Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Apakah Bibir  anda kering, pecah-pecah, dan menyakitkan? jika ya cobalah beberapa metode perawatan bibir dan cara mengatasi bibir pecah-pecah berikut ini. Langkah-langkah ini begitu mudah untuk Anda ikuti.

Metode 1  Perawatan Bibir Sehari-hari (Pencegahan)

Langkah-langkah berikut ini digunakan untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah yang terdiri dari perawatan sederhana sehari-hari.

Banyak Minum.  Ketika seseorang mengalami dehidrasi atau kurang minum, maka terlihat tanda-tandanya salah satunya adalah bibir kering jika berlangsung lama bibir bisa pecah-pecah. Jadi pastikan Anda cukup minum sehingga tubuh dan bibir terhidrasi dengan baik. Apalagi Indonesia merupakan daerah iklim tropis sehingga harus cukup minum dengan jumlah minimal 8 gelas perhari.

Gunakan Pelindung Bibir. Bibir yang terpapar matahari langsung, angin, dan dingin akan membuat bibir mudah kering. Oleh karena selalu gunakan lip balm untuk melindungi bibir Anda. Gunakan itu tiga puluh menit sebelum Anda pergi ke luar.

mangatasi bibir keringCukupi Kebutuhan Vitamin dan Nutisi Lainnya. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan bibir Anda kering dan pecah-pecah. Jadi, pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin dan mineral berikut:

  • Vitamin B
  • Besi
  • Asam Lemak Esensial
  • Multivitamin
  • Mineral Suplemen

 

Metode 2: Menggunakan Aplikasi topikal (Mengatasi Sekaligus Mencegah)

Aplikasi topikal maksudnya adalah menggunakan bahan-bahan yang dipakai langsung pada bibir, penjelasan lebih lengkap sebagai berikut:

Oleskan pelembab. Menggunakan pelembab akan membantu bibir tetap terhidrasi dan menyerap kelembaban yang lebih mudah. Pelembab merupakan bagian penting untuk menjaga bibir tetap lembab dan terhindar dari kekeringan. Bahan-bahan berikut ini bisa dijadikan pelembar bibir:

  • Butter / mentega
  • Minyak Vitamin E
  • Minyak Kelapa

Gunakan lip balm. Balsem bibir atau yang lebih dikenal dengan istilah lip balm akan mempercepat mengatasi bibir pecah-pecah dan mencegahnya di kemudian hari. Lip balm juga membantu melembabkan dan melindungi bibir terhadap iritasi.

  • Oleskan lip balm setiap satu atau dua jam untuk mengatasu bibir kering dan pecah-pecah.
  • Gunakan balm dengan SPF minimal 16 untuk menyelamatkan bibir sengatan sinar matahari yang merusak.
  • Terapkan chapstick hanya setelah Anda telah menerapkan pelembab.

mengatasi bibir pecah-pecah

Coba gunakan Vaseline. Vaseline dapat membantu melindungi bibir Anda. Menggunakan Vaseline juga dapat membantu melindungi terhadap sinar matahari, yang dapat membuat bibir kering dan retak-retak. Vaseline hanya akan membantu untuk menutup bibir terhadap kerusakan lebih lanjut atau kekeringan. Vaseline tidak akan melembabkan bibir.

Metode 3 : Menghindari Iritasi

Jangan gunakan lipstik dengan pewarna. Berhenti menggunakan lipstik dengan pewarna apabila terjadi reaksi alergi. Jika anda curiga terjadi alergi maka gunakanlah sedikit saja. Selalu membaca label saat membeli lipstik baru dan menghindari pewarna yang menyebabkan reaksi alergi.

Jangan menjilati bibir Menjilat bibir akan menyebabkan bibir lebih pecah -pecah. Meskipun mungkin tampaknya ini membantu menjaga agar tetap basah dan lembab, Namun ternyata itu benar-benar membuat bibir lebih kering dan pecah-pecah. Gunakan pelembab sebagai gantinya.

Tidak menggigit atau memilin bibir. Menggigit bibir menghilangkan pelindung mereka yang menyebabkan pengeringan lebih lanjut. Beri kesempatan bibir untuk menyembuh dengan tidak menggigit gigit.

Hindari makanan tertentu. Makanan pedas dan asam dapat mengiritasi bibir. Perhatikan bibir Anda setelah makan dan mencari tanda-tanda iritasi. Jika sudah ketemu maka hindarilah makanan tersebut, contoh makanan penyebab iritasi antara lain:

  • Cabai atau saus cabai.
  • Makanan yang sangat asam seperti tomat.
  • Mangga asam dan lain-lain.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah serta langkah pencegahan. SELAMAT MENCOBA!!!

wana