Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui Agar ASI Berkualitas

Yuk Bunda, bantu tingkatkan produksi dan kualitas ASI dengan konsumsi berbagai buah yang baik untuk ibu menyusui berikut.

buah untuk ibu mneyusui

Ada banyak alasan mengapa pemberian ASI – terutama ASI eksklusif selama 6 bulan penuh sejak bayi dilahirkan, begitu penting. Pertama dan yang utama yakni karena dapat meningkatkan sistem imun yang mampu menjamin kesehatan optimal sekaligus melindungi si kecil dari berbagai risiko infeksi.

Sementara bagi Bunda sendiri, di samping memperkuat ikatan batin, menyusui juga dapat menunda kembalinya kesuburan, mempercepat pemulihan pasca persalinan serta mengurangi risiko dari kanker payudara, kanker ovarium, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Oleh karena itu, pemberian ASI atau masa-masa menyusui seperti ini sebaiknya benar-benar dimaksimalkan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sejumlah makanan kaya nutrisi seperti buah-buahan agar produksi maupun kualitas ASI dapat terus dipertahankan.

Berikut beragam pilihan buah untuk ibu menyusui yang direkomendasikan

1. Alpukat

Alpukat kaya akan sumber asam lemak esensial juga folat yang sangat bermanfaat bagi perkembangan otak dan kecerdasan bayi. Kandungan seratnya yang cukup tinggi juga mampu membantu mengurangi lonjakan gula darah dan mencegah masalah konstipasi selama menyusui.

2. Pepaya Muda

Pilihan buah yang baik untuk ibu menyusui selanjutnya adalah pepaya muda atau yang masih mengkal. Pasalnya, pepaya muda dapat menjadi ASI booster lantaran mengandung senyawa yang mampu mengaktifkan reseptor hormon prolaktin yang berpengaruh besar terhadap produksi ASI.

Untuk menyiasati rasa pepaya muda yang tak seenak dibandingkan pepaya matang, maka olahlah dengan cara ditumis, dikukus atau dijadikan bahan dasar sayuran seperti sayur lodeh.

3. Pisang

Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalium agar keseimbangan cairan dan eletrolit di dalam tubuh tetap terjaga. Dan pisang merupakan salah satu buah dengan kandungan kalium yang cukup tinggi. Selain itu, konsumsi pisang saat menyusui juga dibutuhkan sebagai tambahan energi di sela-sela makan besar.

4. Aprikot

Kaya akan beta-karoten, serat dan antioksidan membuat aprikot patut masuk ke dalam daftar buah yang baik untuk ibu menyusui. Beberapa ahli pun menyarankan konsumsinya selama menyusui karena termasuk sebagai galaktagog alami berkat kandungan fitoestrogen didalamnya yang dapat membantu menyeimbangkan hormon yang memengaruhi laktasi.

5. Mangga

Mangga adalah sumber flavonoid dan vitamin A yang berperan sebagai antioksidan penting dalam menyokong sistem imun. Untuk diketahui, bayi yang usianya belum genap 6 bulan mengandalkan sepenuhnya kecukupan vitamin A dari ASI. Jadi, penting sekali bagi ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan vitamin A setiap harinya.

Pemerintah Indonesia sendiri telah lama menjalankan program gratis pemberian kapsul vitamin A setiap tahunnya bagi anak usia 6-59 bulan yang diberikan di Puskesmas dan Posyandu setiap bulan Februari dan Agustus. Melalui program ini, diharapkan kecukupan asupan vitamin A secara nasional dapat terpenuhi.

6. Melon

Sama halnya dengan mangga, melon pun merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Bahkan menjadi salah satu yang tertinggi diantara genus Cucurbita. Dimana dalam 100 gram buah melon terkandung sekitar 3382 IU vitamin A atau mampu mencukupi 112% dari asupan harian vitamin A yang disarankan.

Itulah beberapa pilihan buah yang baik untuk ibu menyusui, disamping beberapa pilihan lainnya seperti buah tin dan sawo. Maka pastikan untuk mengonsumsinya setiap hari. Sementara itu, untuk buah yang perlu dibatasi asupannya selama menyusui yakni buah yang tinggi sitrat seperti lemon, jeruk, dan nanas serta buah-buahan dengan efek pencahar yang kuat seperti ceri dan plum.

Selanjutnya, bila memiliki masalah dalam menyusui, jangan segan untuk lekas berkonsultasi dengan ahli gizi maupun dokter agar segera mendapati solusi terbaik dalam mengatasinya.

SUMBER
#