Begini Cara Mengatasi Kulit Kering Agar Kembali Segar & Sehat

Tak perlu bingung, ada banyak cara mengatasi kulit kering yang mudah dilakukan di rumah dan efektif.

cara mengatasi kulit kering

Memiliki kulit sehat dan bercahaya tentu menjadi dambaan setiap orang, terlebih bagi kaum wanita. Namun kenyataan tak selalu berjalan beriringan dengan keinginan. Alih-alih memiliki kulit sehat dambaan, kondisi kulit yang ada justru nampak kering, kusam bahkan bersisik.

Permasalahan kulit kering sendiri dapat dipicu oleh beragam faktor penyebab. Diantaranya seperti udara kering, paparan sinar matahari berlebih, gaya hidup sehari-hari, usia yang semakin menua, penggunaan obat-obatan dan kondisi kesehatan tertentu yang mendasari.

Untuk mengatasi kondisi kulit seperti ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Misal dengan memanfaatkan minyak kelapa, gel lidah buaya, mandi oatmeal dan beragam cara lainnya yang mudah diterapkan di rumah.

Berikut sederet cara mengatasi kulit kering selengkapnya:

1. Gunakan Minyak Kelapa

cara mengatasi kulit kering

Minyak kelapa bersifat emolien dan moisturizer yang dapat menghaluskan sekaligus melembapkan kulit

Minyak kelapa dikenal sebagai salah satu bahan alami yang efektif untuk mengatasi kulit kering. Manfaat ini hadir berkat kandungan asam lemak jenuh didalamnya yang memiliki sifat emolien dengan cara mengisi celah-celah di antara sel-sel kulit sehingga mampu menciptakan permukaan kulit yang halus.

Cukup oleskan minyak kelapa 3 kali seminggu pada area kulit manapun yang dirasa kering. Jangan menggunakannya terlalu sering, karena justru berisiko menyumbat pori-pori yang apabila terus dibiarkan maka akan memicu timbulnya jerawat.

2. Mandi Oatmeal

cara mengatasi kulit kering

Mandi dengan oatmeal bermanfaat sebagai perawatan kulit kering dan masalah kulit lainnya

Oatmeal tak hanya bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan yang menyehatkan, namun dapat pula dimanfaatkan sebagai perawatan kulit kering bahkan untuk penyembuhan ruam cacar air. Aplikasinya yakni dengan meramunya sebagai lulur mandi.

Caranya cukup mudah, hancurkan 2 cangkir oatmeal hingga teksturnya cukup halus namun jangan terlampau halus sampai menjadi bubuk. Setelah itu, masukkan oatmeal ke dalam  bak mandi atau jacuzzi yang berisi air panas. Tunggu beberapa saat hingga air mulai mendingin, lantas berendamlah selama kurang lebih 10 menit.

3. Oleskan Gel Lidah Buaya

cara mengatasi kulit kering

Lidah buaya mengandung banyak senyawa dan nutrisi yang berkhasiat dalam mempertahankan kelembapan kulit

Rekomendasi lainnya yang dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif cara mengatasi kulit kering yakni dengan memanfaatkan gel lidah buaya. Lidah buaya mengandung banyak senyawa antioksidan, nutrisi serta zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Cukup oleskan gel dari lidah buaya segar pada area kulit yang kering di pagi dan malam hari. Untuk penggunaan di malam hari, oleskan pada kulit sebelum tidur dan biarkan sepanjang malam sebelum di bilas di pagi harinya.

4. Perbanyak Asupan Makanan Kaya Antioksidan & Omega-3

cara mengatasi kulit kering

Kesehatan kulit harus senantiasa dijaga dengan memperbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan dan omega-3

Selain dari luar tubuh, perawatan kulit kering juga perlu ditunjang melalui asupan dari dalam tubuh. Perbanyaklah konsumsi makanan kaya antioksidan dan omega-3, termasuk buah-buahan, sayuran dan ikan berlemak agar kesehatan kulit senantiasa terjaga.

Batasi konsumsi makanan asin dan gorengan yang dapat memicu kulit dehidrasi. Hindari sama sekali minuman beralkohol dan rokok, karena keduanya tak sekedar buruk bagi kesehatan kulit, melainkan kesehatan tubuh keseluruhan.

5. Aplikasikan Pelembap Setiap Hari Setelah Mandi

cara mengatasi kulit kering

Aplikasikan secara rutin pelembab berbahan dasar minyak setiap hari setelah mandi guna mencegah kulit kering

Rutin mengaplikasikan pelembab segera setelah mandi menjadi langkah penting selanjutnya yang perlu diterapkan guna mengatasi atau mencegah kulit kering. Khusus untuk kulit kering, pilihlah pelembab berbahan dasar minyak dan mengandung berbagai bahan tambahan yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Misalnya seperti pelembap berbahan petrolatum atau petroleum jellyhyaluronic acid, gliserin, dimethicone, urea dan lainnya. Di samping itu, sebisa mungkin hindari penggunaan produk perawatan kulit – termasuk sabun dan losion yang mengandung alkohol, pewangi tambahan, retinoid dan alpha-hydroxy acid (AHA).

Perhatikan pula beberapa kiat berikut ini:

Beberapa kiat lainnya yang perlu diterapkan agar kulit kering menjadi lebih lembap dan sehat diantaranya yakni:

  • Hindari mandi terlalu lama, cukup 10 menit saja dan jangan terlalu sering mandi menggunakan air hangat.
  • Jangan terlalu sering berada di ruangan ber-AC.
  • Gunakan selalu tabir surya, terutama bagi yang kerap beraktivitas di ruang terbuka.
  • Kenakan selalu pakaian berbahan lembut dan longgar agar terhindar dari gesekan yang dapat memicu iritasi kulit.

Selain itu, pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan cukup minum air putih setiap hari. Kelola stres sebaik mungkin dan tidurlah secukupnya. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter kulit, terlebih saat timbul gejala lain seperti gatal-gatal dan kemerahan. Bisa jadi kondisi kulit kering dan gejala yang menyertainya tersebut pertanda dari penyakit kulit seperti eksim, rosacea, psoriasis dan lain sebagainya.

SUMBER
#