah dengan cara untuk menggunakannya adalah basahi rambut anda lalu biarkan setengahkering. Setelah itu, semprotkan serum rambut lalu bagi rambut ke dalam beberapa bagian. Kemudian mulailah meluruskan rambut dengan flat iron yang dimulai dari rambut yang posisinya di atas leher. Setelah itu, lanjutkan ke seluruh bagian rambut. Segera hentikan penggunaan flat iron jika terdengar suara desisan pada rambut.

  1. Santan

Tidak hanya untuk membuat makanan saja, santan juga dapat digunakan untuk meluruskan rambut ikal. Cara menggunakannya adalah siapkan 1 cangkir santan lalu campurkan dengan setengah air perasan buah lemon. Setelah itu, masukan ramuan tersebut ke dalam lemari pendingin selama 1 jam. Gunakan ramuan ini untuk mengolesi seluruh bagian rambut anda. untuk mempercepat proses penyerapan nutrisi, bungkus rambut dengan handuk lalu diamkan selama 30 – 50 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan air dan shampoo.

  1. Susu

Susu adalah cairan yang kaya akan nutrisi. Tidak hanya baik untuk tubuh saja, tapi nutrisi yang terkandung di dalamnya juga dapat menjadikan rambut lurus secara alami. Cara menggunakannya keringkan rambut anda lalu semprotkan susu ke seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 10 – 20 menit agar susu bekerja meluruskan rambut anda. setelah itu, bersihkan rambut dengan air.

  1. Pasta

Selain dengan susu, kita juga dapat menggunakan pasta sebagai cara untuk meluruskan rambut ikal. Bahan-bahan seperti susu, madu, dan pisang adalah bahan yang sangat baik untuk menutrisi rambut. Cara untuk membuatnya pun sangat mudah. Ambil secangkir susu yang dicampur dengan sedikit madu dan sebutir pisang. Aduk sampai membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke seluruh rambut sampai merata. Agar mendapatkanh\ hasil yang maksimal, diamkan terlebih dahulu selama 1 jam atau sampai pasta tersebut mengering dengan sendirinya kemudian bilas dengan shampoo. Dengan melakukan cara tersebut secara rutin, rambut lurus pun akan anda dapatkan.

  1. Minyak zaitun

Di dalam minyak zaitun terkandung aneka nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Untuk itulah tidak heran jika minyak yang satu ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu, minyak zaitun pun dapat digunakan untuk meluruskan rambut ikal. Caranya, siapkan 2 butir telur lalu kocok sampai antara kuning dan putihnya tercampur secara merata. Setelah itu, campurkan minyak zaitun dalam jumlah yang cukup banyak sampai telur tersebut berminyak. Oleskan ramuan ini ke seluruh bagian rambut sampai seluruh bagiannya tertutup. Diamkan selama 45 menit lalu bersihkan dengan air dan shampoo. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan cara ini 2 – 3 kali dalam seminggu sampai anda mendapatkan rambut lurus yang diinginkan.

  1. Minyak jarak

bahan lain yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut ikal adalah minyak jarak. Minyak jarak atau kastor ternyata memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan rambut. Cara menggunakannya pun sangat mudah. panaskan minyak jarak beberapa saat. Setelah itu, oleskan minyak ini ke seluruh permukan kulit kepala anda. bungkus rambut dengan handuk hangat (sebelumnya direndam dalam air panas) selama 30 menit. Dan jika seluruh proses tersebut sudah anda lakukan, bilas rambut dengan air bersih dan shampoo.

  1. Minyak kedelai

Di dalam minyak kedelai terkandung O-Mega 3 yang dapat menutrisi rambut. Cara menggunakannya campurlah 1 sendok makan minyak kedelai dengan 2 sendok makan minyak jarak. Gunakan campuran ini untuk dioleskan ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama 20 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Minyak almond

Jenis minyak lain yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut adalah minyak almond. Fungsi dari minyak ini seperti kondisioner. Tapi kelebihannya adalah minyak almond adalah bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak menimbulkan efek samping. Cara menggunakannya anda cukup mengoleskan minyak almond ini setelah mandi. Kemudian diamkan sampai rambut kering dengan sendirinya.

  1. Jel lidah buaya

Manfaat lidah buaya sebagai jel untuk membuat rambut indah sudah tidak diragukan lagi. jel ini sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi kerusakan-kerusakan pada rambut. Bagi anda yang ingin menjadikan lidah buaya untuk meluruskan rambut ikal, siapkan setengah gelas jel lidah buaya lalu campurkan dengan minyak esensial hangat. Aduk antara sampai minyak dan jel tercampur dengan rata. Setelah itu, oleskan masker tersebut ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama 45 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

  1. Masker pisang dan pepaya

Tidak hanya rasanya yang enak, kedua buah ini jugga dapat digunakan untuk membuat rambut ikal menjadi lurus. Cara untuk menggunakannya adalah buatlah pasta yang terdiri dari pisang, pepaya, dan madu. Campurlah psepotong pisang dan pepaya dengan perbandingan yang sama. setelah itu, tambahkan sedikit madu lalu campur kembali sampai rata. Gunakan pasta ini untuk mengolesi seluruh bagian rambut. Diamkan selama 1 jam atau sampai pasta tersebut kering sebelum dibilas dengan air bersih.

  1. Telur

Selain dapat dikombinasikan dengan minyak zaitun, secara terpisah telur juga dapat digunakan sebagai pelurus rambut ikal secara alami. Cara menggunakannya pun sangat mudah. siapkan telur secukupnya (sesuai dengan panjang dan pendeknya rambut anda) lalu kocok sampai antara kuning dan putihnya tercampur dengan rata. Setelah itu, oleskan telur tersebut ke seluruh bagian rambut anda. Diamkan selama setengah jam baru kemudian anda bilas dengan air bersih dan shampoo.

Sangat mudah untuk membuat rambut ikal menjadi lurus secara alami. Anda tinggal menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar maka rambut ikal pun akan segera lurus dengan alami.

Demikian tadi pembahasan tentang cara meluruskan rambut ikal secara alami. Semoga bermanfaat.

Oleh Salsabila