Cara Alami Mengatasi Hidung Mampet

Dapatkan kembali kelegaan jalan napas dengan menerapkan sejumlah cara mengatasi hidung mampet berikut.

Cara mengatasi hidung mampet

Menjengkelkan sekali rasanya saat hidung menjadi mampet. Aktivitas sehari-hari terganggu bahkan untuk tidur nyenyak di malam hari pun terasa sulit. Kondisi yang terjadi akibat adanya peradangan pembuluh darah di area sinus ini biasanya dipicu oleh flu, pilek, alergi atau infeksi sinus. Untuk mengatasinya, ada sejumlah cara alami yang dapat diterapkan.

Berikut sederet cara mengatasi hidung mampet selengkapnya:

1. Hirup Uap Air Panas

Cara mengatasi hidung mampet

Hirup uap dari air panas atau mandilah dengan air hangat untuk membantu mengencerkan lendir

Siapkan baskom berisi air panas, tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak mint. Selanjutnya, tutup kepala dengan handuk. Lalu hirup uap panasnya dari jarak aman dan perlahan. Lakukan selama beberapa menit.

Metode inhalasi uap sederhana ini terbukti dapat membantu mengencerkan lendir di hidung sekaligus mengurangi peradangan. Cara serupa yang dapat diterapkan adalah dengan berendam atau mandi air hangat dari shower.

2. Lakukan Irigasi Nasal

Cara mengatasi hidung mampet

Tindakan irigasi nasal atau cuci hidung dapat meringankan peradangan dan melegakan pernapasan

Tindakan irigasi nasal atau cuci hidung merupakan pengobatan tradisional yang memiliki sejumlah manfaat. Diantaranya untuk mengencerkan lendir, menjaga kelembapan hidung, membersihkan hidung dari debu dan partikel lainnya yang terhirup, meringankan peradangan dan banyak lagi.

Cara dan alat yang digunakan pun terbilang sederhana. Pertama, siapkan cairan salin dan spuit atau suntikan tanpa jarum yang keduanya dapat diperoleh di apotek.

Selanjutnya, tuangkan cairan salin ke dalam mangkuk berukuran sedang, lalu sedot menggunakan spuit. Semprotkan secara bergantian pada kedua lubang hidung dan cuci bersih tangan serta alat yang digunakan setelahnya.

3. Terapkan Kompres Hangat

Cara mengatasi hidung mampet

Letakkan kompres air hangat di area sekitar hidung dan dahi guna mengatasi hidung tersumbat

Rendam handuk kecil ke dalam sebuah wadah berisi air hangat. Kemudian, peras sisa air dari handuk dan kompreskan di area atas hidung atau dahi bagian bawah. Biarkan beberapa saat sampai handuk kembali terasa dingin. Angkat dan ulangi lagi hal yang sama sesering mungkin.

Selain efektif untuk membantu mengatasi hidung tersumbat, kompres air hangat juga berkhasiat dalam meredakan kekakuan dan nyeri otot yang seringkali menyertai saat sedang menderita flu ataupun sinusitis.

4. Konsumsi Makanan Pedas

Cara mengatasi hidung mampet

Rempah-rempah pedas mengandung senyawa capsaicin dan allyl isothiocyanate yang bersifat anti-inflamasi & mampu meningkatkan produksi lendir

Saat hidung tersumbat melanda, cobalah racik makanan pedas dengan memasukkan bahan-bahan utamanya yakni cabai, lada juga jahe. Di dalam rempah-rempah pedas ini terdapat senyawa capsaicin dan allyl isothiocyanate yang bersifat anti-inflamasi sekaligus mampu merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak lendir.

5. Perbanyak Asupan Cairan

Cara mengatasi hidung mampet

Perbanyak asupan cairan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi & mengurangi tekanan pada sinus

Penting untuk memperbanyak asupan cairan saat mengalami flu atau hidung tersumbat. Termasuk diantaranya minum air putih, jus buah, konsumsi sup hangat, minuman herbal seperti bandrek dan lain sebagainya.

Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan tentunya untuk membantu mengencerkan lendir serta mengurangi tekanan pada sinus.

Terakhir, konsumsilah lebih banyak makanan tinggi antioksidan seperti sayuran dan buah-buahan guna membantu meningkatkan sitem imun. Istirahatlah di dalam kamar dengan kelembapan udara yang cukup dan hindari berbagai iritasi seperti asap rokok, debu dan bulu hewan peliharaan. Segera periksakan diri ke dokter bila masalah hidung mampet yang dialami tak kunjung reda kurun waktu 3 hari.

SUMBER
#