Cara Mudah Mengatasi Sakit Perut Saat Haid Hari Pertama

Nyeri haid terasa amat mengganggu? Redakan dengan sejumlah cara mengatasi sakit perut saat haid hari pertama berikut.

Cara mengatasi sakit perut saat haid

Salah satu hal paling menyebalkan saat kedatangan tamu bulanan adalah adanya rasa nyeri atau sakit di perut. Suatu kondisi yang disebut juga dengan dismenore ini merupakan hal normal yang dialami sebagian besar wanita usia subur.

Kondisi ini sendiri pada dasarnya disebabkan oleh kontraksi otot rahim yang dipicu oleh pelepasan hormon prostaglandin. Semakin banyak hormon prostaglandin yang diproduksi atau dilepaskan, maka rasa sakit yang dirasakan pun akan semakin menjadi.

Untuk membantu membebaskan diri dari rasa sakit semacam ini – terlebih di hari pertama haid, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pilihan paling cepat yakni, dengan konsumsi obat pereda nyeri. Alternatif lainnya bisa dengan menerapkan kompres air hangat, melakukan pijatan lembut hingga melalui orgasme.

Berikut berbagai cara mengatasi sakit perut saat haid hari pertama selengkapnya:

Cara mengatasi sakit perut saat haid

1. Minum Obat Pereda Nyeri

Cara mengatasi sakit perut saat haid hari pertama yang paling cepat adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri golongan anti inflamasi non-steroid, seperti ibu proprofen dan asam mefenamat.

Obat golongan ini bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin sebagai mediator peradangan di dalam tubuh sehingga rasa nyeri yang dirasakan akan segera mereda.

Sebagian besar obat anti inflamasi non-steroid dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter. Contoh merk dagangnya yakni, Mefinal, Ponstan, Licostan, Moris, Axofen dan banyak lagi. Meski beberapa diantaranya dapat dibeli bebas di apotek, namun ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dahulu dengan dokter atau apoteker, jangan sembarangan mengonsumsi.

2. Terapkan Kompres Hangat

Tempelkan botol kaca berisi air hangat atau bantal pemanas ke perut bagian bawah dan punggung bagian bawah selama beberapa menit secara bergantian. Cara ini dapat membantu mengendurkan otot-otot di area rahim dan sekitarnya, membuat sensasi nyeri atau kram yang dialami menjauh.

Cara lain yang dapat dilakukan yakni, dengan mengguyur tubuh atau berendam di dalam air hangat. Jika ingin lebih ringkas lagi, tempelkan saja koyo hangat pereda nyeri pada area perut yang terasa sakit.

3. Berikan Pijatan Lembut

Massage atau pijat menjadi upaya penyembuhan yang aman, mudah dan efektif dari keluhan sakit perut atau nyeri haid yang dialami. Cara ini dapat dilakukan sendiri di rumah atau dengan bantuan orang yang sudah ahli.

Ada tiga titik tubuh yang bisa dipijat, yakni:

  • Empat jari di atas mata kaki.
  • Punggung tangan pada tonjolan tertinggi di antara ibu jari dan telunjuk.
  • Empat jari ke arah bawah dari tempurung lutut.

Berdasarkan sejumlah penelitian, melakukan pijatan lembut di area tubuh tertentu ini dapat membantu merangsang hipotalamus untuk melepaskan hormon endorfin, menetralkan kelebihan kortisol dan meningkatkan sirkulasi darah yang kesemuanya berdampak positif terhadap berkurangnya rasa nyeri.

Untuk hasil lebih optimal, oleskan dahulu area yang hendak di pijat dengan minyak esensial. Pastikan untuk menambahkan carrier oil (minyak pelarut) ke dalam minyak esensial sebelum digunakan dengan perbandingan 1 tetes minyak esensial : 1 sdt carrier oil.

4. Coba Obat Herbal

Ada sejumlah obat herbal dengan kandungan senyawa anti-inflamasi dan antispasmodik yang diyakini para ahli dapat mengurangi kontraksi otot dan peradangan terkait dengan nyeri haid.

Beberapa diantaranya adalah kunyit, jahe, kayu manis dan biji adas. Buatlah ramuan herbal ini dengan merebus secara bersamaan ke-4 rempah-rempah tersebut. Minum sebanyak 2 kali sehari.

5. Mencapai Orgasme

Cara mengatasi sakit perut saat haid di hari pertama lainnya yang patut dicoba adalah dengan orgasme. Pencapaian orgasme pada wanita diyakini dapat melepaskan hormon endorfin dan banyak hormon lainnya yang bekerja sebagai pereda nyeri alami.

Untuk mencapai orgasme, seorang wanita dapat melakukannya sendiri melalui masturbasi dengan terus memberikan rangsangan pada bagian-bagian tubuh yang sensitif. Bagi yang telah memiliki suami, maka dapat melakukan petting bersama. Yang terpenting, orgasme saat menstruasi tidak boleh dicapai melalui penetrasi – masuknya Mr P ke dalam Miss V.

6. Lakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga saat perut sedang sakit memang nampak konyol. Namun anjuran ini sendiri bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, dengan berolahraga tubuh akan melepaskan endorfin yang dapat membantu mengusir rasa sakit. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengendurkan otot dan meningkatkan suplai darah ke daerah panggul.

Cukup lakukan olahraga ringan saja, misalnya seperti jalan kaki, jogging, yoga atau bahkan dengan melakukan beragam pekerjaan rumah seperti, menyapu, mengepel lantai rumah, memasak, mencuci piring dan berbagai hal lain yang dapat membuat tubuh bergerak aktif.

Kiat penting lainnya

Beberapa kiat lain yang perlu diperhatikan guna meredakan sakit perut saat haid yang dialami diantaranya:

  • Tingkatkan asupan cairan, terutama air putih hangat.
  • Hindari sementara konsumsi minuman berkafein.
  • Konsumsi suplemen atau makanan kaya magnesium, vitamin B6, B1, omega-3 dan vitamin E.
  • Hindari minuman beralkohol dan rokok.
  • Membatasi asupan garam.

Segera periksakan diri ke dokter bila sakit perut yang dialami tak juga mereda dalam 3 hari atau sering mengalami nyeri haid yang parah disertai gejala lain seperti keputihan abnormal, sakit tiap berhubungan intim, periode menstruasi yang sangat berat juga panjang, dll.

Kemungkinan besar kondisi tersebut merupakan pertanda dari dismenore sekunder akibat adanya masalah pada organ reproduksi, seperti endometriosis, adenomiosis, stenosis serviks, penyakit radang panggul dan lainnya seperti dijelaskan berikut: Menelisik Penyebab Nyeri Haid yang Menyakitkan

SUMBER
#